Danau Weekuri Sumba: Soal Perjalanan, Tiket Masuk dan Cliff Jumping Ekstrem!

Danau Weekuri di Sumba memang benar-benar spot petualangan yang eksotis. Nah, buat lo yang punya rencana untuk datang ke sana, pastikan mengetahui tiga hal ini ya bro!

Danau Weekuri Sumba: Soal Perjalanan, Tiket Masuk dan Cliff Jumping Ekstrem!

Weekuri Lagoon atau Danau Weekuri adalah spot petualangan yang super eksotis. Kondisi alamnya yang seperti ‘kolam renang pribadi’ membuat siapapun ingin ke sana. Maka dari itu, tidak heran jika spot petualangan ini selalu ramai dikunjungi para petualang.

Mereka yang datang ke sana, tidak hanya yang berasal dari dalam negeri saja, lho – melainkan dari mancanegara. Ini artinya, keindahan alam yang ada di Danau Weekuri memang luar biasa. Tebing-tebing batu mengelilinginya, dengan pepohonan besar, serta air danau yang jernih berwarna hijau toska, siapa yang tidak ingin berenang di sini?

Danau Weekuri Sumba: Soal Perjalanan, Tiket Masuk dan Cliff Jumping Ekstrem!

Danau Weekuri Sumba: Soal Perjalanan, Tiket Masuk dan Cliff Jumping Ekstrem! credit: piknikdong.com

Mungkin, sekarang ini – saat lo membaca bahasan ini, juga akan terbersit ingin datang ke sana, membuktikan langsung bagaimana keindahan alam yang ada di Danau Weekuri di Sumba itu. Jadi penasaran ya bagaimana datang ke sana?

Bandara Tambolaka dan 1 Jam Perjalanan Setelahnya

Danau Weekuri Sumba: Soal Perjalanan, Tiket Masuk dan Cliff Jumping Ekstrem!

Danau Weekuri Sumba: Soal Perjalanan, Tiket Masuk dan Cliff Jumping Ekstrem! credit: pegipegi.com

Buat lo yang sudah ingin datang ke Danau Weekuri ini, sederhananya – lo mesti terbang menuju Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya. Nah, dari bandara – setidaknya masih butuh waktu satu jam lagi untuk mencapai danau tersebut.

Bro, perlu lo ketahui nih kalau di Pulau Sumba, ternyata memiliki dua bandara. Dua bandara tersebut adalah Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya dan Bandara Umbe Mehang Kunda di Waingapu, Sumba Timur.

Pada umumnya, banyak petualang yang mempunyai jalur seperti ini, datang dari Tambolaka, dan kembali nantinya lewat Waingapu. Jelas, kalau lewat Bandara Tambolaka, maka destinasi pertama yang mesti lo kunjungi di Sumba adalah Danau Weekuri.

Hal tersebut dikarenakan jarak antara danau dan bandara tidak begitu jauh. Kurang lebih hanya 35 kilometer, jadi jika ditempuh dengan mobil pribadi atau mobil sewaan, kira-kira butuh satu jam perjalanan darat.

Oh iya, mengingat medan perjalanan daratnya masih ada beberapa bagian di jalur tersebut yang tidak begitu bagus jalannya, jika ingin membawa mobil pribadi, bawalah jeep offroad atau jika sewaan, pastikan lo menyewa mobil dengan kapasitas mesin yang besar!

Medan jalan tersebut memang sebagian sudah di aspal halus, tapi ada beberapa bagian juga yang masih berupa batu kapur yang diratakan. Nah, walau cukup sulit untuk bisa sampai ke Danau Weekuri, tapi tenang perjalanan lo akan sepadan dengan apa yang akan lo dapat.

Harga Tiket Masuk dan ‘Tembakan Harga’ Para Pemandu

Danau Weekuri Sumba: Soal Perjalanan, Tiket Masuk dan Cliff Jumping Ekstrem!

Danau Weekuri Sumba: Soal Perjalanan, Tiket Masuk dan Cliff Jumping Ekstrem! credit: nj-tour.com

Sampai tulisan ini dibuat – setidaknya belum ada penetapan yang pasti soal harga tiket masuk ke Danau Weekuri. Namun, lo mesti berhati-hati dengan para pemandu, yang tiba-tiba datang mendekati dan langsung berlagak memandu lo untuk masuk ke sana.

