MAY 4, 2019

Deretan 5 Gua Indah dan Menawan di Gunungkidul, Yogyakarta

Wisatawan dapat menemukan beberapa gua berpanorama indah dan menawan di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Gua mana sajakah yang patut dijelajahi wisatawan selama liburan ke Gunungkidul? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!


Kawasan Gunungkidul di Yogyakarta tidak hanya menyimpan destinasi wisata pantai indah saja. Di sini, lo juga bisa menjelajahi beberapa gua yang memiliki bentuk indah dan menawan. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Gua Braholo

Deretan 5 Gua Indah dan Menawan di Gunungkidul, Yogyakarta

Deretan 5 Gua Indah dan Menawan di Gunungkidul, Yogyakarta. Photo Credit: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Lo bisa menemukan gua cantik ini di Dusun Semugih, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop. Jika berangkat dari pusat Gunungkidul, wisatawan dapat menempuh Gua Braholo dalam kurun waktu sekitar 2 jam dengan motor. Gua ini sendiri terletak pada ketinggian 357 mdpl. Begitu tiba di mulut Gua Braholo, wisatawan akan disambut suasana sunyi dan teduh. Gua ini mempunyai area yang luas serta bagian langit-langit penuh batuan stalaktit. Lo juga bisa melihat bagian stalakmit di bagian bawah gua.

Bagian dalam Gua Braholo akan terlihat terang saat sinar matahari masuk. Hal tersebut dipengaruhi karateristik langit-langit gua yang memiliki tinggi lebih dari 15 meter. Sebagian besar lantai gua terdiri atas tanah. Gua ini memiliki panjang 30 meter serta lebar ruangan 39 meter. Total luas seluruh wilayah gua adalah sekitar 1.172 meter persegi.

2. Gua Kalisuci

Deretan 5 Gua Indah dan Menawan di Gunungkidul, Yogyakarta

Deretan 5 Gua Indah dan Menawan di Gunungkidul, Yogyakarta. Photo Credit: Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

Gua satu ini direkomendasikan buat lo yang menyukai aktivitas cave tubing. Letak Gua Kalisuci diketahui berada dalam wilayah Karst Gunungsewu. Saat ini, Gua Kalisuci ditetapkan sebagai salah satu warisan alam dunia. Ada dua negara lain yang memiliki gua dengan karakteristik seperti Kalisuci, yakni Selandia Baru dan Meksiko.

Saat berkunjung ke Kalisuci, lo bakal dibawa menyusuri sungai bawah tanah dengan ban pelampung. Aktivitas seru yang memadukan caving dan body rafting ini diketahui bernama cave tubing. Durasi cave tubing di Gua Kalisuci adalah sekitar 1,5 jam. Selama itu, wisatawan bakal melalui trek sepanjang 700 meter berupa tiga sungai terbuka dan dua sungai gua.

Sebelum menjajal cave tubing, pengunjung bakal mendapat pengarahan dari pihak pengelola terkait kegiatan yang dilakukan. Lo juga akan menerima sejumlah perlengkapan seperti ban pelampung, headlamp, pengaman lutut dan kaki, jaket pelampung, dan helm. Jika tertarik menjajal cave tubing di Kalisuci, lo bisa mengunjunginya di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul.

3. Gua Cerme

Deretan 5 Gua Indah dan Menawan di Gunungkidul, Yogyakarta

Deretan 5 Gua Indah dan Menawan di Gunungkidul, Yogyakarta. Photo Credit: jogjapostcom.blogspot.com

Gua satu ini berada pada ketinggian sekitar 500 mdpl. Lokasinya terletak di perbatasan Dusun Srunggo dan Dusun Ploso. Dahulu, Gua Cerme diketahui menjadi lokasi pertemuan para Walisongo kala berdiskusi mengenai dakwah Islam serta pembangunan Masjid Agung Demak.

Dikarenakan posisinya terletak di perbatasan, Gua Cerme mempunyai pintu masuk dan keluar di kabupaten yang berbeda. Mulut gua ini berada di wilayah Kabupaten Bantul, sementara pintu keluar terletak di Kabupaten Gunungkidul. Jika berniat memasuki Gua Cerme, lo diwajibkan melapor kepada pemandu terlebih dahulu lantaran gua ini memiliki cabang yang mudah membuat siapapun kebingungan.

Saat memasuki gua, wisatawan bakal melihat pemandangan batuan stalaktit dan stalakmit yang begitu menawan. Ada juga air terjun serta sungai bawah tanah yang siap membuat perjalanan para pengunjung menjadi lebih berkesan. Contoh aktivitas seru yang bisa lo lakukan di Gua Cerme adalah mengamati ornamen dinding gua yang bercahaya saat disinari cahaya lampu senter.

