MAY 7, 2019

7 Istilah Populer Dalam Dunia Traveling yang Mesti Lo Ketahui, nih!

Jangan ngaku sebagai petualang dulu kalau belum tahu beberapa istilah yang sering digunakan para petualang di dunia traveling nih bro! Mau tahu istilah itu apa aja? Sila simak bahasan kali ini ya!


Sebagai petualang yang siap untuk melanglang-buana ke mana-mana, tentu ada hal yang mesti lo persiapkan sebelumnya nih. Dari berbagai banyak persiapan yang mesti lo lakukan, ada satu persiapan yang mesti lo ketahui.

Terdengar sepele, tapi untuk mengetahui beberapa istilah yang digunakan dalam dunia petualangan, lo mesti tahu nih. Walau mayoritas istilah tersebut dalam bahasa Inggris, setidaknya memang lo mesti mengerti akan hal-hal tersebut.

Istilah-istilah yang akan dibahas di ulasan kali ini setidaknya menggambarkan bagaimana traveling tersebut akan dilakukan. Nah, daripada lo semakin penasaran, berikut tujuh istilah dalam dunia petualangan atau traveling, yang mesti lo ketahui!

Istilah Dalam Traveling: Flashpacker

7 Istilah Populer Dalam Dunia Traveling yang Mesti Lo Ketahui, nih!

7 Istilah Populer Dalam Dunia Traveling yang Mesti Lo Ketahui, nih! credit: kumparan.com

Flashpacker adalah derajat seseorang yang berada di antara backpacker dan turis. Kalau backpacker adalah orang yang bisa berpetualang dengan budget minim, serta turis yang berarti seseorang yang mampu berpetualang dengan budget besar, Flashpacker ada di tengah kedua golongan tersebut.

Flashpacker tidak terlalu menyiapkan banyak uang untuk berpetualang, tapi tidak terlalu sedikit juga sehingga jika membutuhkan akomodasi, flashpacker masih bisa menyewa beberapa hal yang tidak terlalu murah dan seadanya saja.

Istilah Dalam Traveling: Glamping

7 Istilah Populer Dalam Dunia Traveling yang Mesti Lo Ketahui, nih!

7 Istilah Populer Dalam Dunia Traveling yang Mesti Lo Ketahui, nih! credit: countryliving.com

Sebenarnya istilah yang satu ini sudah pernah dibahas secara mendalam, dengan sudut pandang perbandingan. Glamping adalah salah satu aktivitas traveling yang cukup mewah. Kenapa cukup mewah? Walau bentukannya seperti camping, namun glamping memudahkan segalanya.

Maksudnya, jika camping – lo harus bersusah payah untuk mendirikan tenda, lalu memasak makanan sendiri dan memastikan tenda tersebut kuat jika ada angin atau hujan. Berbeda dengan glamping. Glamping adalah berkemah tapi menyewa kamar hotel.

Hal tersebut bisa dilihat dari fasilitas yang akan lo dapat jika berkenan untuk glamping. Fasilitasnya bahkan tidak berbeda jauh dengan kamar-kamar di hotel yang nyaman. Oleh karena itu, jelas perbedaannya juga ada di budget atau dana.

Istilah Dalam Traveling: Daycation

7 Istilah Populer Dalam Dunia Traveling yang Mesti Lo Ketahui, nih!

7 Istilah Populer Dalam Dunia Traveling yang Mesti Lo Ketahui, nih! credit: lonelyplanet.com

Daycation adalah salah satu istilah yang sepertinya cukup asing untuk telinga para petualang Indonesia. Namun di luar negeri sana, istilah daycation sudah cukup lumrah. Daycation adalah aktivitas traveling yang dilakukan sehari penuh yang dilakukan di tengah-tengah kesibukan.

Biasanya, yang melakukan ini adalah para pebisnis yang sibuk dan hampir tidak punya waktu untuk bersantai atau berpetualang. Nah, di tengah kesibukannya, mereka menyempatkan diri bagaimana caranya mereka bisa berliburan walau mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Istilah Dalam Traveling: Career Break dan Gap Year

Kedua istilah tersebut memiliki maksud yang sama. Kedua istilah tersebut digunakan mereka yang benar-benar sudah penat dengan rutinitas dan mereka menerobos hal tersebut dengan melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Istilah Dalam Traveling: Travel Bug dan Wanderlust

7 Istilah Populer Dalam Dunia Traveling yang Mesti Lo Ketahui, nih!

7 Istilah Populer Dalam Dunia Traveling yang Mesti Lo Ketahui, nih! credit: credit: forbes.com

Sama seperti sebelumnya, dua istilah ini mempunyai arti dan maksudnya yang kurang lebih sama. Dua istilah tersebut merujuk ke sebuah candu yang dialami dan dirasakan oleh para petualang. Mereka sudah benar-benar kecanduan dengan yang namanya traveling.

