MAY 14, 2019

5 Hal yang Menjadi Daya Tarik Kampung Madras di Kota Medan!

Berkunjung ke Sumatera Utara, jangan lupa untuk menghampiri Kampung Madras, sebab lo akan melihat beragam keindahan berupa kebudayaan yang unik di sana. Enggak percaya? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Sebagai negara yang besar, tentunya di dalam Indonesia terdapat beberapa perbedaan serta keragaman etnis serta budaya. Hal tersebut bukanlah merupakan sebuah isu baru, bahkan dari nenek moyang kita. Sehingga jangan memecah belahkan keindahan ini dengan senggolan-senggolan yang tidak penting. Berbicara mengenai etnis dan budaya, apakah lo sudah tahu kalau di Kota Medan terdapat Kampung Madras yang sangat unik?

Kampung Madras sendiri merupakan sebuah kawasan dengan luas sekitar 10 hektare yang mempunyai komunitas India yang besar. Bisa dikatakan pula ini merupakan Little India yang ada di Indonesia. Kawasan yang tepat terletak di sekitar Kecamatan Medan Polonia dan Medan Petisah ini memang merupakan tempat wisata yang tepat untuk lo kunjungi apabila ingin merlihat ragam etnis serta budaya.

Bahkan di dalam kawasan Kampung Madras ini terdapat beberapa spot wisata yang indah, baik dari bangunan-bangunan tua nan bersejarah, hingga kuliner khas India yang memang sudah ada secara turun menurun. Semakin penasaran bukan mengenai kampung ini? Untuk itu, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa, tentunya mengenai daya tariknya!

Awal Mulanya Kampung Madras

5 Hal yang Menjadi Daya Tarik Kampung Madras di Kota Medan!

5 Hal yang Menjadi Daya Tarik Kampung Madras di Kota Medan! Credit: jalanwisata.id/

Keberadaan dari Kampung Madras sendiri bukan tanpa sebab loh bro. Munculnya kampung ini pun berawal dari pemilik perkebunan yang lebih senang menggunakan tenaga impor asa India, karena terkenal rajin, hal tersebut pun dimulai pada awal abad ke 19.

Orang India yang banyak datang ke kawasan ini didominasi oleh etnis India Tamil. Mereka pun bekerja sebagai buruh di perkebunan tembakau. Semakin berjalannya waktu, semakin banyak etnis India yang datang ke Kota Medan. Selain bekerja mereka juga melakukan proses penyebaran agama Hindu.

Hari ini, kawasan kampung ini pun sudah menjadi kawasan wisata yang sangat menarik. Buat lo yang ingin melihat bagaimana kehidupan di Little Indianya Indonesia, enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, tinggal datang saja ke Kota Medan bro!

Budaya yang Sangat Unik

5 Hal yang Menjadi Daya Tarik Kampung Madras di Kota Medan!

5 Hal yang Menjadi Daya Tarik Kampung Madras di Kota Medan! Credit: /efenerr.wordpress.com

Biasanya kalau lo pergi ke sebuah daerah di Indonesia, pasti akan melihat bangunan-bangunan khas daerah tersebut ataupun kulinernya bukan? Sama halnya apabila lo datang ke Kampung Madras, bangunan yang unik menjadi salah satu daya tariknya.

Bahkan beberapa bangunan yang ada pun masih menggunakan pola arsitektur India. Bangunan yang paling terkenal di kampung ini ialah Kuil Shri Mariaman dan Subramaniem yang merupakan kuil terbesar di kawasan kampung ini. Selain itu juga masih terdapat klenteng terbesar yaitu Vihara Gunung Timur yang merupakan tempat ibadah umat Buddha.

Bukan hanya kuil dan klengteng saja yang bisa lo lihat di Kampung Madras, namum juga terdapat ibadah umat Islam, yaitu Ghadiyah Mosque dengan desain interior dan eksterior yang sangat khas India. Tentunya ini bisa menjadi salah satu tempat tujuan lo.

Kebiasaan-kebiaasan dari para masyarakat Kampung Madras ini juga bisa menjadi hal yang bisa lo nikmati ketika berkunjung ke sana. Banyak acara-acara keagamaan yang selalu di lakukan setiap tahunnya. Hal tersebut pun menjadi salah satu daya tariknya yang patut untuk lo lihat ketika berkunjung ke sana.

