MAY 13, 2019

4 Hal yang Menjadi Daya Tarik dari Pulau Salawati di Kepulauan Raja Ampat!

Wisata di Kepulauan Raja Ampat memang sangat indah, Pulau Salawati merupakan salah satu diantaranya. Enggak percaya? Lihat saja beberapa informasinya di bawah ini!


Kepulauan Raja Ampat memang merupakan salah satu tempat wisata alam yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau, tak heran apabila banyak dari para pelancong ataupun wisatawan ingin berkunjung ke sana. Kepulauan yang terletak di kawasan Papua Barat ini memang terdiri dari beberapa pulau, salah satu yang menarik perhatian ialah Pulau Salawati.

Perlu diketahui pula kalau Pulau Salawati merupakan salah satu dari empat pulau utama di Kepulauan Raja Ampat. Dengan luas wilayah sekitar 1.623 km2, lo bisa melihat banyak sekali keindahan alam yang indah di sana. Mulai dari kondisi air lautnya yang jernih hingga pasir pantai yang berwarna putih nan halus pun bisa lo dapatkan di sana.

Keindahan yang ada di pulau ini pun tidak kalah dengan pulau-pulau utama lainnya, seperti Misool, Batanta dan Waigeo. Penasaran mengenai daya tarik apa yang bisa lo dapatkan ketika berkunjung ke Pulau Salawati, langsung saja simak beberapa informasi seputar pulau tersebut tepat di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

Pohon Sagu

4 Hal yang Menjadi Daya Tarik dari Pulau Salawati di Kepulauan Raja Ampat!

4 Hal yang Menjadi Daya Tarik dari Pulau Salawati di Kepulauan Raja Ampat! Credit: /travelbos.id

Bukan hanya sekedar keindahan dari pasir putih serta warna air lautnya yang unik, ketika lo berada di kawasan Pulau Salawati, tentunya lo juga bisa melihat beragam pilihan pohon sagu yang memang berdiri tegak di kawasan pulau ini.

Perlu untuk lo ketahui pula, kalau hampir tiga per empat dari Pulau Salawati merupakan hutan sagu yang sangat lebat. Pohon-pohon sagu di dalam pulau ini pun tumbuh liar tanpa ada yang menanam. Sehingga tercipta suasana yang alami dan asri ketika lo mengunjunginya.

Mengeksplorasi pohon-pohon sagu yang ada di kawasan pulau ini juga bisa menjadi aktivitas lainnya yang bisa lo lakukan. Tak heran apabila lo juga bisa menemukan banyak keunikan, bahkan kalau punya kesempatan bisa juga mencicipi sagu di sana loh.

Spesies Ikan Baru

4 Hal yang Menjadi Daya Tarik dari Pulau Salawati di Kepulauan Raja Ampat!

4 Hal yang Menjadi Daya Tarik dari Pulau Salawati di Kepulauan Raja Ampat! Credit: dwibeautiful.blogspot.com/

Selain itu, ketika berkunjung ke Pulau Salawati, lo juga bisa melihat banyak keunikan lainnya. Salah satunya ialah dengan terdapatnya spesies ikan baru yang ada di sana. Spesies tersebut ialah Ikan Pelangi Salawati.

Spesies ini ditemukan oleh tim riset bersama antara Indonesia dan Perancis. Dengan nama latin Melanotaenia Salawati ini merupakan spesies ke 19 yang ditemukan lewat eksplorasi biodiversitas kawasan ecoregion Kepala Burung Papua.

Ikan yang cantik ini ditemukan di sungai Doktor, tepat pada posisi kornel batat pulau itu atau kurang lebih sekitar 64 km sebelah barat dari Kota Sorong, Papua Barat. Keunikannya ialah dari warna kulitnya yang berwarna-warni.

Belum lagi dengan dibalut barisan ungi pada bagian dorsal hingga lembayung ungu muda pada dasar ekornya. Tutup insangnya pun ditaburi oleh percikan warna emas dan noktah hijau daun jarak. Setelah itu, bagian sirip abdomen hingga pangkal akhir sirip ekor terpencar violet terang disalip noktah jejer-biru.

Keindahan dari ikan jenis ini pun tidak berhenti sampai di situ saja, karena juga terdapat percak biru tua tampak melebar pada bagian belakang tubuhnya. Penemuan ini pun semakin membuktikan kalau di kawasan Papua Barat memang terdapat beragam jenis ikan atau biota lautnya yang memang sangat langka. Tak heran apabila banyak dari para pecinta hewan pun senang untuk melakukan snorkeling atau diving di kawasan kepulauan ini.

