MAY 13, 2019

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik!

Geopark adalah salah satu spot petualangan yang patut untuk ada di daftar petualangan lo, nih. Mempunyai keragaman yang luar biasa, berikut detil penjelasan soal geopark dan deretan geopark di Indonesia yang dikenal dan diakui keindahannya oleh dunia!


Geopark Ciletuh tengah naik daun. Pasalnya, berbagai spot petualangan eksotis di sana tengah menjadi incaran banyak petualang! Konon katanya, keindahan alam di geopark tersebut super komplet. Mulai dari deretan hutan lebat dan perbukitan hijau, air terjun yang megah, sampai pantai yang super eksotis.

Wah apa lo enggak ikut penasaran sama Geopark Ciletuh?

Terlepas dari isu yang tengah hangat seperti yang sudah disebutkan di atas, kata kuncinya ada di kata Geopark. Sebelum lo ke sana dan menikmati segala keindahan alam yang ada di sana juga, apa sebetulnya lo sudah paham soal geopark?

Nah, pertanyaan sederhana di atas, adalah awal mula perjalanan kali ini. Kali ini, lo akan diajak untuk mengenal lebih dalam soal geopark. Tentu, yang ada di benak lo sudah ditebak, pasti lo bertanya-tanya, apa bedanya geopark dengan taman nasional? Bukannya sama-sama kawasan konservasi?

Eits, tentu ada bedanya, nih. Buat tahu secara keseluruhan, sila betulkan posisi duduk lo dan sila simak bahasan ini sampai habis ya!

Mengenal Istilah Geopark

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik!

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik! credit: inews.id

Geopark cukup berbeda dengan taman nasional. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, taman nasional sendiri adalah kawasan konservasi yang melindungi segenap habitat dan ekosistem yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, terkadang, taman nasional bisa ditutup dengan jangka waktu yang tidak bisa ditentukan untuk perbaikan ekosistem dan sebagainya.

Geopark tidak hanya sebatas soal konvervasi ekosistem saja, nih. Menurut situs kanalpengetahuan – geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana, masyarakat setempat diajak untuk ikut berperan dalam melindungi sampai meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi, dan budaya di dalamnya.

Sederhana, geopark sebenarnya adalah sebuah singkatan. Singkatan tersebut adalah ‘geological park’ yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Taman Geologi atau taman bumi. Nah, dari kata taman geologi dan taman bumi, tentu geopark punya fungsinya tersendiri.

Tujuan dan Fungsi Geopark

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik!

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik! credit: sinarharapan.net

Fungsi dari geopark mulai dari EGN – Europe Geopark Network – yaitu sebuah organisasi non pemerintah yang berdiri dari tahun 2001, dan menetapkan bahwa fungsi serta tujuan dari keberadaan geopark adalah melindungi warisan geologi, di tiap negara di dunia ini.

Keberadaan geopark juga diresmikan dan diketahui oleh UNESCO. Badan internasional ini juga menambahkan tujuan dari geopark, adalah mengambil manfaat, menggali, menghargai, dan mengembangkan warisan geologi yang ada di tempat tesebut.

UNESCO juga menambahkan kalau geopark, mesti mengandung tiga unsur utama – jika ingin diakui sebagai sebuah taman geologi. Tiga unsur utama tersebut adalah geodiversity, biodiversity, dan culturaldiversity. Nah, dari tiga unsur tersebut, tentu berketerkaitan dengan tujuan geopark yang melindungi keragaman bumi, dan konservasi lingkungan serta ilmu kebumian secara luas.

Perbedaan Geopark dengan Taman Nasional

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik!

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik! credit: travelingyuk.com

Nah, ini yang terkadang sedikit membingungkan para petualang. Perbedaan antara geopark dan taman nasional seperti contohnya adalah wilayah Tambora. Ada Geopark Tambora dan ada Taman Nasional Tambora.

Amirul dari perwakilan Geopark Tambora di situs kumparan, menjelaskan perbedaan antara geopark dan taman nasional. Menurutnya, geopark dengan taman nasional mempunyai bentuk pengelolaan yang hampir sama. Perbedaannya hanya di unsur-unsur tertentunya saja.

Jika taman nasional melakukan konservasi degan pemberdayaan masyarakat dengan menyuluh untuk tidak membabat hutan secara sembarang, hewan mana saja yang boleh diburu, nah geopark membuat masyarakat setempat mengetahui dan bisa memanfaatkan keadaan dan status geologi serta segala SDA yang ada di sana.

