MAY 17, 2019

5 Fakta Menarik Dibalik Kemegahan Istana Maimun di Kota Medan!

Kebudayaan memang sudah menjadi hal yang selalu melekat di Indonesia. Istana Maimun sendiri merupakan salah satu buktinya. Nah, penasaran enggak sih lo sama fakta-fakta menarik yang ada di istana ini? Penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Selain menjadi ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara, ternyata Kota Medan juga memiliki beragam spot wisata yang indah dan menarik loh. Dan bukan hanya semata-mata wisata alamnya saja, namun kebudayaan serta sejarah dari kota ini pun juga bisa menjadi daya tarik utamanya. Buat lo yang ingin melihat sisi lain dari kota ini, coba deh untuk berkunjung ke Istana Maimun.

Istana Maimun ialah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon di Kota Medan. Istana ini tepat terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecataman Medan Maimun. Unknya lagi, istana ini didesain oleh arsitek asal Italia dan dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid.

Nah, apa saja sih yang menjadi keindahan serta daya tarik yang perlu untuk lo ketahui sebelum berangkat ke sana? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yang akan membahas mengenai fakta-fakta menarik seputar Istana Maimun. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

Fakta Seputar Istana Maimun – Bukit Kemegahan Kesultanan Deli

5 Fakta Menarik Dibalik Kemegahan Istana Maimun di Kota Medan!

5 Fakta Menarik Dibalik Kemegahan Istana Maimun di Kota Medan! Credit: suarajatim.co.id

Fakta pertama yang perlu untuk lo ketahui mengenai Istana Maimun ialah kalau bangunan nan indah ini merupakan bukti kemegahan Kesultanan Deli. Bahkan di dalam dalam istana ini masih terdapat peninggalan Kesultanan Deli yang masih ada hingga hari, usia dari barang-barang tersebut pun sudah ratusan tahun.

Pembangunan Istana ini pun dimulau pada tanggal 26 Agustus 1888 dan selesai pada tanggal 18 Mei 1891. Bangunan yang sekarang menjadi pusat pemerintahan Kota Medan ini memang memiliki insfrastruktur yang cuku unik loh.

Keunikannya tersebutlah yang menjadikannya salah satu tempat atau spot wisata favorit yang ada di Kota Medan. Bahkan eksistensinya pun bukan hanya terdengat di dalam negeri, namun banyak pula pelancong dari luar negeri yang penasaran mengenai keindahan dari Istana Maimun.

Fakta Seputar Istana Maimun – Nama yang Unik

5 Fakta Menarik Dibalik Kemegahan Istana Maimun di Kota Medan!

5 Fakta Menarik Dibalik Kemegahan Istana Maimun di Kota Medan! Credit: /liburan-aja.com/

Keunikan dari istana ini pun sudah terlihat dari namanya, karena dari nama ini banyak orang yang bertanya-bertanya dan tidak dipungkiri juga menjadi salah satu daya tariknya loh. Banyak pula orang yang mendengar pertama kali mengenai nama dari istana ini langsung berpikir akan keunikannya.

Nah, namanya pun juga memilikki arti, bahkan terdapat dua versi. Versi pertama mengatakan kalau nama Maimun diberikan Sultan Makmun atas penghargaan kepada istrinya yang bernama Maimunah. Berarti bisa dilihat bukan kalau istana ini memang terbentuk atas bentuk kasih sayang.

Untuk versi keduanya mengatakan bahwa Maimun diambil dan disematkan oleh Sultan Makmun dari bahasa Arab yaitu dari kata “Maimundah” yang memiliki arti berkah atau rahmat. Dari kedua versi tersebut tentunya memiliki kesan yang sangat posotif bukan?

Fakta Seputar Istana Maimun – Arsitekturnya yang Unik

5 Fakta Menarik Dibalik Kemegahan Istana Maimun di Kota Medan!

5 Fakta Menarik Dibalik Kemegahan Istana Maimun di Kota Medan! Credit: iklantravel.com

Memasuki ke dalam kawasan istana ini lo langsung akan dijamu dengan keindahan arsitekturnya yang unik serta indah. Bahkan banyak orang yang terkagum-kagum atas keindahannya. Ruangan di dalam istana ini pun didominasi dengan warna kuning keemasan.

Perlu untuk lo ketahui pula kalau arsitektur dari istana ini pun dipengaruhi oleh kebudayaan yang berbega-beda, hal tersebut pun bisa terlihat dari ornament lampu, kursi, meja, lemari serta bentuk pintu dan jendelanya yang lebar.

Yapp, bentuk dari pintu dan jendelanya yang lebar itu termasuk ciri khas dari kebudayaan Timur Tengah. Selain itu atap yang melengkung seperti perahu terbalik juga menjadi salah satu ciri khas dari istana ini, sedangkan warna kuningnya pun menguatkan unsur melayu pada istana ini.

