MAY 13, 2019

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro!

Sejumlah orang diketahui menghabiskan waktu liburan di bulan Ramadan dengan melakukan hiking ke gunung. Apa sajakah hal yang perlu disiapkan bila hendak mendaki selama berpuasa? Cek jawabannya di bawah ya bro!


Sejumlah orang diketahui menghabiskan waktu liburan di bulan Ramadan dengan melakukan hiking ke gunung. Untuk bisa sampai ke puncak, lo perlu memerhatikan sejumlah hal penting agar proses pendakian berjalan aman dan lancar. Pasalnya, puasa akan mempengaruhi kondisi fisik dan stamina lo secara menyeluruh saat mendaki.

Apa sajakah hal yang perlu disiapkan bila hendak mendaki selama berpuasa? Berikut adalah 7 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Mendaki di Waktu Sore Hari

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro!

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro! Photo Credit: cnn.com

Waktu terbaik untuk mendaki gunung di bulan Ramadan adalah sore hari. Kala itu, lo bisa menempuh perjalanan secara lebih nyaman karena tidak terkena sinar matahari yang terik. Hal ini tentu membuat lo terhindar dari rasa lelah di perjalanan.

Dengan memilih waktu pendakian di sore hari, lo bisa menimalisir kemungkinan berbuka puasa di jalur pendakian. Pasalnya, energi lo tidak akan terkuras habis akibat kepanasan selama mendaki. Lo pun bisa memanfaatkan tenaga yang ada untuk fokus menaklukkan medan rintangan.

Di malam hari, pendaki dapat menghabiskan sisa tenaga untuk menjalani ibadah salat tarawih. Dengan begitu, ibadah lo tidak terhalang oleh aktivitas pendakian. Mantap sekali, bukan?

2. Menyiapkan Logistik Secukupnya Saja

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro!

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro! Photo Credit: trekkinggears.com

Untuk menghindari tubuh kelelahan selama berpuasa, pendaki dianjurkan membawa barang seperlunya saja. Cobalah untuk tidak membawa barang terlalu banyak karena hal tersebut bakal merepotkan lo di sepanjang perjalanan. Lo pun dapat mencapai tempat tujuan secara aman dan nyaman.

Dengan membawa barang tidak terlalu berat, lo bakal lebih mudah menghadapi jalur ringan saat mendaki. Selain itu, ada trik lain yang patut dicoba pendaki dengan carrier terlalu berat. Lo bisa menggunakan daypack dengan jumlah bawaan yang tidak terlalu banyak agar perjalanan tetap terasa nyaman.

3. Melakukan Pendakian Lebih Lambat dari Biasanya

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro!

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro! Photo Credit: istockphoto.com

Ketika sedang berpuasa, lo dianjurkan tidak mendaki dengan terburu-buru. Janganlah memaksakan ritme berjalan kaki selama perjalanan berlangsung. Dengan demikian, pendaki dapat menghemat tenaga hingga tiba di puncak gunung.

Lo sebaiknya mencoba berjalan lebih lambat dari biasanya agar proses pendakian tidak menguras energi terlalu banyak. Saat berjalan lebih pelan, pendaki tidak akan merasa lelah terlalu berlebihan karena hal ini tidak terlalu memakan tenaga. Carilah tempat teduh yang bisa dijadikan lokasi beristirahat bila lo merasa kelelahan. Pokoknya, jangan mendaki terburu-buru selama berpuasa ya bro!

4. Mendaki Gunung yang Menghadirkan Jalur Ringan

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro!

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro! Photo Credit: backroadramblers.com

Di bulan Ramadan, pendaki sebaiknya mendaki gunung yang memiliki jalur ringan. Hal ini ditujukan agar proses pendakian tidak menghabiskan energi lo terlalu banyak. Sejumlah gunung di Pulau Jawa diketahui menyajikan jalur yang tidak terlalu berat.

Contoh gunung yang menawarkan jalur ringan kepada pendaki di antaranya adalah Gunung Papandayan, Ungaran, Andong, dan Prau. Jalur gunung-gunung tersebut pas untuk didaki para wisatawan yang tengah berpuasa di bulan Ramadan. Di samping itu, waktu yang dibutuhkan pendaki untuk tiba ke puncak gunung-gunung tersebut juga tidak terlalu lama. Menarik sekali, bukan?

