MAY 15, 2019

5 Tips Mudah dan Sederhana Untuk Bawa Drone Selama Petualangan Lo!

Mau bawa drone di tiap waktu traveling lo? Tidak masalah selagi lo sudah mengetahui tips mudah untuk membawa peralatan tersebut selama traveling, nih. Kalau belum tahu, sila simak bahasan kali ini ya!


Merekam petualangan lo dalam bentuk foto dan video adalah salah satu cara bagaimana lo menikmati perjalanannya. Banyak para petualang yang selalu menyempatkan diri untuk merekam dirinya saat berada di spot petualangan yang eksotis.

Selain dijadikan bahan cerita nantinya, tentu rekaman dalam bentuk video atau foto tersebut menjadi bahan unggahan juga ke media sosial, di mana lo nanti akan dapat impresi yang banyak, tergantung konten foto atau video lo juga, sih.

Merekamnya pun menggunakan alat yang bermacam-macam. Mulai dari kamera ponsel pintar, atau dari kamera pro seperti DSLR, apa saja yang penting terekam. Namun, dua alat tersebut tentu mempunyai kekurangan yang sama, yaitu sudut pandang yang sempit.

Kekurangan atau keterbatasan itu tentu sekarang ini sudah dijawab dan dicarikan solusinya lewat teknologi. Sudah sekitar 5-10 tahun kebelakang, banyak para petualang yang mencoba bagaimana mendapatkan sudut pandang yang luas dari sebuah kamera.

Jika kamera masih dipegang tangan secara manual, tentu akan seperti itu-itu saja sudut pandangnya. Lalu, bagaimana jika kameranya terbang dan diatur dari sebuah remot kontrol? Sepertinya, ide ini adalah gagasan pertama untuk drone.

Apa itu drone? Sederhananya, drone adalah kamera yang diterbangkan dengan baling-baling, mirip pesawat pengintai musuh tanpa awak, tetapi tentu dengan ukuran jauh lebih kecil. Bahkan, dengan ukuran kecilnya, drone bisa dilipat dan dimasukan ke dalam tas traveling lo.

Kebutuhan penggunaan drone sekarang ini tidak hanya untuk pribadi saja, lho. Kemampuannya untuk merekam dengan sudut pandang yang jauh lebih luas menjadi keuntungan bagi pelaku komersil yang ingin mengambil tema alam di dalam kontennya.

Tentu, drone akan selalu dibawa-bawa dalam petualangan lo nanti, nih. Lalu, bagaimana cara membawanya ya? Apakah merepotkan? Tenang bro, buat lo yang sudah punya drone-nya dan masih ragu untuk membawa kamera terbang tersebut atau tidak, berikut lima tips mudah dan sederhana untuk membawa drone lo dalam petualangan!

Hindari Menyimpan di Bagasi

5 Tips Mudah dan Sederhana Untuk Bawa Drone Selama Petualangan Lo!

5 Tips Mudah dan Sederhana Untuk Bawa Drone Selama Petualangan Lo! credit: caseproproducts.com

Drone beserta peralatan setnya tentu sudah mempunyai tas khusus sendiri. Biasanya, tas tersebut sudah ter-desain untuk tahan banting, tahan air, dan sebagainya. Nah, jika lo traveling naik pesawat, pastikan tas drone lo tidak perlu disimpan di bagasi.

Hal ini berkaitan dengan para petugas maskapai yang terkadang dengan asal melempar segala tas yang ada di depan mereka ke dalam bagasi pesawat. Walau tas drone lo sudah tahan banting, tapi tetap saja perlakuan tersebut mempunyai resiko yang sangat besar: drone-nya rusak.

Oleh karena itu, pastikan saja lo bisa menyimpan drone lo di dalam kabin pesawat, sehingga lo sendiri yang akan bertanggung jawab atas drone tersebut. Jika semisalnya memang harus disimpan di dalam bagasi, pastikan sudah lo timbang dan dibekali stiker ‘fragile’ yang berarti rapuh dan tidak boleh dibanting sama sekali.

Lepas Baterai di Drone, Simpan di Tempat Terpisah

5 Tips Mudah dan Sederhana Untuk Bawa Drone Selama Petualangan Lo!

5 Tips Mudah dan Sederhana Untuk Bawa Drone Selama Petualangan Lo! credit: skilledflyer.com

Tentu, drone tidak hanya menggunakan satu baterai saja nih dalam operasinya. Pasti ada baterai yang tengah digunakan atau di dalam drone-nya, dan ada baterai cadangan. Nah, sementara belum digunakan dan lo akan melakukan perjalanan panjang, lebih baik lepas dahulu baterai yang ada di dalam drone tersebut.