Fakta-Fakta Seputar Istana Maimun – Terdapat 3 Budaya yang Mempengaruhinya

5 Fakta Menarik Dibalik Kemegahan Istana Maimun di Kota Medan!

5 Fakta Menarik Dibalik Kemegahan Istana Maimun di Kota Medan! Credit: .bocahudik.com

Fakta berikutnya yang perlu untuk lo ketahui seputar Istana Maimun ini ialah dari kebudayaannya yang mampu membuat gedung indah ini menjadi ikonik di Kota Medan.

Istana Maimun sendiri dibangun oleh arsitek dari Italia bernama The Van Erp. Ia pun sengaja merancang Istana Maimun ini dengan konsep perpaduan gaya arsitektur tradisional melayu, arsitektur Islam atau Timur Tengah serta Eropa.

Luas wilayah dari Istana Maimun ini sendiri juga cukup luas yaitu sekitar 2.227 meter2 dan memiliki 30 ruangan yang terdiri dari 2 lantai dan 3 bagiannya. Yaitu bagian induk, bagian sayap kanan dan bagian sayap kiri. Tak heran apabila kemegahannya pun patut untuk diapresiasi ketika lo berkunjung ke sana bro.

Fakta-Fakta Seputar Istana Maimun – Meriam Bersejarah

5 Fakta Menarik Dibalik Kemegahan Istana Maimun di Kota Medan!

5 Fakta Menarik Dibalik Kemegahan Istana Maimun di Kota Medan! Credit: busy.org

Bukan hanya semata-mata kemegahannya saja yang bisa lo dapatkan ketika berkunjung ke Istana Maimun, namun ada hal lainnya yang juga menjadi daya tariknya, yaitu benda-benda bersejarah. Yaap, ketika lo berada di sana, terdapat benda-benda unik loh.

Benda yang paling menarik perhatian ialah Meriam Buntung atau biasa juga disebut Meriam Puntung oleh warga Medan. Menurut legenda, meriam ini memiliki kisah yang mana senjata ini merupakan jelmaan dari adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua bernama Mambang Khayali.

Konon katanya, ia berubah menjadi meriam dalam mempertahankan istana dari serbuan Raja Aceh yang ditolak pinangannya oleh Putri Hijau. Namun beredar cerita lain seputar meriam ini di masyarakat. Apapun ceritanya, menjaga kelestariannya merupakan hal prioritas yaa.

**

Jadi bagaimana dengan informasi seputar Istana Maimun di atas bro? Tentunya istana yang sangat ini sangat layak untuk bisa lo kunjungi di petualangan lo berikutnya. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan yang ada di Indonesia!

Source: idntimes.com

 

 

 

Featured Image: marketeers.com

 


Please login to comment
18 COMMENTS
Rifa Sanjaya
May 17, 2019 at 2:20 PM

Sejarah masa jaya Melayu deli


SITI ANISAH, SPD
May 17, 2019 at 3:08 PM

Indah dan megah


Ardiansyah Z
May 17, 2019 at 6:01 PM

Sudah lama tdk liat aktivitas penarinya


Partomuan
May 17, 2019 at 6:46 PM

Legenda lama


Rizky AM
May 17, 2019 at 9:20 PM

Budaya indonesia nya super


Tyas kubana vitaloka
May 17, 2019 at 10:28 PM

Jangan melupakan sejarah


Rico Marselino
May 18, 2019 at 1:17 AM

WAHH KEREN JUGA TERNYATA MEDAN!


Rico Marselino
May 18, 2019 at 1:17 AM

WAHH KEREN JUGA TERNYATA MEDAN!


Fajar Satritama
May 18, 2019 at 1:47 AM

Traveling ku belum ada apa apanyaaaaa


Nadif Ahmad Hasan
May 18, 2019 at 7:25 AM

Medan oh Medan


Kristian Mustafa
May 18, 2019 at 8:15 AM

Bangunan nya Unik.


Amir Mahfudzi
May 18, 2019 at 10:12 AM

Megah dan keren istananya


Hari Tristiyanto
May 19, 2019 at 1:30 PM

Bikin penasaran


Agung nugroho
May 20, 2019 at 7:48 AM

Bagus bangunannya


Zul Asfi Rusman
May 24, 2019 at 7:34 AM

Sejarahnya


Wafiroel N
June 11, 2019 at 8:43 AM

indonesia kaya ey


Isrinatul Malikhah
June 16, 2019 at 5:42 AM

Bagus banget


Muhammad arifudin
June 16, 2019 at 5:43 AM

Bagus bagus