Pulau yang Tenang

4 Hal yang Menjadi Daya Tarik dari Pulau Salawati di Kepulauan Raja Ampat!

4 Hal yang Menjadi Daya Tarik dari Pulau Salawati di Kepulauan Raja Ampat! Credit: infotujuanwisata.com

Berkunjung ke pulau ini lo juga akan mendapatkan sebuah kondisi atau suasana yang sepi. Sehingga buat lo yang ingin mencari ketenangan serta ingin melepaskan rasa penat lo dan menjauh dari hiruk pikuk perkotaan, ini merupakan tempat atau destinasi yang tepat untuk lo kunjungi.

Bisa dikatakan kalau pulau ini nyaris perawan, kekayaan alamnya pun mampu membuat banyak dari peneliti dari berbagai negara datang untuk mempelajarinya. Kembali lagi, kondisi pasir pantai berwarna putih ditambah lagi dengan pepohonan hijau yang ada di sekitar pantai membuatnya layak untuk dikunjungi.

Perlu untuk diketahui pula kalau dengan luas wilayahnya yang tidak begitu luasnya membuatnya hanya bisa dimasuki oleh 2 kapal motor saja. Bahkan lo juga bisa mengunjungi bunker-bunker peninggalan Perang Gunia II buatan Belanda dan Jepang.

Kebudayaan yang ada di kawasan pulau ini juga tak kalah menariknya. Lo bisa melihat serta menikmati indahnya tarian Wor. Keindahannya pun tak berhenti sampai di situ saja, sebab lo juga bisa melihat air terjun yang mampu memanjakan mata lo. Bahkan ada banyak kearifan lokal yang juga menjadi daya tariknya.

Cara Mengunjungi Pulau Salawati

4 Hal yang Menjadi Daya Tarik dari Pulau Salawati di Kepulauan Raja Ampat!

4 Hal yang Menjadi Daya Tarik dari Pulau Salawati di Kepulauan Raja Ampat!  Credit: ksmtour.com

Pulau nan indah termasuk mudah untuk dikunjungi, karena sudah terdapat banyak angkutan atau alat transportasi yang bisa lo gunakan. Sehingga bagi lo yang pertama kali ingin berkunjung ke sana tidak akan menemukan sebuah kesulitan yang berarti.

Lo hanya perlu turun di Bandar Udara Kota Sorong lalau melakukan penyeberangan dari kota tersebut. Untuk waktu yang akan lo tempuh dari Kota Sorong sendiri akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Perjalanan lo pun akan semakin indah karena akan melewati pulau-pulau kecil yang indah dan tak berpenghuni.

Tentunya berkunjung ke Pulau Salawati ini akan memberikan sebuah pengalaman wisata alam yang sulit untuk lo lupakan. Oleh sebab itu, ketika lo memiliki waktu dan kesempatannya, tak ada salahnya kok untnuk mengunjunginya.

Memang untuk lo yang memulai perjalanan dari Jakarta akan memakan waktu serta biaya yang cukup besar. Sehingga jangan lupa untuk menabung serta melakukan riset sebaik mungkin untuk bisa mendapatkan akomodasi yang sekira cocok dengan kantong lo yaa.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Pulau Salawati yang terletak di Kepulauan Raja Ampat ini? Semoga bisa menjadi salah satu informasi serta acuan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat yang ingin lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam yang ada di Indonesia yaa!

Source: ksmtour.com

 

 

Featured Image: langkahtourtravel.wordpress.com

 


Please login to comment
8 COMMENTS
Rico Marselino
May 13, 2019 at 10:40 PM

papua memang surganga dunia pariwisata!


Rico Marselino
May 13, 2019 at 10:40 PM

Semoga suatu saat nanti kesampaian untuk bisa berlibur disana!


Rykma Alodya
May 13, 2019 at 11:39 PM

Papua mSih alami


Hari Tristiyanto
May 14, 2019 at 5:07 AM

Keren banget ... makanya perthankan! NKRI HARGA MATI


Kristian Mustafa
May 14, 2019 at 8:31 AM

Raja Ampat Impian Saya setelah Bali


Rifa Sanjaya
May 14, 2019 at 8:33 AM

Recommended bgt nih.. kpn ya..


Nadif Ahmad Hasan
May 14, 2019 at 12:03 PM

Masih alami


Agung nugroho
May 15, 2019 at 11:15 PM

Papua emang keren tempat wisatanya