[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula!

Baru mulai mau menerbangkan drone? Eits, tenang dulu, pastikan lo tahu beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemula saat mau menerbangkan drone. Sila simak bahasan kali ini!

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula!

Drone sekarang ini sudah jadi peralatan wajib untuk merekam segala momen seru lo saat traveling. Tentu, hal ini berkaitan dengan keuntungan yang dimiliki oleh drone, yaitu sudut pandang yang lebih luas dan lebih jelas.

Dengan begitu, tentu segala momen seru yang akan lo rekam, bisa terlihat dan kerekam semua. Jadi lo tidak akan terbatasi dengan sudut pengambilan gambar yang lebih sempit jika menggunakan kamera biasa atau gopro.

Namun, menggunakan drone sendiri butuh beberapa keahlian, lho. Keahlian tersebut akan didapatkan seiring lo semakin sering menerbangkan drone tersebut. Tapi, ada yang mesti lo ingat dan catat baik-baik nih soal menerbangkan drone.

Setidaknya ada tujuh kesalahan sederhana yang akan dilakukan oleh para pemula yang berusaha menerbangkan drone. Nah, jika lo pemula juga, pastikan lo mengetahui kesalahan-kesalahan ini bro! Dengan mengetahui kesalahannya, lo bisa meminimalisir segala resiko yang ada.

Sudah penasaran apa saja kira-kira kesalahan yang suka dilakukan oleh para pemula saat menerbangkan drone? Sila simak bahasan kali ini ya!

Baru Belajar, Pakai Drone yang Mahal

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula!

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula! credit: rchobbyreview.com

Memang tidak ada yang melarang menggunakan drone mahal sekalipun. Namun, karena lo baru saja akan menggeluti hobi ini, pastikan saja pakai drone yang biasa saja. Jika lo langsung memakai DJI Phantom 4, rasanya tidak begitu bijak, bro.

Gunakanlah drone kecil atau yang biasa saja karena jika saat belajar menerbangkannya dan drone tersebut jatuh. Lo masih tidak terlalu sayang dengan hal tersebut. Minimal ada kejadian jatuh atau menabrak sesuatu saat lo masih belajar menerbangkannya.

Pastkan Seluruh Perangkat Drone Terpasang Kuat

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula!

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula! credit: mydronelab.com

Meski terbaca sepele, tapi lo mesti selalu cek dan memeriksa dengan detil kalau seluruh perangkat drone lo sudah terpasang dengan kuat. Tidak sedikit lho kasus di mana perangkat tidak terpasang dengan kuat, akhirnya copot atau terlepas pada saat berada di ketinggian.

Selain itu, pastikan lo melakukan pemeriksaan yang detil dan teliti di baling-baling dronenya. Minimal, tiap 50 kali penerbangan, baling-balingnya diganti. Ini berlaku kelipatannya. Hal ini terkait dengan kekuatan si baling-baling yang jangan sampai tetiba tidak fungsi saat ingin digunakan.

Memantau Baterai Saat Menerbangkan

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula!

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula! credit: storyblocks.com

Sudah pasti lo mesti memerhatikan daya baterai yang ada di drone tersebut. Saat menerbangkan, pastikan lo sudah mengetahui kalau daya baterai drone tersebut penuh. Nah, saat dalam penerbangan, juga mesti terus lo perhatikan daya baterainya.

Tidak lucu jika lo keasyikan menerbangkan dronenya tanpa memerhatikan daya baterainya juga. Kalau tetiba baterai habis saat drone masih berada di ketinggian, tidak ayal drone akan jatuh dan hancur berkeping-keping. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, pantau terus daya baterainya.

Tidak Terlalu Tinggi dan Terlalu Jauh

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula!

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula! credit: dronesglobe.com

Jika ini adalah awal mula lo belajar menerbangkan drone, yang dipastikan adalah lo tidak menerbangkannya terlalu tinggi dan terlalu jauh dahulu. Memang sih, untuk mendapatkan gambar atau rekaman video yang bagus, kadang drone mesti terbang tinggi dan jauh.

Tapi karena kondisinya lo masih baru dalam menerbangkannya, pastikan lo tidak terlalu jauh dulu menerbangkannya. Apalagi kalau lo belum tahu ada rintangan apa saja yang ada di area tersebut. Gerombolan burung, bentangan kabel listrik, adalah contoh rintangan yang ada saat ingin menerbangkan drone.

Tidak di Dalam Ruangan Juga, Ya!

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula!

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula! credit: wired.com

Walau disarankan untuk tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu jauh dalam pertama kali menerbangkan drone, tidak berarti lo akan menerbangkannya di dalam ruangan ya, karena jelas hal itu cukup berbahaya!

Jika memaksa menerbangkan drone di dalam ruangan, jelas yang pasti sinyal GPS di drone akan kekurangan daya sehingga drone bisa jadi error atau kehilangan kendali. Perlu ketrampilan menstabilkan drone yang tengah terbang tinggi, lho.

Drone Bukan Motor yang Punya Sistem ABS

Perlu lo ketahui juga nih bro kalau drone adalah kamera yang diterbangkan, bukan kendaraan roda dua yang punya sistem pengereman ABS. Banyak kasus drone yang menabrak benda di depannya walau sudah direm.

Benar sudah direm, tapi tidak mendadak juga, bro karena sistem pengereman drone bukan ABS di motor yang bisa digunakan saat keadaan mendadak. Oleh karena itu, jangan mengebut sekali setelah memotret atau merekam spot petualangan yang tengah lo kunjungi. Rem perlahan jika ingin berhenti.

Terbang Mundur Bikin Keki!

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula!

[PERHATIAN!] 7 Kesalahan Saat Menerbangkan Drone oleh Para Pemula! credit: time.com

Oh iya, kadang para pemula tidak begitu memerhatikan lho kalau drone juga bisa diterbangkan mundur. Biasanya, drone akan terbang mundur jika lo terpaku oleh remot kontrolnya. Tentu hal ini membuat kemungkinan untuk tertabrak jadi lebih besar.

Oleh karena itu, pastikan lo menerbangkan drone di area terbuka yang tidak banyak benda tingginya terlebih dahulu untuk belajar. Kalau sudah bisa, di tengah hutan atau di pinggir jurang pun tidak masalah.

Nah bagaimana nih bro? Sudah paham apa saja kesalahan yang sering dilakukan para pemula saat menerbangkan drone? Karena lo sudah tahu, jangan dilakukan ya bro!

 

Source – plazakamera.com

Feature Image – theverge.com

Beginner solo traveling solo backpacker

14 COMMENTS

SHARE
Good advice
cara bijak
wah thanks info nya pas banget mau rencana beli Drone
Pengen beli tapi takut
Good morning, infonya
pengalaman pernah nabrak wkwk
Informasi yang bermanfaat
Semoga berguna
Makasih bro info nya
Nice tips...