Hal ini dikarenakan oleh baterai drone biasanya menggunakan bahan Lithium yang notabennya bahan ini mudah terbakar. Oleh karena itu, ketimbang panas di dalam dan meningkatkan resiko terbakar semakin besar, lebih baik dilepas terlebih dahulu dan simpan pada tempatnyaa.

Kemudian, baterai drone biasanya mempunyai kapasitas yang cukup besar. Jika masuk ke dalam pemindai barang saat boarding, biasanya baterai ini akan terlihat sebagai cairan. Pastikan saja lo koperatif jika petugas bandara meminta diri lo untuk membuka tas drone tersebut dan menunjukan kalau segalanya sudah aman terkendali.

Pakai Pelindung Baterai

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, kalau baterai untuk peralatan elektronik yang menggunakan bahan Lithium, adalah bahan yang cukup mudah terbakar. Oleh karena itu, pastikan gunakan pelindung baterai agar jika semisal terbakar, api tidak mudah menjalar ke mana-mana.

Perhatikan Negara Mana yang

Tidak Boleh Menerbangkan Drone!

5 Tips Mudah dan Sederhana Untuk Bawa Drone Selama Petualangan Lo!

5 Tips Mudah dan Sederhana Untuk Bawa Drone Selama Petualangan Lo! credit: pcmag.com

Sebenarnya bukan tidak boleh sama sekali menerbangkan drone, sih. Cuma, beberapa negara memberlakukan berbagai regulasi yang rumit jika ingin menerbangkan drone. Beberapa negara tersebut seperti Swedia, Nikaragua, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Kamboja, UEA, Singapura, dan Jepang.

Karena regulasi yang ketat, pastikan jika lo tetap ingin menerbangkan drone lo di sana, lo sudah mengantongi izin yang sah agar tidak ada salah paham saat lo menerbangkan drone lo di sana. Tapi jika lo memaksa akan menerbangkannya tanpa izin, siap-siap berurusan dengan hukum di sana, bro!

Menguasai Drone yang Lo Punya

5 Tips Mudah dan Sederhana Untuk Bawa Drone Selama Petualangan Lo!

5 Tips Mudah dan Sederhana Untuk Bawa Drone Selama Petualangan Lo! credit: wired.com

Untuk memastikan kalau drone lo tidak akan melukai siapapun, pastikan lo benar-benar sudah bisa menguasai drone-nya dan remot kontrol tersebut sudah benar-benar lo paham untuk pengoperasiannya.

Hal ini berkaitan dengan beberapa kasus di mana ada seseorang yang menerbangkan drone-nya, lalu mendaratkannya di tempat yang tidak seharusnya atau di tempat keramaian, lalu ada yang penasaran dengan alat tersebut dan menyentuhnya saat baling-baling masih berputar kencang, alhasil – seseorang tersebut mesti dibawa ke rumah sakit terdekat karena terluka terkenal baling-baling drone.

Menyeramkan, bukan?

Nah, jika dari lima tips mudah dan sederhana di atas sudah lo ketahui dan lo pahami aplikasinya, cukup tenang sih kalau lo akan membawa drone lo ke manapun petualangan lo berada. Oh iya, pastikan mendapatkan gambar atau video soal alam yang keren, dan tag ke Instagram Super Adventure ya!

 

Source – kabarpenumpang.com

Feature Image – expertvagabond.com


Please login to comment
7 COMMENTS
Rico Marselino
May 15, 2019 at 9:57 AM

thanks for information!


Rico Marselino
May 15, 2019 at 9:58 AM

sangat bermanfaat informasinya, terimakasih


Nadif Ahmad Hasan
May 15, 2019 at 11:15 AM

Terimakasih infonya


Tyas kubana vitaloka
May 15, 2019 at 8:23 PM

Nice artikel...


Agung nugroho
May 16, 2019 at 7:29 PM

Nice info, tpi belum punya drone


Rizky AM
May 17, 2019 at 9:27 PM

Hayooo dronerss indonesia


Rifa Sanjaya
May 22, 2019 at 1:28 AM

harus bawa Batee cadangan