Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon

Kota Cirebon menawarkan beragam kuliner tradisional nikmat yang siap memanjakan lidah lo saat liburan. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon

Saat menyambangi kota Cirebon, ada baiknya wisatawan tak lupa menjajal kelezatan sejumlah kuliner tradisional di sekitar sana. Beberapa makanan asal Cirebon diketahui memiliki cita rasa unik yang bakal membuat siapapun tertarik mencobanya berkali-kali. Apa saja kuliner penggugah selera yang wajib dijajal wisatawan di Cirebon. Berikut adalah 8 di antaranya. Silakan cek tulisan di bawah ya bro!

1. Nasi Lengko

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon. Photo Credit: gotravelly.com

Jika diperhatikan sekilas, makanan satu ini nampak seperti gudeg. Hal tersebut nampak dari rupa bentuk dan warna kuahnya yang mirip dengan gudeg. Meski begitu, nasi lengko menawarkan cita rasa berbeda karena dibuat dengan bumbu khusus, Bahan pembuatan makanan di antaranya adalah tauge, daun kucai, tahu orek, nasi putih, dan lain-lain.

Jika ingin mendapat kelezatan nasi lengko secara maksimal, lo disarankan menyantapnya bersama siraman bumbu kacang. Bumbu tersebut kabarnya terbuat dari bahan rempah-rempah serta bumbu dapur seperti kencur dan bawang. Sekali mencobanya, lo bakal tertarik mencicipinya berkali-kali. Nasi lengko cocok menjadi menu sarapan di pagi hari.

2. Empal Gentong

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon. Photo Credit: sajiansedap.grid.id

Selama berlibur di Cirebon, wisatawan juga tak boleh melewatkan kelezatan empal gentong. Kuliner dengan bahan utama olahan daging sapi ini disajikan dengan cara digoreng. Untuk membuat empal gentong, lo perlu menyiapkan daging sapi yang sudah dicacah dan dipotong persegi panjang terlebih dahulu.

Jika sudah, lo bisa menyajikannya bersama kuah gurih asam yang merupakan cita rasa asli Jawa Barat. Sebagian orang mungkin beranggapan tampilan empal gentong mirip dengan gulai kambing. Akan tetapi, makanan ini menghadirkan rasa yang jauh berbeda dengan gulai kambing. Jangan lupa menyantapnya saat traveling ke Cirebon ya bro!

3. Kerupuk Melarat

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon. Photo Credit: ringkaskata.com

Kuliner satu ini dikenal dengan sausnya yang begitu gurih. Kerupuk Melarat merupakan salah satu makanan unik yang bisa lo temukan di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Menjajal kerupuk melarat tentu akan membuat pengalaman traveling lo terasa lebih berwarna.

Bahan pembuatan kerupuk melarat kabarnya hampir mirip dengan kerupuk pasir. Rasanya pun tidak jauh berbeda. Meski demikian, kerupuk melarat dan kerupuk pasir memiliki perbedaan dalam hal bentuk dan warna. Kerupuk melarat umumnya disajikan bersama saus kacang seperti saus cilok. Keunikan rasa makanan ini bakal membuat momen liburan lo di Cirebon terasa komplit.

4. Mie Koclok

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon. Photo Credit: travelingyuk.com

Saat mendengar nama makanan ini, banyak dari lo mungkin berasumsi bahwa mie ini mirip dengan mie kocok. Sayangnya, mie koclok dibuat dari bahan yang cukup berbeda dengan mie kocok. Mie koclok selalu disajikan dengan kuah santan gurih yang memiliki warna tidak bening. Sudah terbayang seperti apa rasa makanan ini?

Salah satu bahan perlu lo siapkan untuk menyajikan mie koclok adalah mie kuning biasa terlebih dahulu. Kelezatan mie koclok juga berasal dari sejumlah bahan tambahan yang diletakkan di atasnya, misalnya seperti tauge, irisan daging ayam, daun bawang, bawang goreng. Kuliner ini sangat pas disantap pada waktu malam hari agar suhu badan tetap hangat. Oke, bro?

