MAY 14, 2019

Ingin Tetap Travelling Ketika Puasa? Ini Merupakan 5 Tips Ampuhnya Bro!

Jangan jadikan puasa sebagai penghalang untuk lo bisa melakukan travelling bro, penasaran gimana caranya? Langsung simak saja beberapa informasinya di bawah ini!


Ketika bulan puasa tiba, apakah lo masih bisa melakukan travelling? Itu merupakan pertanyaan yang sering muncul di benak para traveller, karena memang di bulan yang suci ini lo akan menahan segala nafsu agar bisa menggapai kemenangan. Jawabannya tentu masih bisa bro, bahkan melakukan tavelling di bulan puasa juga bisa tidak mengganggu ibadah lo loh.

Karena ketika bulan puasa tiba, banyak orang yang lebih memilih untuk diam di dalam rumah hingga waktu buka tiba, namun apakah tidak membosankan kalau hanya itu saja aktivitas lo? Jangan jadikan puasa sebagai penghalang lo untuk melakukan hobi. Kali ini untuk para traveller khususnya.

Nah, untuk itu di dalam artike ini akan membahas beberapa tips agar di bulan puasa ini lo tetap menjalankan aktivitas yang seru itu. Karena melakukan travelling ketika puasa terkadang mendatangkan momen yang indah serta tak terduga. Daripada lo semakin penasaran apa saja tips-tipsnya, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini! Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

Pilihlah Negara yang Ramah Muslim

Ingin Tetap Travelling Ketika Puasa? Ini Merupakan 5 Tips Ampuhnya Bro!

Ingin Tetap Travelling Ketika Puasa? Ini Merupakan 5 Tips Ampuhnya Bro! Credit: .tripzilla.id

Salah satu keuntungan apabila lo memilih tempat tujuan yang lo pilih merupakan negara yang sudah tidak asing lagi dengan Muslim. Banyak hal yang bisa membuat lo terus bisa melakukan ibadah lo apabila di negara tujuan lo memang terdapat banyak tempat ibadah.

Sehingga ketika lo sedang berjalan-jalan di negara tersebut, lo akan mudah untuk menemukan masjid ataupun musholla. Biasanya di negara-negara yang sudah tidak asing lagi terhadap Muslim, lo juga bisa merasakan nuansa Ramadhan di setiap sudut kawasannya.

Banyak pula makanan halal dan yang paling terpenting ialah banyak juga yang buka pada saat waktu sahur sehingga lo bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik meskipun tengah berada di negeri orang. Lalu, juga banyak fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang bisa membuat lo tetap bisa beribadah.

Buatlah Perencanaan yang Matang

Ingin Tetap Travelling Ketika Puasa? Ini Merupakan 5 Tips Ampuhnya Bro!

Ingin Tetap Travelling Ketika Puasa? Ini Merupakan 5 Tips Ampuhnya Bro! Credit: shopback.co.id

Perencanaan yang matang memang merupakan kunci untuk segala aspek di dalam hidup lo, termasuk ketika lo ingin melakukan travelling. Dengan perencaan yang matang, lo juga bisa menghindarkan diri lo dari keadaan-keadaan yang tidak dinginkan.

Tentu hasil akhir yang dinginkan dari setiap perjalanan lo yang lo lakukan ialah asyik dan ibadah puasa lo tetap berjalan lancar. Apabila kedua hal tersebut bisa berjalan secara bersamaan, liburan lo tersebut akan sangat berkesan di dalam hidup lo.

Untuk itu, jangan lupa untuk selalu mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai dimana bisa menemukan masjid maupun musholla dan dimana tempat yang menyediakan makanan halal serta waktu buka dan sahur dari tempat yang akan lo kunjungi.

Setelah sudah mengetahui beberapa fakto-faktor penting agar lo tetap bisa menjalankan ibadah puasa di negeri orang, tentunya lo sudah tidak perlu lagi ambil pusing. Karena jangan pernah juga membuat hobi lo menjadi alasan untuk tidak menjalankan puasa yaa bro.

Kurasi Tempat Wisata yang Ingin Dikunjungi

Ingin Tetap Travelling Ketika Puasa? Ini Merupakan 5 Tips Ampuhnya Bro!

Ingin Tetap Travelling Ketika Puasa? Ini Merupakan 5 Tips Ampuhnya Bro! Credit: cosmopolitan.co.id

Ini merupakan tips yang jangan lupa untuk lo lakukan ketika travelling yaa. Terkadang di tempat tujuan lo itu memang terdapat banyak sekali spot wisata yang menarik, rasanya ingin semuanya dikunjungi dalam waktu yang bersamaan.

