MAY 7, 2019

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa!

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan kawasan yang tepat untuk lo kunjungi ketika berada di Jawa Tengah, karena lo akan mendapaktan sebuah informasi unik seputar kereta api. Penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Tepat terletak di Kecamatan Ambarawa terdapat sebuah museum besar yang sangat terkenal dengan keretanya, betul sekali Museum Kereta Api Ambarawa yang dimaksud. Dahulunya tempat ini merupakan stasiun kereta api kelas 1 yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum serta merupakan yang pertama kali untuk menyimpan sejarah-sejarah seputar perkereta-apian di Indonesia. Sehingga lo akan melihat banyak koleksi kereta api yang berjaya pada zamannya.

Letak dari museum ini pun tepat terletak di Desa Panjang, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sehingga buat lo yang ingin merencanakan untuk berlibur ke kawasan Jawa Tengah, ini merupakan tempat wisata yang patut untuk lo kunjungi. Selain bisa melihat keunikan dari museum ini, tentunya terdapat pula beberapa informasi yang tak kalah menariknya.

Apalagi buat lo yang suka dengan dunia transportasi dari tahun ke tahun, serta lo jadi bisa tahu nih bro evolusi bentuk serta teknologi pada kereta Indonesia dari jaman dahulu hingga hari ini. Apa saja sih yang bisa lo lakukan ketika berkunjung ke museum ini? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa, semoga bisa berguna dan bermanfaat!

Melihat Kondisi Halte Kereta Jaman Dulu

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa!

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa! Credit: nurulsufitri.com

Ketika sudah masuk ke dalam kawasan museum ini, siapkan diri lo untuk melihat informasi yang memiliki garis merah dengan dunia kereta api. Yaap, benar-benar semua aspek yang mampu membuat transportasi yang memiliki diameter panjang ini bisa lo dapatkan.

Termasuk halte-halte yang memang pernah digunakan pada zamannya. Berarti lo bisa melihat beragam halte dari jaman dahulu. Yang bentuknya masih unik serta terbuat dari kayu. Pokoknya sangat unik deh, kemungkinan lo tidak akan mendapatkan hal seperti ini lagi kecuali berkunjung ke museum ini.

Museum Kereta Api Ambarawa sendiri memiliki halte yang didatangkan dari berbagai wilayah. Usianya pun sudah puluhan tahun hingga ratusan tahun loh. Halte-halte tersebut dipindahkan ke museu ini tentunya bertujuan agar tetap terjaga kelestarianya.

Menaiki Kereta Uap

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa!

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa! Credit: whitehorse.co.id/

Dengan kemajuan teknologi seperti hari ini, tentunya lo sudah jarang sekali bisa melihat tranportasi yang sudah berumur uzur bisa beroperasi lagi. Apalagi sebuah angkutan umum yaa. Nah, ketika lo berkunjung ke museum ini, lo bisa mendapatkan kesempatan unik ini.

Bukan hanya melihat kereta uap mampu beroperasi lagi, namun lo bisa masuk ke dalamnya serta merasakan bagaimana orang jaman dahulu menggunakan angkutan umum yang memang mampu mengatarkan banyak orang ke sebuah tempat jauh.

Terdapat pula rute dari kereta uap ini, yaitu dari Ambarawa-Bedono atau Ambarawa-Tuntang, dengan jadwal keberangkatan yang dibagi menjadi tiga sesi, yait pukul 10.00, 12.00 dan 14.00 WIB. Sensai menaiki angkutan umum yang tua ini pun menjadi daya tariknya tersendiri, tentunya suguhan pemandangan alam yang indah pun akan membuat lo terpukau.

Sejarah Kereta Api di Indonesia

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa!

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa! Credit: lelungan.net

Ini merupakan daya tarik utama yang bisa lo dapatkan ketika berkunjung ke museum ini, segala informasi seputar kereta api bisa lo dapatkan. Khususnya untuk kondisi kereta api yang ada di Indonesia yaa. Mulai dari pembuatan jalur hingga kereta-kereta yang digunakan.

