MAY 13, 2019

Hindari 5 Hal Ini saat Traveling di Bulan Ramadan, Oke Bro?

Agar ibadah puasa tidak terganggu ketika traveling, wisatawan baiknya mengetahui sejumlah hal yang patut dihindari di musim liburan. Apa sajakah itu? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!


Bulan Ramadan juga bisa menjadi momen terbaik untuk menjelajahi tempat wisata tertentu. Sembari menunggu buka, lo dapat melepas penat dengan mengunjungi beragam jenis objek wisata menarik. Agar ibadah puasa tidak terganggu ketika traveling, wisatawan baiknya mengetahui sejumlah hal yang patut dihindari di musim liburan. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

1. Tidak Memanfaatkan Fasilitas di Destinasi Liburan

Wisatawan tentu bakal merasakan pengalaman libur yang berkesan ketika mendapat fasilitas lengkap di objek wisata yang dituju. Oleh sebab itu, lo disarankan tak lupa mengamati segala fasilitas yang tersedia di tempat tujuan. Pasalnya, kehadiran fasilitas di suatu objek wisata bakal menunjang kenyamanan lo selama berlibur, terutama di bulan Ramadan.

Ketika traveling ke negara lain pada bulan Ramadan, lo dianjurkan memastikan lokasi masjid terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar lo bisa menjalani ibadah secara tepat waktu. Bila menyambangi negara dengan minoritas penduduk beragama Islam, wisatawan baiknya bersabar mencari masjid karena keberadaannya cukup sulit ditemukan. Oke, bro?

Untuk itu, wisatawan dianjurkan mencari destinasi liburan yang letaknya tidak jauh dari masjid pada bulan Ramadan. Dengan begitu, lo dapat segera berbuka ketika waktunya tiba sekaligus menjalankan ibadah bersama umat muslim lainnya. Mantap sekali, bukan? Jadi, pastikan lokasi masjid ketika traveling ya bro!

 2.  Menyambangi Objek Wisata Tanpa Penuh Perhitungan

Selama berpuasa, lo tentu mempunyai cadangan tenaga lebih sedikit dari biasanya. Keadaan ini tentu wajar dirasakan orang berpuasa, mengingat tubuh tidak ditunjang makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. Oleh sebab itu, lo perlu mengatur strategi yang matang bila berencana traveling di bulan Ramadan.

Lo perlu lebih selektif dalam menentukan objek wisata yang hendak dituju agar tidak kelelahan dan pusing di perjalanan. Sebisa mungkin pilihlah tempat liburan dengan suasana teduh yang tidak menguras energi. Contohnya seperti galeri seni, museum, atau destinasi wisata religi.

Hindari berbagai kegiatan yang dapat membuang energi terlalu banyak. Misalnya seperti mendaki, menaiki skateboard, atau melakukan perjalanan jauh di tengah kondisi terik. Melakukan hal-hal tersebut tentu akan membuat lo cepat lelah di sepanjang perjalanan liburan. Jadi, atur rencana liburan sematang mungkin ya bro!

3. Tidak Mengetahui Jadwal Buka Puasa dan Waktu Imsak

Setiap negara diketahui mempunyai jadwal buka puasa dan sahur yang berbeda-beda. Bila mengujungi kota Manchester di Inggris, wisatawan perlu mengetahui waktu berbuka di sana berlangsung sekitar pukul 9 malam. Sementara itu, waktu imsak di sana jatuh pada pukul 2 dini hari.

Oleh sebab itu, lo perlu mengecek jadwal buka dan sahur daerah yang ingin dikunjungi, khususnya saat traveling ke luar negeri. Pasalnya, perbedaan waktu yang jauh dapat menunjang kualitas puasa seseorang. Sebelum berangkat, cobalah unduh aplikasi pengingat waktu ibadah di luar negeri.

Wisatawan nantinya bisa memasang aplikasi tersebut di layar desktop agar mudah dibuka ketika dibutuhkan. Melalui aplikasi pengingat ibadah ini, lo bisa meminimalisir risiko terlambat berbuka dan sahur di bulan Ramadan. Bermanfaat sekali, bukan? Jangan lupa mengunggahnya aplikasi ini ya bro!

4. Membawa Barang Bawaan yang Terlalu Berat

Saat hendak traveling, sebagian besar orang kerapkali menyiapkan bawaan terlalu banyak. Agar tidak menjadi beban perjalanan, wisatawan sebaiknya meninggalkan barang bawaan di tempat penginapan. Dengan begitu, lo dapat puas mengunjungi tempat wisata yang diinginkan tanpa merasa kelelahan akibat membawa barang lebih dari biasanya.

Ketika mengangkut barang bawaan, wisatawan bisa menghabiskan tenaga dua kali lipat lebih besar dibandingkan saat membawa barang sedikit. Oleh sebab itu, bawalah barang yang benar-benar diperlukan ketika liburan. Contohnya seperti kamera, tisu, ponsel, dan power bank.

Jika masih memungkinkan, lo bisa memasukkan camilan dan air mineral ke dalam tas. Persiapan ini ditujukan agar lo siap menghadapi situasi tak terduga di perjalanan, misalnya saat kesulitan mencari tempat makan untuk berbuka. Setuju ‘kan bro?

5. Menyantap Makanan di Sembarang Lokasi  

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pelancong selama traveling adalah kondisi makanan yang hendak disantap. Santaplah makanan yang benar-benar bersih agar lo tidak terkena masalah kesehatan. Dengan memerhatikan kualitas makanan, wisatawan dapat menjaga kondisi fisik tetap bugar selama liburan.

Jika sudah sakit, perjalanan wisata lo tentu akan terganggu. Lo juga bakal kesulitan menjalani ibadah puasa dengan tubuh yang tidak fit. Oleh sebab itu, selalu cek kualitas makanan yang hendak disantap. Upayakan tidak membeli makanan yang dijajakan di pinggir jalan atau tempat ramai yang dilewati banyak kendaraan.

Harga makanan yang dijual di tepi jalan mungkin lebih murah dibandingkan dengan makanan di restoran atau tempat makan lain. Akan tetapi, tidak ada jaminan bahwa makanan-makanan tersebut benar-benar aman untuk dikonsumsi. Pokoknya, selalu utamakan makanan bersih dan sehat saat bepergian ya bro!

Demikian 5 hal yang perlu dihindari wisatawan saat traveling di bulan Ramadan. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang merencanakan perjalanan wisata ke tempat tertentu saat berpuasa. Semangat terus untuk berpuasa dan menjelajahi tempat-tempat baru ya bro!

Source: liputan6.com

Feature Image - pexels.com/StephanSeeber


Please login to comment
6 COMMENTS
Amir Mahfudzi
May 13, 2019 at 2:32 PM

Nice info broo, thanks


Rifa Sanjaya
May 14, 2019 at 8:16 AM

Nice tips.. semoga bermanfaat


SITI ANISAH, SPD
May 14, 2019 at 9:02 AM

Tipsnya bermanfaat, tp Travelling saat puasa.. no bgt


Agung nugroho
May 15, 2019 at 11:09 PM

Info yg sangat membantu


Rizky AM
May 16, 2019 at 1:59 PM

SELAMAT BERPUASA GUYSS


Isrinatul Malikhah
June 13, 2019 at 5:34 AM

Nice info