Namun sangat disarankan untuk tidak melakukan hal tersebut yaa, jangan terlalu gegabah bro, ingat di bulan puasa ini lo tidak boleh kelelahan, takutnya bisa mempengaruhi puasa lo. Sehingga cobalah untuk memiliki tempat wisata yang lebih tergolong santai dan tidak menguras terlalu banyak energi.

Kalau memang benar-benar ingin mendaki sebuah gunung atau wisata alam yang cukup ekstrem, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mampu memberikan sebuah energi lebih pada saat sahur. Seperti gula merah atau makanan yang mengandung kabrohidrat kompleks.

Tempat-tempat yang tergolong santai memang menjadi salah satu alternatifnya, ambil contoh saja, lo bisa mengunjungi pusat kota untuk mengambil beberapa momen yang bisa diabadikan, mengunjungi museum ataupun bermain di pantai.

Bawalah Barang Secukupnya

Ingin Tetap Travelling Ketika Puasa? Ini Merupakan 5 Tips Ampuhnya Bro!

Ingin Tetap Travelling Ketika Puasa? Ini Merupakan 5 Tips Ampuhnya Bro! Credit: .videoblocks.com

Melakukan travelling di sebuah kota atau negara memang sangat seru, namun ada satu hal yang patut untuk perhatikan, yaitu dari barang bawaan yang selalu lo bawa. Sebab, semakin berat barang yang lo bawa, tentunya akan menyusahkan lo.

Bukan hanya itu saja, namun bebannya pun juga cukup berat, sehingga mampu membuat lo cepat lelah. Sehingga ketika sedang melakukan perjalanan atau sedang menjelajahi sebuah tempat, bawalah barang secukupnya. Misalkan dompet, kamera, paspor dan perlengkapan lainnya.

Hal berikutnya yang perlu untuk selalu lo ingat ialah untuk menjaga setiap barang lo yaa, sebab ketika melakukan perjalanan di negeri orang, ada banyak hal yang bisa terjadi tanpa sepengetahuan lo. Sehingga jangan lupa untuk waspada setiap waktunya yaa. Jangan sampai lengah bro!

Persiapkan Diri

Ingin Tetap Travelling Ketika Puasa? Ini Merupakan 5 Tips Ampuhnya Bro!

Ingin Tetap Travelling Ketika Puasa? Ini Merupakan 5 Tips Ampuhnya Bro! Credit: makintau.com

Selain dari perencanaan yang matang, diri lo juga jangan lupa dipersiapkan secara baik yaa. Sehingga sebelum mengeksplor lebih dalam tempat tujuan lo, selalu persiapkan diri lo terlebih dahulu yaa. Mungkin paling mudah yang bisa untuk lo lakukan ialah dengan mengonsumsi vitamin untuk menjaga stamina tubuh ketika waktu sahur.

Pokoknya optimalkan waktu sahur dengan sebaiknya mungkin, agar seharian penuh lo tetap melakukan aktivitas jalan-jalan lo lebih baik dan ibadah puasa lo bisa lancar. Serta jangan lupa pula untuk beristirahat dengan baik agar tubuh lo lebih segar dan bugar.

Bukan merupakan sebuah rahasia lagi apabila untuk bisa mengeksplorasi sebuah tempat atau kawasan wisata tentunya dibutuhkan energi yang cukup banyak. Sehingga selalu persiapkan diri lo dengan sangat baik yaa bro!

**

Jadi bagaimana dengan informasi seputar tips-tips agar lo tetap bisa melakukan ibadah puasa ketika travelling? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo yaaa. Tetap semangat dan teruslah untuk mengeksplorasi dunia!

Source: medium.com

 

 

 

Featured Image: yukkuy.com

 


Please login to comment
12 COMMENTS
Fajar Satritama
May 14, 2019 at 4:29 PM

Thank you bro infonya sangat bermanfaat


Rykma Alodya
May 14, 2019 at 7:10 PM

Kalau gitu banyakin uang saku aja min..


Reyhan agustian
May 14, 2019 at 8:25 PM

Manfaat pisan


Agung nugroho
May 14, 2019 at 10:31 PM

Nice info


Krama irvan
May 15, 2019 at 1:01 AM

Nice info


Lily Muryanti
May 15, 2019 at 1:29 AM

Lihat makanan itu kaya wejangan haha


Alaq Madygar
May 15, 2019 at 1:38 AM

Info yg bermanfaat


Eksan B
May 15, 2019 at 4:20 AM

Nice info. ..


Amir Mahfudzi
May 15, 2019 at 7:48 AM

Nice info, thank's


Rico Marselino
May 15, 2019 at 9:57 AM

sangat bermanfaat informasinya, terimakasih


Zul Asfi Rusman
May 15, 2019 at 7:08 PM

Nice info


Rizky AM
May 18, 2019 at 6:06 PM

Asyiiiaaaapppp