Kuliner Nikmat Khas India

5 Hal yang Menjadi Daya Tarik Kampung Madras di Kota Medan!

5 Hal yang Menjadi Daya Tarik Kampung Madras di Kota Medan! Credit: travelingyuk.com

Selain dari budayanya, kuliner yang ada di Kampung Madras juga bisa menjadi salah satu daya tarik. Tentunya lidah serta selera lo akan tergoa untuk mecicipinya. Belum lagi dengan rasanya yang kaya akan rempah, benar-benar mampu menciptakan sebuah cita rasa yang sangat unik.

Beberapa restoran yang menyajikan menu khas India atau kios-kios kecil yang menjual jajanan khas India juga bisa menjadi tempat yang bisa lo hampiri untuk bisa mencicipi kuliner seperti martabak ataupun roti chanee.

Sehingga jangan lupa untuk menyiapkan waktu yang cukup banyak, agar lo bisa mengeksplorasi segala hal yang ada di dalam Kampung Madras ini. Banyak momen indah serta kuliner nikmat yang bisa lo cicipi di sana loh. Tak heran apabila lo juga bisa bertemu dengan traveller lainnya di sana.

Sikap Toleransi yang Tinggi

5 Hal yang Menjadi Daya Tarik Kampung Madras di Kota Medan!

5 Hal yang Menjadi Daya Tarik Kampung Madras di Kota Medan! Credit: squaddayout.blogspot.com/

Hal berikutnya yang bisa lo dapatkan ketika berada di kawasan Kampung Madras ialah dengan tingkat toleransinya yang cukup tinggi. Sehingga lo tidak akan menemukan gesekan-gesekan yang mampu memecah belahkan mereka.

Sikap toleransi yang tinggi pun berasal dari keberadaan dua komunitas keagamaan yang berasal dari keturunan etnis yang sama. Bahkan, kebiasaan ini pun sudah lama mereka lakukan di dalam kehidupan bermasyarakatnya.

Nuansa budaya yang khas di tengah keragaman etnis dan budaya pun menjadi sebuah pemandangan yang bisa lo dapatkan setiap harinya di kawasan Kampung Madras ini. Kemajemukan sebagai bangsa Indonesia dan warga masyarakat dunia pun juga menjadi daya tariknya. Sehingga enggak ada salahnya kalau kawasan Kampung Madras ini menjadi contoh.

Suasana Kota Tua yang Kental

5 Hal yang Menjadi Daya Tarik Kampung Madras di Kota Medan!

5 Hal yang Menjadi Daya Tarik Kampung Madras di Kota Medan! Credit: efenerr.wordpress.com

Memiliki hobi fotografi? Kawasan Kampung Madras ini bisa menjadi salah satu spot yang mampu memberikan sebuah hasil gambar yang indah. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan yang tak lupa untuk membawa kamera.

Suasana kota tuanya pun sangat kental ketika lo sudah menginjakkan kaki lo di sana. Bangunan-bangunan yang belum tentu bisa lo temukan di tempat tinggal lo bisa lo dapatkan di sana. Tentunya akan menjadi sebuah momen yang sulit untuk dilupakan.

Sehingga ketika lo berencana untuk berlibur ke Kota Medan, jangan lupa untuk mengunjungi kawasan kampung ini yaa. Ada banyak hal yang lo pelajari serta juga terdapat hal-hal lainnya yang mampu memanjakan mata lo.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasinya seputar Kampung Madras di atas? Semoga bisa menjadi salah satu informasi yang berguna yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Tetap semangat dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan yang ada di Indonesia!

Source: jejakpiknik.com

 

 

 

Featured Image: labirutour.com

 


Please login to comment
6 COMMENTS
Amir Mahfudzi
May 14, 2019 at 11:38 AM

Jadi pgn coba kesana nihh


Nadif Ahmad Hasan
May 14, 2019 at 12:02 PM

Medan oh Medan


Krama irvan
May 15, 2019 at 1:29 AM

Nice place


Rizky AM
May 15, 2019 at 3:30 AM

SPOT NYA SUPER


Rifa Sanjaya
May 16, 2019 at 8:56 AM

Kampung Keling.. kulinernya enak"


Zul Asfi Rusman
May 20, 2019 at 5:42 PM

Ala - ala india