5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate!

Berkunjung ke Pulau Ternate jangan lupa untuk melihat keindahan dari Gunung Gamalama yaa, sebab gunung ini menyimpan banyak fakta yang menerik loh. Enggak percaya? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate!

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki titik gunung berapi paling banyak, bahkan sebagian besarnya masih merupakan gunung yang aktif. Nah, gunung berapi yang menarik perhatian banyak orang ialah Gunung Gamalama. Dari bentuk hingga keindahan alam yang ada di sekitarnya pun mampu menjadi magnet bagi para pecinta alam di seluruh penjuru Negeri ini.

Gunung Gamalama sendiri merupakan gunung berapi yang terletak di kawasan Pulau Ternate, Maluku Utara. Bahkan pada bulan Oktober tahun 2018, gunung ini pun meletus dengan efek yang cukup masif. Erupsi diawali dengan keluarnya asap putih kelabu setinggi 2.500 meter dari puncak.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1.725 meter di atas permukaan laut ini juga memiliki beberapa fakta menarik yang perlu untuk lo ketahui. Nah, daripada lo semakinp penasaran informasi seputar gunung ini, langsung saja simak beberapa fakta-fakta menarik seputar Gunung Gamalama di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi lo yaa. Namun ketika lo ingin berkunjung ke sana, harap untuk selalu mawas atas kondisi dari sang gunung yaa.

Fakta Menarik Seputar Gunung Gamalama – Jenis Gunung

5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate!

5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate! Credit: indonesiakaya.com/

Perlu untuk lo ketahui kalau Gunung Gamalama masuk ke dalam jenis Stratovolcano. Gunung berapi komposit ini sendiri terdiri dari abu vulkanis serta lava yang mengeras. Gunung dengan jenis ini merupakan tipe yang paling dominan di Indonesia lantaran letaknya yang berada di dalam Cincin Api Pasifik.

Kondisi seperti ini pun menimbulkan tumpukan berupa titik-titk panas di kedalaman 200 – 250 km yang apabila naik akan membentuk differensiasi magma dan menyebabkan terbentuknya jenis gunung ini. Selain dari jenisnya, ternyata Gunung Gamalama juga memiliki kondisi sekitar yang tak kalah indahnya.

Hamparan hijau nan indah dan asri pun bisa lo lihat apabila berkunjung ke sana. Banyaknya pohon-pohon dengan ukuran besar pun menjadi daya tarik lainnya yang perlu untuk lo ketahui. Vegetasi yang tumbuh di kawasannya pun juga tak kalah menariknya loh.

Fakta Menarik Seputar Gunung Gamalama – Jenis Vegetasi

5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate!

5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate! Credit: gunungbagging.com

Yaap, vegetasi yang ada di kawasan Gunung Gamalama ini juga memiliki keasriannya yang mampu menarik banyak perhatian, apalagi buat lo para pecinta alam. Gunung kebanggaan masyarakat Ternate ini ditutupi Hutan Montane yang tumbuh di ketinggian 1.200 – 1.500 meter di atas permukaan laut.

Kalau lo yang belum Montane itu apa, itu merupakan istilah biogeografi yang merujuk kepada dataran tinggi di bawah jalur pohon. Kawasan ini pun memiliki suhu udara yang dingin dan biasanya memiliki curah hujan yang lebih banyak ketimbang dataran rendah.

Selain dari Hutan Montane, Gunung Gamalama juga ditumbuhi Hutan Ericaceous pada ketinggian di atas 1.500 meter di atas permukaan laut. Kawasan hutan ini terdiri dari tumbuhan berukuran kecil, bengkok dan rendah seperti semak belukar, paku-pakuan, pakis dan lumut.

Fakta Menarik Seputar Gunung Gamalama – Jumlah Erupsi

5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate!

5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate! Credit: wartawisata.id

Gunung yang masih aktif ini selain memiliki ketinggian 1.715 meter di atas permukaan ini telah meletus lebih dari 60 kali setelah letusan pertamanya yang tercatat pada tahun 1538. Bisa dikatakan pula ini merupakan gunung berapi yang cukup sibuk.