Bahkan lo bisa melihat replika bagian kereta api dari berbagai zaman, tentunya hal ini bisa menjadi sebuah keuninkan tersendiri yaa. Bukan hanya itu saja, namun peralatan yang sering digunakan para penumpangnya ketika jaman dahulu pun bisa lo temukan.

Seperti turn table, alat pemutar gerbong kereta hingga topi-topi para masinis dari berbagai jaman pun bisa lo temukan di dalam museum ini. Buat lo yang memang seorang pecinta kereta api, kawasan ini pun merupakan hal yang sangat menguntungkan deh.

Spot Foto Unik

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa!

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa! Credit: ulinulin.com/

Memiliki hobi fotografi? Ini merupakan kawasan yang bisa memberikan banyak spot atau hasil gambar yang unik. Mulai dari gerbong kereta api jaman dahulu, tengah rel kereta api ataupun foto berlatar dinding halte.

Sehingga ketika berkunjung ke museum ini jangan lupa untuk membawa kamera lo yaa, yang terpenting ialah bagaimana insting fotografi lo saja. Semakin tajam, tentunya semakin mudah untuk lo bisa menemukan spot-spot fotonya yang unik.

Kejelian lo pun menjadi salah satu kemampuan yang harus dikeluarkan loh ketika berada di kawasan museum ini. Banyak spot-spot yang bisa membuat hasil gambar lo seperti berada di jaman lampau. Unik bukan kawasan museum ini? Pokoknya hal yang berbau vintage bisa lo temukan.

Kereta Api Pustaka

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa!

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa! Credit: pustakawanjogja.blogspot.com

Hanya ingin duduk saja namun tetap mendapatkan informasi seputar kerata api? Tenang saja bro, itu bisa lo lakukan ketik berkunjung ke museum ini. Bahkan ruangannya memiliki pendingin yang memang akan menghilangkan rasa gerah ketika sudah berlama-lama di luat.

Kawasan ini bisa lo temukan di bagian Kereta Api Pustaka, kurang lebih sih ruangan ini merupakan perpustakaan. Sehingga buat lo yang suka baca buku, ini merupakan tempat yang tepat untuk lo datangi deh ketika berada di kawasan museum ini.

Banyak sekali terdapat koleksi-koleksi buku yang bisa lo dapatkan, bukan hanya itu saja namun banbya pula genre bukunya, sehingga bukan hanya itu-itu saja yang bisa lo baca. Tempatnya juga nyaman dan enggak sumpek loh.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Museum Kereta Api Ambarawa di atas? Semoga bisa menjadi tempat wisata lo berikutnya ketika berada di kawasan Jawa Tengah. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestariannya yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi varian wisata yang ada di Indonesia yaa!

Source: .inibaru.id

 

 

Featured Image: ksmtour.com
 

Please login to comment
10 COMMENTS
Lily Muryanti
May 7, 2019 at 11:18 PM

Nicee place


Amanda Widyanti I
May 8, 2019 at 4:29 AM

Rongsokan yg berharga


Kristian Mustafa
May 8, 2019 at 7:43 AM

Tempat ini cocok dikunjungi saat bulan Puasa Seperti ini krn tidak terlalu menguras tenaga


Nadif Ahmad Hasan
May 8, 2019 at 8:19 AM

Cocok untuk study


Amir Mahfudzi
May 8, 2019 at 8:28 AM

Deket rumah tapi blm pernah kesini wkwk


Hari Tristiyanto
May 8, 2019 at 9:49 AM

Layak dicoba wlw sedikit menyeramkan hehehe


Djedjep. Sungkono
May 14, 2019 at 9:16 AM

Berwisata dengan benda bersejarah dan historynya


Rizky AM
May 15, 2019 at 3:31 AM

SPOT FOTO BOLEHLAH


Zul Asfi Rusman
May 16, 2019 at 6:55 AM

Lengkap banget disana


Isrinatul Malikhah
June 12, 2019 at 5:55 AM

Deket rumah