Hal tersebut dikarenakan di sana belum ada kejelasan soal harga retribusi yang mesti dibayar. Jadi, siapkan saja budget untuk hal ini ya bro. Bahkan, untuk menaruh motor atau mobil yang lo bawa, hanya berdasarkan kepercayaan dan keyakinan saja kalau tempat parkir tersebut aman.

Dan sebaiknya lo juga berhati-hati dengan ‘tembakan harga’ dari warga lokal. Karena biasanya, jika mereka melihat ada pengunjung datang ke Danau Weekuri, mereka akan langsung mendekat dan berlagak seperti akan mengantarkan lo berkelililing danau.

Nah, sayangnya – hal tersebut tidak diawali dengan perkenalan dan perjanjian harga. Mereka akan berharap saja pasti akan dibayar karena sudah memberikan jasa mengantarkan para petualang berkeliling Danau Weekuri tersebut.

Oleh karena itu, siapkan saja budget di kisaran Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu. Langkah antisipasi untuk hal ini adalah tentu, lo mesti menanyakan dulu persetujuan mereka akan memberikan jasa antar dan berapa harganya.

Pompa Adrenalin Dengan Cliff Jumping di Danau Weekuri!

Danau Weekuri Sumba: Soal Perjalanan, Tiket Masuk dan Cliff Jumping Ekstrem!

Danau Weekuri Sumba: Soal Perjalanan, Tiket Masuk dan Cliff Jumping Ekstrem! credit: bisniswisata.co.id

Berenang dengan tenang serta berendam dengan penuh keheningan memang menjadi salah satu hal yang menarik untuk dilakukan di Danau Weekuri. Air danau yang jernih berwarna hijau toska ini mempunyai gradasi dari warna terang ke warna gelap.

Nah, perlu lo ketahui bahwa gradasi tersebut menandakan kedalaman air danau, lho. Semakin gelap warna gradasinya, berarti semakin dalam juga air danau yang ada di sana. Tapi tenang, walau Danau Weekuri mempunyai bagian yang cukup dalam, tapi berenang di sana tetap cukup aman.

Keamanan tersebut bisa dilihat dari tidak adanya ombak besar yang ada di sana, walau notabennya Danau Weekuri terletak dekat dengan laut lepas. Bro, ada yang mesti lo ketahui nih dari Danau Weekuri, selain lo bisa berenang dengan tenang, lo juga bisa pompa adrenalin di sini!

Caranya bagaimana? Jika sudah berada di tepian danau, lo akan melihat ada anjungan, yang terbuat dari papan-papan kayu yang tersusun seperti itu adanya. Tahu itu untuk apa? Bukan, anjungan tersebut bukan gazebo untuk santai, melainkan pos untuk mencoba Cliff Jumping!

Cliff Jumping adalah salah satu aksi ekstrem yang patut lo coba, terlebih di spot petualangan yang super eksotis seperti Danau Weekuri! Tingginya hanya sekitar lima meter saja. Kalau menurut lo ini sudah menakutkan, lo mesti coba terlebih dahulu, karen dijamin NAGIH!

Wah bagaimana nih bro? Dari tiga hal di atas, apakah sudah benar-benar membuat lo makin berkeinginan kuat untuk berpetualang di Danau Weekuri? Kalau iya, langsung saja siapkan waktu kosong, dana untuk berpetualang dan jangan lupa ajak teman-teman seperjalanan lo ya!

 

Source – Hipwee Travel

Feature Image – beritagar.id

Wilderness Beginner cliff jumping solo traveling solo backpacker

8 COMMENTS

SHARE
Rico Marselino
Sumba indah banget, tpi perlu siapakan budget yg lebih untuk bisa kesana
iwan
wow....keerrreeen bangggettt
Amir Mahfudzi
Belum ada sistem pengelolaan yg jelas
Agung nugroho
Mantul viewnya
Kristian Mustafa
Keren Abis bro
Reyhan agustian
Sumba juara
Rizky AM
WOWW EKSOTIS GUYSS
Masni
Ekstrem coy