5. Tidak Memaksakan Diri hingga Tiba di Puncak

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro!

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro! Photo Credit: theadventurerr.com

Pendaki perlu memperhatikan kondisi fisik ketika mendaki gunung. Jika tidak mempunyai tenaga cukup, lo sebaiknya tak memaksakan diri hingga tiba ke puncak. Setiap pendaki perlu mengingat bahwa keselamatan adalah hal yang wajib diutamakan dalam pendakian.

Jadi, hilangkan obsesi untuk menaklukkan puncak gunung bila kondisi tubuh sudah tidak menunjang aksi pendakian. Saat lelah melanda, pendaki baiknya menghabiskan waktu dengan beristirahat di dalam tenda. Dengan begitu, lo siap melakukan perjalanan turun gunung dengan kondisi tubuh yang bugar.

6.  Naik ke atas Gunung bersama Teman yang Berpuasa

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro!

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro! Photo Credit: ssl.com

Untuk menambah semangat, lo bisa mengajak teman yang berpuasa untuk menemani pendakian. Lo dan mereka bisa saling mengingatkan agar lebih tahan terhadap godaan untuk membatalkan puasa di tengah perjalanan. Hal sederhana ini tentu akan membuat lo tetap tabah menghadapi rintangan yang menerjang.

7. Menyiapkan Asupan Bergizi sebagai Bekal Perjalanan

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro!

Tertarik Hiking saat Berpuasa? Simak 7 Tips Ini Dahulu Bro! Photo Credit: reshoffthegrid.com

Para pendaki hendaknya melakukan persiapan sematang mungkin sebelum berangkat ke gunung. Lo bisa membekali diri dengan aneka kuliner bergizi, misalnya seperti sayur, susu, tempe, ikan, buah-buahan, dan lain-lain. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi lo bakal tercukupi sehingga tubuh terhindar dari sakit. Jangan lupa juga untuk banyak meminum air putih.

Demikian 7 hal yang butuh lo persiapkan bila hendak melakukan hiking di bulan Ramadan. Semoga informasi ini membantu lo yang berminat menaklukkan puncak gunung selama berpuasa. Tetap berhati-hati dan selalu utamakan keselamatan selama mendaki ya bro!

Source: tribuntravel.com

Feature image - pexels.com/SimonMigaj


Please login to comment
16 COMMENTS
Fajar Aditya
May 13, 2019 at 8:44 PM

Alon-alon asal kelakon


Rico Marselino
May 13, 2019 at 10:43 PM

menurut saya kurang tepat mendaki saat puasa, karena berbahaya bagi fisik dan kurang bisa menikmati perjalanan


Rykma Alodya
May 13, 2019 at 11:16 PM

Enaknya sih sepi... Kalau nanjak pas bulan puasa


Eksan B
May 13, 2019 at 11:40 PM

Tik tok merbabu ok nih


Hari Tristiyanto
May 14, 2019 at 5:01 AM

Sangat bermanfaat. Btw gk puasa aja ngis ngosan apalagi puasa.... mantap !


Ardiansyah Z
May 14, 2019 at 5:03 AM

Yang penting sampai


Zul Asfi Rusman
May 14, 2019 at 6:51 AM

Naiknya harus sama2 puasa bro


Zul Asfi Rusman
May 14, 2019 at 6:51 AM

Naiknya harus sama2 puasa bro


Kristian Mustafa
May 14, 2019 at 8:16 AM

Nyari Gunung yang ga terlalu tinggi dan terjal.


Rifa Sanjaya
May 14, 2019 at 8:39 AM

Semoga bermanfaat


SITI ANISAH, SPD
May 14, 2019 at 8:56 AM

Tipsnya sih ok.. cuma kyknya mending tunda deh SMP selesai puasa


Amir Mahfudzi
May 14, 2019 at 11:36 AM

Boleh langsung dicoba pekan ini


Agung nugroho
May 14, 2019 at 10:36 PM

Klo gwe tetep nggak berani klo pas puasa, mending hbis lebaran aja


Nur Hasan
May 15, 2019 at 9:48 AM

mantap nih. bisa dicoba


Nadif Ahmad Hasan
May 16, 2019 at 8:57 AM

Bukber di gunung


Muhammad arifudin
June 10, 2019 at 5:39 AM

Boleh dicoba