Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku!

Tiga benteng bersejarah ini benar-benar daya tarik yang kuat dari Kota Ternate dan Maluku sekitarnya. Benteng tersebut adalah saksi bisu sejarah di sana. Uh bikin penasaran nih eksotismenya. Lo penasaran juga? Sila simak bahasan kali ini dulu, deh!

Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku!

Indonesia bagian timur adalah salah satu bagian dari negara Indonesia yang mempunyai berjuta spot petualangan yang eksotis. Sebut saja Raja Ampat, deretan pantai di Papua, dan lautan yang eksotis di Maluku.

Nah, kali ini – jika lo tengah berada di Maluku atau sekitarnya, lo akan diajak ke spot petualangan yang cukup berbeda. Kalau Maluku dan sekitarnya terkenal dengan deretan pantai yang super eksotis dan keindahan alam bawah laut yang luar biasa, kali ini lo hanya akan main di daratan saja.

Tidak tepat di Maluku sih, kali ini lo akan diajak ke Kota Ternate. Kota Ternate adalah salah satu kota di Indonesia yang dijuluki kota dengan 1000 benteng. Maklum, pada zaman kolonialisme yang lalu, Kota Ternate sempat menjadi harta karun buat mereka.

Harta karun yang dimaksud adalah sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis rempah-rempah yang para kolonialis tidak temukan di daerah manapun, terkecuali di Ternate, Indonesia bagian timur.

Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku!

Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku! credit: indonesia-tourism.com

Oleh karena itu, untuk memonopoli kekuasaan mereka, mereka pada saat itu membangun benteng, benteng yang melindungi mereka dari musuh dan berbagai ancaman lainnya. Nah, sekarang ini – karena Indonesia sudah merdeka, jadilah benteng-benteng tersebut saksi bisu berbagai sejarah di sana.

Bicara sejarah, wisata Indonesia indah – menelisik sejarah, tentu tidak akan membosankan bro. Seperti yang akan dibahas di ulasan kali ini, yang setidaknya akan memperkenalkan lo kepada tiga benteng tua, yang ada di Kota Ternate.

Benteng-benteng yang dimaksud tentu menarik perhatian banyak petualang. Tidak hanya petualang dalam negeri saja lho yang berduyun-duyun datang ke sini untuk melihat keindahan benteng serta segala eksotismenya, tetapi juga petualang mancanegara serta para peneliti yang penasaran dengan benteng tersebut.

Arsitekturnya yang tentu kental sekali dengan ala kolonial, deretan benteng tersebut pastinya menyimpan banyak sekali cerita kepahlawanan rakyat Maluku saat melawan mereka, para kolonialis. Jika lo tengah berada di sini langsung, lo bisa seperti dibawa kepada masa-masa tersebut!

Wah, tentu lo sudah penasaran sekali ya memang sebagaimana eksotisnya, sih deretan benteng-benteng ini. Nah, kalau sudah ingin tahu sekali, sila benarkan posisi duduk lo untuk terus menyimak bahasan kali ini yang akan menelisik sejarah, petualangan unik mengunjungi tiga benteng di Kota Ternate!

Pertama, Benteng Kalamata

Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku!

Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku! credit: indonesiakaya.com

Berlokasi di kawasan Kayu Merah, walau benteng ini terletak di kawasan Kota Ternate, tapi benteng ini adalah spot paling pas untuk melihat keindahan Pulau Tidore dan Maitara dari kejauhan. Benteng Kalamata, benteng ini dibangun pada abad 15.

Pada tahun 1540, bangsa portugis membangun benteng ini. Benteng Kalamata dibangun dengan tujuan untuk tempat pertahanan mereka, menahan serangan pasukan Spanyol yang juga bernafsu untuk menduduki dan menguasai wilayah Tidore.

Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku!

Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku! credit: photoblog.com

Namun, pada saat itu, Kolonialis sudah terlebih dahulu menduduki Maluku dan sekitarnya, sehingga Benteng Kalamata mesti berpindah tangan, dan dikosongkan secara resmi di tahun 1843. Nah, sampai pada tahun 1994, setelah Indonesia merdeka, pemerintah Maluku setempat melihat potensi wisata di benteng ini.

Akhirnya, atas dasar pertimbangan untuk mendatangkan banyak wisatawan ke sana, dan memperkenalkan daerah Maluku, Kota Ternate tersebut, benteng ini dipugar, terlebih pada bagian lubang bidik senjata yang terkenal itu.

Kedua, Benteng Oranje

Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku!

Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku! credit: tajuktimur.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, kalau Belanda, atau kolonialis sudah terlebih dahulu juga masuk ke wilayah dan kawasan Maluku serta Kota Ternate. Hal tersebut dibuktikan dengan Benteng Oranje. Benteng ini adalah benteng pertama yang mereka dirikan, menggantikan benteng melayu.

Ada satu ruangan yang bikin benteng yang satu ini menarik bukan main. Ruangan tersebut adalah ruangan pengasingan untuk Sultan Badarrudin II dari Palembang. Ruangan tersebut adalah kombinasi dari batu karang dan batu kali serta pecahan kaca.

Jika ke sini, siap-siap terbuai dengan segala kemegahan yang ada di Benteng Oranje, ya!

Ketiga, Benteng Tolukko

Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku!

Wisata Indonesia Indah: Menguak Sejarah dan Mengunjungi 3 Benteng Tua di Maluku! credit: lelungan.net

Berlokasi di Sangaji Utara, Benteng Tolukko punya arsitektur yang cukup berbeda dari pada yang lain, nih. Benteng yang berada di atas bukit dan menjorok ke lautan terkenal sebagai benteng pertahanan milik bangsa Portugis.

Nah, yang cukup menarik dari benteng ini selain dijadikan tempat serta pusat dari pengendalian perdagangan rempah-rempah, benteng ini sendiri ternyata mempunyai jalan bawah tanah rahasia yang bisa langsung tembus ke pantai! Wah keren banget nih bro!

Wah bagaimana nih? Dari ketiga benteng yang ada di Kota Ternate, kawasan Maluku, yang mana yang sudah bikin lo penasaran dan tidak sabar untuk memulai petualangan lagi? Kalau sudah ada dari tiga benteng tersebut, sila siapkan waktu luang untuk mulai berpetualang lagi ya!

 

Source – pegipegi.com

Feature Image – yukpiknik.com

Wilderness Beginner solo traveling solo backpacker

11 COMMENTS

SHARE
Amir Mahfudzi
Masih terjaga keutuhan bentengnya, bersih juga tempatnya
Nadif Ahmad Hasan
Nice info
Krama irvan
Bukti sejarah
Rizky AM
WONDERFULL INDONESIA
Rico Marselino
NDONESIA TIMUR MEMANG JUARA. SANGAT BERMANFAAT INFORMASINYA, TERIMAKASIH
Johan Eko Prayogo
wow sabi banget wisata sejarah
SITI ANISAH, SPD
Ambon manise
Eksan B
Harus dijaga.
Tyas kubana vitaloka
Keren men
Masni
Benteng pertahanan lapis baja