Sudah Rencana Mudik? Berikut 3 Spot Seru di Ambarawa Jawa Tengah!

Mudik lewat Ambarawa, jangan lupa mampir ke tiga spot petualangan yang super seru di sana, nih! Worth it deh pokoknya, bro! Penasaran? Sila simak bahasannya di sini terlebih dahulu!

Sudah Rencana Mudik? Berikut 3 Spot Seru di Ambarawa Jawa Tengah!

Sudah ada rencana untuk mudik? Ke mana nih bro? Semarang? Wah pas banget nih karena di bahasan kali ini, lo akan diajak ke beberapa spot petualangan seru di sana. Penasaran di mana saja spot petualangan tersebut? Sila simak terus bahasan kali ini ya!

Semarang, kota yang identik dengan kuliner yang cita rasanya luar biasa, dan spot petualangannya yang super eksotis, kali ini lo tidak akan diajak ke Semarang persisnya nih. Kali ini lo akan diajak ke second city sekitaran sana.

Kota kecil tersebut berada di jalur utama Semarang – Magelang. Nah, kalau lo mudik ke Semarang dan lewat Magelang, sepertinya worth it nih kalau lo mampir dulu ke Ambarawa! Kota kecil yang penuh cerita sejarah ini siap mengejutkan lo, nih!

Salah satu sejarah yang tidak akan pernah dilupakan yang terjadi di Ambarawa adalah pertempuran Ambarawa. Saat itu, pada tanggal 20 November 1945, tentara Indonesia dengan gagahnya berusaha mengusir tentara sekutu yang datang dan tengah membuat kekacauan di Magelang dan Ambarawa.

Eits, itu baru sekelumit cerita sejarahnya saja, lho. Lebih seru lagi kalau lo langsung datang nih ke sana dan menikmati setidaknya ada tiga spot petualangan yang bisa lo datangi dalam perjalanan mudik. Kapan lagi bro mudik sembari traveling!

Spot Petualangan di Ambarawa, Fort Willem I

Sudah Rencana Mudik? Berikut 3 Spot Seru di Ambarawa Jawa Tengah!

Sudah Rencana Mudik? Berikut 3 Spot Seru di Ambarawa Jawa Tengah! credit: situsbudaya.id

Lokasinya tidak jauh dari salah satu fasilitas umum di Ambarawa, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa, terdapat salah satu spot petualangan yang wajib lo kunjungi jika sudah berada di tanah yang penuh akan cerita sejarah ini.

Bukan bangunan tua seperti di sekitaran Museum Fatahillah di Jakarta, bangunan tua yang akan lo temui di Ambarawa ini adalah sebuah benteng. Benteng ini bernamakan Fort Willem I. Benteng ini sendiri dahulu berfungsi sebagai bekas penampungan personel tentara Belanda atau KNIL.

Benteng ini dibangung selama 11 tahun lamanya, lho. Pembangunannya selesai di tahun 1845 dan sudah lama sekali kosong sampai sekarang. Tidak ada tanda-tanda jika benteng tua yang satu ini akan dipugar dan dijadikan pusat wisata.

Fort Willem I sekarang ini sudah jadi salah satu spot petualangan yang mesti lo datangi. Walau menawarkan sudut-sudut kuno dan angker, tapi arsitekturnya masih bisa dinikmati sampai sekarang, lho. Arsitekturnya tentu khas kesukaan para kolonialis.

Sejarah menariknya adalah benteng ini merupakan pertahanan terakhir tentara sekutu sebelum digempur dan dihabisi oleh Tentara Keamanan Rakyat pada pertempuran Ambarawa yang pecah pada tahun 1945.

Tapi terlepas dari sudut-sudut kuno dan angker serta cerita sejarahnya, benteng ini cukup jadi hiburan para petualang yang ingin mencari latarbelakang foto dengan tema klasik dan jadul.