Menurut mereka, hidup akan lebih berarti dan berwarna jika melakukan perjalanan dan petualangan. Oleh karena itu, tidak heran sekarang ini banyak sekali para petualang yang cukup nekat untuk melakukan perjalanan karena mereka sudah kecanduan.

Istilah Dalam Traveling: Mancation

Istilah yang satu ini cukup unik nih artinya. Mancation adalah jenis traveling yang hanya boleh diikuti oleh para lelaki saja, dan tidak untuk perempuan. Biasanya, traveling jenis ini akan diisi oleh kegiatan-kegiatan yang menyangkut dengan banyak hobi dari laki-laki.

Kegiatan yang dimaksud seperti berolahraga, bermain kartu, bahkan sampai memancing dengan tombak. Tapi, tenang ya – mancation tidak akan berlangsung lama karena biasanya mereka hanya menghabiskan waktu liburan saja.

Istilah Dalam Traveling: Couchsurfing

Nah, yang satu ini – masih terkait dengan backpacker nih. Namun, jelas ada perbedaannya. Couchsurfing adalah jenis traveling yang benar-benar menghemat biaya dengan cara mencari tumpangan untuk tidur di rumah teman.

Istilah Dalam Traveling: Vagabond dan Grey Nomad

7 Istilah Populer Dalam Dunia Traveling yang Mesti Lo Ketahui, nih!

7 Istilah Populer Dalam Dunia Traveling yang Mesti Lo Ketahui, nih! credit: credit: superguide.com.au

Dua istilah ini terkait dengan gaya anak millennial sekarang, lho. Digital Nomad adalah istilah yang digunakan anak muda yang tidak punya kantor tetap untuk mengerjakan pekerjaannya. Singkat penjelasan Digital Nomad adalah orang-orang yang bisa melakukan pekerjaannya di mana saja, dan itu mereka manfaatkan untuk berkeliling dunia dan traveling.

Tidak jauh dari vagabond dan grey nomad – kedua istilah tersebut juga tidak jauh berbeda dengan digital nomad. Mereka adalah orang-orang yang benar-benar melakukan perjalanan petualangan secara nomaden, atau berpindah-pindah.

Biasanya mereka memanfaatkan mobil van besar sebagai kendaraan dan sekaligus menjadi tempat tinggal mereka. Wah, seru sekali sih ini bro!

Nah, dari berbagai istilah traveling di atas, apakah ada yang ingin menambahkan? Kalau ada, sila tambahkan di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Source – IDN Times

Feature Image – medium.com


Please login to comment
16 COMMENTS
Kristian Mustafa
May 7, 2019 at 3:00 PM

Backpacker yang bernyali Besar


Agung nugroho
May 7, 2019 at 3:05 PM

Baru tau istilah istilah itu, nice info


Hengky kik
May 7, 2019 at 3:16 PM

info yang sangat menarik buat referensi backpaker


Reyhan agustian
May 7, 2019 at 3:33 PM

Mantap info


Dennis Sanjaya
May 7, 2019 at 4:29 PM

Ternyata Traveling pun punya istilah yaa, baru tau saya. terima kasih infonya.


Amir Mahfudzi
May 8, 2019 at 8:33 AM

Taunya cuma flashpacker


Lily Muryanti
May 8, 2019 at 9:50 AM

nice info


Djedjep. Sungkono
May 8, 2019 at 10:51 AM

Macam" istilah


Djedjep. Sungkono
May 8, 2019 at 10:51 AM

Macam" istilah


Ari Hendra Laksono
May 8, 2019 at 2:16 PM

info nice


Dyastantya Ekmawanto
May 10, 2019 at 9:48 AM

thanks for info


iwansunardi
May 11, 2019 at 8:02 AM

Flashpacker


Rico Marselino
May 13, 2019 at 10:49 PM

istilahnya keren2 dan baru tau hehee, thanks superadventure


Zul Asfi Rusman
May 13, 2019 at 11:08 PM

Yuk travelling


Rizky AM
May 15, 2019 at 3:35 AM

LIKE THIS


Fajar Aditya
May 16, 2019 at 12:23 AM

Tambah ilmu lagi