4. Gua Maria Tritis

Deretan 5 Gua Indah dan Menawan di Gunungkidul, Yogyakarta

Deretan 5 Gua Indah dan Menawan di Gunungkidul, Yogyakarta. Photo Credit: myridemyadventure.blogspot.com

Asal-usul nama tempat wisata ini kabarnya terinspirasi dari fenomena air yang tak berhenti menetes di dalam gua. Lo bisa menemukan Gua Maria Tritis di Dusun Bulu, Kabupaten Gunungkidul, Wonosari. Gua yang menjadi tempat ziarah warga Katolik ini berlokasi di tengah-tengah perbukitan gunung kapur.

Sebelum namanya populer seperti sekarang, Gua Maria Tritis sempat dianggap angker oleh masyarakat setempat  sehingga jarang dimasuki orang. Oleh sebab itu, beberapa pangeran Kerajaan Mataram menjadikan gua ini sebagai lokasi bertapa dan singgah. Pada tahun 1974, Gua Maria Tritis mulai dikenal umat Katolik sebagai tempat Ekaristi Natal.

Saat memasuki gua ini, lo bakal melihat keelokan batuan stalaktit dan stalakmit yang memesona. Pengunjung juga dapat menemukan salib berukuran besar, patung Bunda Maria yang tengah berdoa, bangku-bangku untuk berdoa dan lain-lain. Untuk bisa sampai ke Gua Maria Tritis, lo harus melewati jalan setapak yang membelah ladang jati terlebih dahulu.

5. Gua Ngingrong

Deretan 5 Gua Indah dan Menawan di Gunungkidul, Yogyakarta

Deretan 5 Gua Indah dan Menawan di Gunungkidul, Yogyakarta. Photo Credit: gunungkidul.sorot.co

Destinasi wisata gua ini direkomendasikan bagi para pecandu adrenalin sejati. Gua Ngingrong bisa lo jumpai di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Bila diperhatikan, gua ini memiliki bentuk collapse dollin atau yang lebih dikenal dengan istilah sinkhole.

Ketika menelusuri isi gua, lo bakal menemukan banyak batu-batu besar berwarna putih serta serta batu berukuran raksasa yang basah akibat ditetesi air dari stalaktit dinding gua. Ada banyak pilihan aktivitas seru yang bisa dicoba wisatawan di Gua Ngingrong, mulai dari susur gua vertikal hingga ke telaga bawah tanah tiga tingkat telaga, menjajal flying fox dari ketinggian 90 meter, hingga rapelling tebing Ngingrong yang mempunyai ketinggian sekitar 80 meter.

Demikian 5 destinasi wisata gua indah dan menawan di daerah Gunungkidul, Yogyakarta. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang berniat mendekatkan diri ke alam selagi berlibur ke Yogyakarta. Tetap berhati-hati dan selamat berlibur!

Source: liputan6.com

Feature Image - Travelingyuk/Bagas Yudhiswa


Please login to comment
17 COMMENTS
Rizky AM
May 4, 2019 at 6:12 PM

AYO KE YOGYAKARTA


Hari Tristiyanto
May 4, 2019 at 6:31 PM

Sayang photonya cm satu... overall awesome lahh


Ranggi Apriando
May 4, 2019 at 7:02 PM

mantapppp


Frida Fatah
May 4, 2019 at 9:38 PM

Belum pernah kesana, next ah agendakan


SITI ANISAH, SPD
May 4, 2019 at 11:43 PM

Bagus tapi kelihatannya angker


Rifa Sanjaya
May 4, 2019 at 11:46 PM

Caving memang seru.. ada keasyikan tersendiri


Rifa Sanjaya
May 4, 2019 at 11:56 PM

Adrenalin dan rasa takut terpacu


Djedjep. Sungkono
May 4, 2019 at 11:57 PM

Seru nih wisata dalam goa


Nadif Ahmad Hasan
May 5, 2019 at 5:22 AM

Seru kayaknya


Agung nugroho
May 5, 2019 at 6:17 AM

Cave tubingnya kayaknya asik


Amir Mahfudzi
May 5, 2019 at 6:30 AM

Mantapp, bisa dicoba nih


Byan
May 5, 2019 at 12:39 PM

Keeeyyyyennn


Rizky AM
May 5, 2019 at 8:23 PM

NICE YOGYAKARTA GUYS


Hari Tristiyanto
May 5, 2019 at 8:44 PM

Spooky sometimes


Gilang Agis Saputra
May 5, 2019 at 10:02 PM

Bagus nih


Rico Marselino
May 5, 2019 at 11:32 PM

So epic!


Nadif Ahmad Hasan
May 6, 2019 at 7:50 AM

Yes Yogyakarta