Letusan terbesar dari gunung ini pun pertama kali terjadi pada tahun 1775. Bahkan pada tanggal 5-7 September 1775 silam terbentuk sebuah maar di sekitar Desa Soela Takomi. Terbentuknya lobangnya pun didahului dengan gempa bumi tektonik berskala cukup besar kemudian diikuti letusan freatik yang dhsyat pada tanggal 5 September di tahun yang sama.

Letusan di tahun 1775 pun mampu melenyapkan Desa Soela Takomi beserta dengan 141 orang penduduknya. Setelah sudah lama vakum, gunung ini pun meletus kembali pada tahun 2003, letusannya pun menyemburkan abu vulkanik dan menutupi langit Ternate. Walaupun tidak menimbulkan korban jiwa, namun letusan ini membuat masyarakat harus mengungsi ke Pulau Tidore dan menyebabkan Bandara Sultan Babullah tutup.

Pada tanggal 5 Desember 2011 pun terjadi sebuah letusan kembali di Gunung Gamalama yang membuat ribuan warga mengungsi karena semburan abu dan partikel debu setinggi 2.000 meter. Lalu, sebelum letusan pada tahun 2018, gunung ini pun juga pernah meletus pada tahun 2012 tepat di tanggal 16 September dan membuat statusnya naik dari waspada level 2 menjadi siaga level 3.

Fakta Menarik Seputar Gunung Gamalama - Arti Dibalik Nama Gamalama

5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate!

5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate! Credit: travelingyuk.com

Selain dari keindahan serta bencana yang diakibatkan oleh gunung ini, ternyata penamaan dari gunung ini pun bukan hanya sekedar nama. Sebab nama gunung ini pun diambil dari kata Kie Gam Lamo yang berarti negeri yang besar.

Gunung Gamalama sendiri juga merupakan simbol kebesaran bangsa yang mendiami Pulau Ternate. Nah, ketika lo berkunjung ke sana terdapat sebuah danau indah yang bernama Tolire. Danau itu pun terbentuk karena letusan pada tahun 1775.

Bahkan danau tersebut pun terbagi atas dua bagian, yaitu Tolire Besar dan Tolire Kecil. Keindahan danau vulkanik ini pun mampu menarik banyak wisatawan dan juga menjadi spot wisata favorit bagi warga sekitar gunung ini, sehingga jangan lupa untuk menhampirinya yaa ketika bermain-main ke Gunung Gamalama.

Fakta Menarik Seputar Gunung Gamalama – Tradisi

5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate!

5 Fakta Seputar Gunung Gamalama yang Masih Aktif dan Garang di Pulau Ternate! Credit: halmaheranews.wordpress.com/

Aktivitas vulkanik yang sering terjadi di kawasan Gunung Gamalama ternyata berpengaruh terhadap kebudayaan dan tradisi masyarakat setempat. Salah satu tradisinya ialah Kololi Kie yang digelar setiap April dan ditampilkan dalam Festival Legu Gam.

Tradisi unik ini merupakan ritual mengitari Gunung Gamalama sembari mengunjungi sejumlah tempat dan makam keramat. Ritual turun menurun ini pun bertujuan untuk meminta perlindungan kepada Tuhan agar Gunung Gamalama tidak menunjukkan amarahnya lagi.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gunung Gamalama di atas? Semoga bisa menjadi salah satu informasi yang berguna dan bisa menjadi acuan agar lo bersemangat untuk datang ke sana. Selalu utamakan kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang lo kunjungi yaa.

Source: tribunnews.com

 

 

 

Featured Image: beritagar.id/
Wilderness Beginner hiking solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Nice info
Ngeri brow
Informasi yg bermanfaat
Lumayan aktif gunungnya
Cukup menarik..
Info yg bermanfaat
Indonesia keren tpi alam semesta akan selalu menjadi murka bila waktunya ,thanks infonya
amazing...!
Nice info