5. Tape Ketan Daun Jambu

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon. Photo Credit: cookpad.com

Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat menggunakan bahan dasar tape ketan. Dewasa ini, banyak orang mengemas tape ketan di dalam wadah plastik yang tahan bocor. Sementara itu, di Cirebon, pelancong masih bisa menjumpai tape ketan yang dibalut dengan daun jambu. Tampilannya mirip seperti nagasari atau bacang.

Tape ketan daun jambu mempunyai aroma yang begitu menggoda selera. Ketika menjajal makanan ini, lo akan dibuat terkesima dengan rasanya yang begitu nikmat. Oleh sebab itu, tape ketan daun jambu wajib masuk dalam daftar kuliner yang disantap selama liburan di Cirebon. Oke, bro?

6. Docang

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon. Photo Credit: tokomesin.com

Nama makanan ini sebenarnya merupakan singkatan dari kata “bodo” dan “kacang”. Saat melihat docang, lo mungkin beranggapan bahwa tampilan makanan ini mirip dengan lontong sayur. Perbedaannya mungkin terlihat pada kuah santan docang yang berwarna lebih merah disertai dengan cabe.

Bahan pembuatan docang terbilang unik dan berbeda dari makanan kebanyakan, yakni kacang, bodo atau oncom, lontong dengan kuah santan berwarna merah, serta tauge. Kuliner ini disukai banyak orang lantaran memiliki perpaduan rasa gurih dan asin. Biasanya, docang disantap pada waktu pagi atau malam hari.

7. Nasi Jamblang

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon. Photo Credit:garnesia.com

Makanan enak ini juga layak dijajal wisatawan selama liburan di Cirebon, Nasi Jamblang merupakan kuliner berupa nasi yang dihidangkan bersama beberapa lauk, misalnya seperti paru goreng, tumis cumi, dendeng, sambal, telur dadar, dan tempe. Nasi ini sendiri dibalut dengan bungkusan daun jati.

Lo disarankan menyantap nasi jamblang dalam keadaan hangat agar bisa mencicipi rasa gurihnya secara maksimal. Wisatawan bisa menemukan banyak penjual nasi jamblang saat berlibur ke Cirebon. Beberapa penjual kabarnya memasak lauk untuk nasi ini dengan tungku kayu bakar. Hal ini dilakukan mereka agar cita rasa asli nasi jamblang tetap terjaga. Tertarik mencobanya bro?

8. Tahu Gejrot

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon

Mengintip 8 Kuliner Nikmat Penggoda Selera Khas Cirebon. Photo Credit: rumahmesin.com

Banyak dari lo mungkin sudah pernah mendengar atau mencicipi kuliner satu ini, bukan? Lo bisa menemukan tahu gejrot di Jawa Barat, Jakarta, dan daerah tanah air lainnya. Tahu gejrot juga bisa lo nikmati selama liburan di Cirebon.

Makanan ini terbuat dari irisan tahu yang diberi kuah asam manis serta gula merah yang berfungsi sebagai pemanis. Tahu gejrot biasanya disajikan bersama potongan cabai rawit. Kuliner ringan ini cocok dijadikan santapan pada waktu siang atau sore hari.

Demikian 8 kuliner lezat yang patut lo coba selama liburan di Cirebon. Menjajal makanan-makanan di atas tentu bisa menjadi kegiatan menarik untuk mengisi waktu liburan. Dari delapan makanan di atas, manakah yang paling ingin lo cicipi?

Source: uzone.id

Feature Image - rumahmesin.com

Trending News Beginner foodventure

14 COMMENTS

SHARE
Bikin ngilerr..
Tahu gejrot tetap jadi paporit
suka gw nih
Menggoda semua nih makanannya
Cita rasa makanan kampung halaman
No. 5 sebenarnya LBH khas dr kuningan
Bikin ngiler aja ni bro
Tahu gejrotttt
My fovorite tahu gejrot guyss
nyam...nyam..enakkk..