4 Geopark di Indonesia yang Diakui Dunia!

Wah sepertinya sudah cukup jelas ya soal apa itu geopark, dan bagaimana perbedaanya dengan taman nasional. Nah, sekarang saatnya lo melanjutkan perjalanan dan sepertinya lo akan menambahkan daftar tempat-tempat atau destinasi petualangan yang mesti lo kunjungi di tahun ini nih!

Indonesia, sebagai negara yang terkenal dengan berjuta spot petualangan eksotis, negara ini mempunyai 11 geopark yang sekarang ini mempunyai empat geopark yang sudah diakui dunia. Berdasarkan kompas, empat geopark ini sudah diakui oleh UNESCO Global Geopark.

Keindahan empat geopark yang ada di Indonesia ini melingkupi pesona karst, kalderan, lembah, pantai, sawah dan deretan pantai eksotis. Eits, sudah penasaran di mana saja geoparknya? Nih bro, siap-siap keril lo untuk berangkat ke sana ya!

Batur UNESCO Global Geopark

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik!

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik! credit: voaindonesia.com

Geopark Batur memamerkan keindahan alam berupa fenomena letusan besar dari Gunung Batur tersebut yang membentuk kaldera ganda dan danau ratusan ribu tahun tahun umurnya. Gunung Batur sendiri ternyata masih aktif lho menghasilkan ragam batuan yang suka dimanfaatkan oleh warga setempat untuk membangun rumah atau rumah peribadatan.

Batur Global Geopark ini ditetapkan sebagai geopark nasional pada tahun 2010 dan menjadi geopark pertama yang mendapat pengakuan UNESCO pada tahun 2012.

Gunung Sewu UNESCO Global Geopark

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik!

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik! credit: geoparks.id

Geopark Gunung Sewu membentang di tiga kabupaten, yaitu Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan. Deretan keindahan karst batu gampaing ini sudah dikenal di dunia sejak abad 18, lho. Tidak hanya kontur alamnya saja, tetapi, Gunung Sewu Global Geopark ini memiliki warisan arkeologi kebudayaan manusia masa lalu.

Buktinya, banyak sekali ditemukan situs-situs warisan budaya paleotilikum sampai neolitikum di sana. Gunung Sewu Global Geopark mendapat pengakuan sebagai geopark nasional sejak tahun 2011 dan diakui sebagai global geopark di tahun 2015.

Rinjani UNESCO Global Geopark

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik!

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik! credit: nasionalisme.co

Geopark yang satu ini mengkombinasikan keanekaragaman hayati dan fenomena gunung api yang masih aktif serta keberagaman budaya masyarakat setempat yang masih kental dengan tradisi, serta adat tradisional mereka.

Geopark ini adalah salah satu geopark yang bersampingan dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Dari segala aktivitas geologi di sana, wajar kalau spot petualangan tersebut dijadikan geopark. Oh iya, geopark ini ditetapkan sebagai geopark nasional sejak 2013, dan menjadi global geopark di tahun 2018.

Ciletuh UNESCO Global Geopark

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik!

Memahami Istilah Geopark: Bedanya Dengan Taman Nasional dan Spot Geopark Terbaik! credit: tripzilla.id

Terbentang di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, geopark yang satu ini adalah salah satu geopark favorit para petualang karena spot petualangan eksotis di dalamnya yang luar biasa. Ditambah, hutan lebat dan perbukitan hijau yang ada di sana, menambah manis geopark tersebut.

Geopark Ciletuh menjadi geopark nasional sejak tahun 2015, dan menjadi global geopark pada tahun 2018 kemarin.

Wah bagaimana nih bro? Sudah menambah daftar spot petualangan yang mesti lo kunjungi pada tahun 2019 ini? Kalau iya, pastikan empat geopark di atas tidak luput dari kunjungan dan petualangan lo di tahun ini ya!

 

Feature Image - idntimes.com


Please login to comment
8 COMMENTS
SITI ANISAH, SPD
May 13, 2019 at 12:28 PM

Wonderfull


Rifa Sanjaya
May 13, 2019 at 1:17 PM

Cuma bisa bilang indah banget


Amir Mahfudzi
May 13, 2019 at 2:37 PM

Baru tau, gue kira sama aja


Zul Asfi Rusman
May 14, 2019 at 7:02 AM

Beda toh


Agung nugroho
May 16, 2019 at 7:19 PM

Jadi tambah pengetahuan


Frida Fatah
May 17, 2019 at 7:31 AM

pengetahuan baru nih


Fajar Aditya
May 18, 2019 at 8:24 PM

Pingin ke rinjani


Eksan B
May 18, 2019 at 11:47 PM

Rinjani... Idaman