Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh!

Percaya enggak lo kalau di Indonesia terdapat beberapa pilihan sungai yang indah serta unik? Penasaran? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh!

Indonesia memang merupakan salah satu negara di dunia yang terkenal dengan pilihan keindahan alamnya, tak heran apabila banyak dari para penikmat alam dari segala penjuru bumi ingin melihat langsung alam di Negeri ini. Apakah lo sudah tahu kalau Indonesia sendiri juga menyimpan pilihan sungai yang indah serta unik? Bukan hanya indah, namun panjang dari sungai-sungai yang ada pun cukup menakjubkan.

Bukan hanya pegunungan serta pantainya saja yang memang menjadi daya tarik utama, namun kondisi sungai-sungainya pun juga bisa menjadi hal yang patut untuk diperhitungkan. Sungai-sungainya pun tersebar di beberapa daerah, sehingga secara tidak langsung lo juga bisa mengeksplorasi keindahan yang ada.

Mulai dari Pulau Kalimantan hingga pilihan pulau-pulau lainnya lo bisa melihat pilihan sungai yang akan memberikan sebuah pengalaman yang sulit untuk lo lupakan. Belum lagi dengan kawasan di sekitar sungainya yang juga menyimpan beragam kebudayaan dari masyarakat setempat. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap sungai-sungai mana saja yang patut untuk lo kunjungi, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa. Semoga bisa bermanfaat dan berguna!

Sungai Biskori

Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh!

Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh! Credit: mongabay.co.id

Berbicara mengenai keindahan sebuah sungai, ini merupakan pilihan pertama yang patut untuk masuk ke dalam bucket list lo. Sungai nan indah ini terdapat di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Kabupaten Konawe Timur, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Bisa dikatakan pula untuk eksistensi dari sungai ini tidak setinggi Sungai Kapuas yang terletak di Pulau Kalimantan. Namun keindahannya akan membuat siapapun yang menhampirinya akan terpukau. Daya tarik dari sungai ini pun bukan dari luas wilayahnya, namun dari kondisi alamnya yang masih asri.

Ketika sudah menginjakkan kaki di kawasan sungai ini, lo bisa melihat air terjun tujuh tingkat yang menjadi latar belakang yang cukup mempesona. Air terjun tersebut diberi nama Air Terjun Moramo. Uniknya lagi, daya tarik di sungai ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Menarik bukan untuk menjadi destinasi wisata lo bro?

Sungai Tamborasi

Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh!

Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh! Credit: traveltodayindonesia.com

Berikutnya mengenai sungai yang indah di Indonesia, lo patut untuk berkunjung ke Sungai Tamborasi. Letaknya pun masih berada di kawasan Sulawesi Tenggara, sehingga ketika lo berkunjung ke Sungai Biskori, jangan lupa untuk mempir ke sungai ini yaa.

Sungai yang tepat terletak di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, Sulawesi Tenggara ini di katakana merupakan sungai terpendek yang ada di dunia. Unik bukan? Yaap, sungai ini hanya memiliki panjang sekitar 20 meter saja.

Walaupun pendek, namun sungai ini memiliki daya tarik berupa hutan hijau yang ada di sekitarnya. Suasananya pun sangat asri, tak heran apabila sungai ini memiliki hulu dan hilir yang berdekatan, bahkan lo bisa melihat laut yang berdekatan dengan sungai ini. Pemandangan di hulu sungai juga tidak kalah indah karena mata airnya keluar dari bukit kapur.

Sungai Cisolok

Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh!

Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh! Credit: bubuh.id/

Ini dia sungai yang memiliki keunikan, tak heran apabila banyak dari para pelancong yang sangat ingin datang serta melihat secara langsung daya tariknya yang hanya bisa lo dapatkan di sana. Sungai yang berada di kawasan wisata Air Panas Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat.

Keunikan dari sungai ini pun terdapat di tengah-tengahnya, karena lo bisa melihat seumburan air panas yang cukup deras, bahkan suhunya bisa mencapai 80 derajat celciuc. Semburan air panasnya muncul dari dalam tanah.

Air panas tersebut memancar keluar dengan tekanan yang cukup tinggi. Sungai ini memiliki tiga titik semburan. Semua semburannya berasal dari geyser yang merupakan air panas yang melewati lapisan kerak bumi.

Sungai Kapuas

Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh!

Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh! Credit: travel.detik.com

Kurang rasanya apabila membicarakan mengenai keindahan sungai di Indonesia tidak membahas sungai satu ini. Sungai yang terletak di Pulau Kalimantan ini memang terkenal dengan luas wilayahnya. Bayangkan saja, sungai ini mulai mengalir dari Pegunungan Muller hingga berakhir di muara sungai di Selat Karimata.

Sungai Kapuas sendiri merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan jangkuan mencapai 1.178 km. Selain dari panjangnya, ternyata sungai ini juga merupakan sumber mata pencaharian bagi para nelayan yang menangkap ikan di kawasannya.

Terdapat sebuah kebiasaan ketika Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tiba, karena sungai ini dijadikan wisata karena biasanya selalu diadakan lomba perahu hias. But lo yang menikmati keindahan dari sungai ini, lo bisa menaiki kapal wisata yang memang tersedia.

Sungai Maron

Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh!

Bukan Hanya Indah, Namun 5 Pilihan Sungai di Indonesia ini Juga Sangat Unik Loh! Credit: ksmtour.com

Buat lo yang memang benar-benar ingin mengeksplorasi keindahan sungai yang ada di Indonesia, ini merupakan sungai yang patut untuk lo kunjungi. Sebab masih sedikit orang yang mengetahui keberadaan dari sungai nan indah dan memukau ini.

Sungai Maron sendiri terletak di Desa Dersono, Pringkuku Kabupaten pacitan ini memiliki tampak yang hampir sama dengan Sungai Amazon yang ada di Brazil. Tak heran apabila Warga Pacitan sendiri menyebutkan sebagai Sungai Amazon Indonesia.

Sungai yang memiliki kondisi airnya yang sangat jernih ini akan bermuara pada Pantai Ngiroboyo, bahkan lo bisa menyusurinya dengan menikmati keindahan yang ada di sepanjang perjalanan. Hewan-hewan, irama, kicauan burung hingga pohon-pohon yang berjejer rapat pun menjadi sebuah pemandangan yang bisa lo dapatkan.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar sungai-sungai indah yang ada di Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo yaa. Hal yang paling penting untuk lo lakukan ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam yang ada di Indonesia!

Source: wetsipot.blogspot.com

 

 

Featured Image: .tanahnusantara.com

 

Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Wonderfull
Sungai musi gaada ya? ,????
SUNGAI INDONESIA THE BEST
Bersyukur tinggal di Indonesia
Indahnya Indonesia
ternyata Indonesisa memiliki sungai seperti sungai Amazon
Msh banyak sungai lainnya seperti, Musi, Mahakam, Kahayan dgn keunikannya masing"
wihh keren!
sungai indonesia
Indah sekali