Legenda Ambarawa: Rawa Pening yang Tidak Pernah Kering

Sudah Rencana Mudik? Berikut 3 Spot Seru di Ambarawa Jawa Tengah!

Sudah Rencana Mudik? Berikut 3 Spot Seru di Ambarawa Jawa Tengah! credit: indonesia-tourism.com

Kalau menurut lo Ambarawa tidak punya spot petualangan alam yang indah, lo salah besar, bro. Mungkin bisa jadi itu tandanya eksplorasi lo kurang jauh dan kurang luas. Ambarawa punya sebuah danau alam yang ceritanya juga melegenda.

Legenda Rawa Pening. Siapa yang tidak tahu cerita legenda yang melekat di danau alam yang mempunyai luas mencapai 2.670 hektar ini. Rawa Pening sendiri terletak di cekungan terendah dari tiga gunung sekaligus, yaitu Merbabu, Telomoyo, dan Ungaran.

Rawa Pening mempunyai hulu yang menjadi sungai bernama Sungai Tuntang ang mengalir ke Kota Demak. Air di danau alam yang super besar itu tidaklah keruh melainkan bening dan jernih. Buat lo yang mau menyegarkan diri, membasuh muka di sana adalah hal wajib yang mesti lo lakukan, bro!

Rawa Pening juga menjadi rumah yang aman untuk berbagai biota air tawar. Mulai dari berbagai jenis ikan, udang, serta tumbuhan air tawar, semuanya hidup dengan harmonis di sana. Nah, buat lo yang sudah sampai di sana, lo bisa sewa perahu nelayan setempat untuk eksplorasi danau tersebut!

Nah, berkaitan dengan kedatangan lo di sana, ada satu momen yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja jika sudah berada di Rawa Pening. Momen tersebut adalah matahari terbenam atau sunset. Warna langit yan menjingga dan suasana tenang akan menghiasi senja lo di sini.

Tambah Pengetahuan di Museum Kereta Api Ambarawa

Sudah Rencana Mudik? Berikut 3 Spot Seru di Ambarawa Jawa Tengah!

Sudah Rencana Mudik? Berikut 3 Spot Seru di Ambarawa Jawa Tengah! credit: sportourism.id

Setelah puas melihat suasana alam yang luar biasa indah di Ambarawa, saatnya kembali ke tengah kota untuk menemukan spot petualangan selanjutnya, bro. Destinasi yang satu ini menjadi bagian terpenting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia, lho.

Ya, Museum Kereta Api Ambarawa, adala spot petualangan yang akan dibahas nih. Koleksi kereta di museum ini lengkap, lho. Bayangkan, mulai dari kereta dengan rangkaian gerbong yang terbuat dari kayu tua, dan bahkan berbagai bentuk lokomotif uap!

Nah, uniknya di sini juga lo bisa langsung menikmati keindahan alam sekitar dengan menaiki kereta dengan tur jangka kecil, nih! Dari stasiun Ambarawa-Bendono, lo bisa naik kereta uap dan menikmati hamparan pemandangan alam yang luar biasa!

Wah bagaimana nih bro? Mengagumkan bukan kota kecil bernama Ambarawa di dekat Semarang ini? Ingat ya, kalau mudik dan sekiranya melewati kota ini, jangan lupa mampir dulu!

Oh iya, jika dari lo mengetahui hal-hal lain terkait spot petualangan di Ambarawa yang belum disebutkan di atas, sila tambahkan info tersebut di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Source – pegipegi.com

Feature Image – histori.id

Beginner danau solo traveling solo backpacker

14 COMMENTS

SHARE
Recomended nihh
Sayang ..... Gagal mudik
sejarah kota ambarawa
Kaga ada waktu gas poool
Ambarawa nih
Uuuhh siap infonya
Recomede untuk informasi dari superadvantureid
thanks for info min
Inget di kampung..
Sayang musiknya ngga SMP ksana