MAY 17, 2019

Ini Merupakan 4 Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman yang Ada di Kota Medan!

Berkunjung ke Kota Medan, jangan lupa untuk berkunjung ke Kuil Shri Mariamman dan lihat sendiri keindahannya. Enggak percaya? Simak saja beberapa daya tariknya di bawah ini!


Banyak yang bilang juga kalau Kota Medan merupakan kota yang memiliki beragam kebudayaan serta suku, hal itu pun terbukti dari adanya Kuil Shri Mariamman di tengah-tengah kota ini. Yaap, kuil ini merupakan tempat beribadah bagi para umat Hindu. Selain itu, kuil ini pun memiliki daya tarik lainnya yang perlu untuk lo ketahui dan kuil unik ini juga merupakan tempat wisata yang patut untuk lo kunjungi.

Kuil yang dibangun pada tahun 1881 ini merupakan tempat beribadah untuk memuja dewi Mariamman. Lokasinya pun tepat terletak di kawasan Kampung Madras. Selain itu, Kuil Mariamman juga merupakan kuil yang menstanakan lima dewa yaitu Dewa Shri Vinayagar, Shri Murugam dan Dewi Shri Mariamman.

Perlu untuk lo ketahui pula, Kuil Shri Mariamman sendiri merupakan kuil tertua yang ada di Kota Medan. Konon katanya kuil ini dibangun oleh seoran pemuda Tamil yang bernama Gurdhuara Sahib yang merupakan seorang pekerja di perusahaan perkebunan yang terdapar di kawasan Sumatera Utara.

Nah, apa saja sih yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan mengenai kuil ini. Untuk itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa fakta menarik seputar Kuil Shri Mariamman yang perlu untuk lo ketahui. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa.

Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman - Asal Usul Nama Kuil Shri Mariamman

Ini Merupakan 4 Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman yang Ada di Kota Medan!

Ini Merupakan 4 Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman yang Ada di Kota Medan! Credit: youtube.com

Nama dari kuil ini pun bukan tanpa sebab dan tentunya memiliki sebuah arti yang sangat berarti bagi para masyarakat sekitar. Kuil Shri Mariamman sendiri diambil dari nama seorang Dewi Mariamman. Menurut kepercayaan Hindu, Dewi Mariamman merupakan dewi yang dipercayai mempunyai kekuatan yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Bahkan juga bisa menghilangkan wabah penyakit berupa penyakit ringan maupun berat dan juga bisa menurunkan hujan ketika mengalami musim kemarau yang tandus. Bahkan Dewi ini pun juga banyak dipuja di beberapa wilayah di India Selatan.

Nah, kuil ini juga digunakan untuk memuja Dewa-Dewa Hindu lainnya seperti Dewa Wisnu, Dewa Ganesha, Dewa Siwa, Dewa Durga dan Dewa-Dewa lainnya. Hingga hari ini kuil ini pun masih digunakan setiap harinya oleh masyarakat yang beragama Hindu.

Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman - Tempat Wisata Bersejarah

Ini Merupakan 4 Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman yang Ada di Kota Medan!

Ini Merupakan 4 Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman yang Ada di Kota Medan! Credit: travellink-indonesia.com

Selain berfungsi sebagai tempat beribadah, ternyata Kuil Shri Mariamman ini juga merupakan tempat wisata bersejarah di Kota Medan. Perlu untuk lo ketahui pula kalau kuil ini dibuka pada jam-jam tertenu, yaitu pada pagi hari jam 06.00 – 12.00 dan sore jam 16.00 – 20.00.

Untuk masuk ke dalam kawasan kuil ini pun tidak akan diberikan pungutan biaya masuk alias gratis. Namun ada satu hal yang harus lo pegang teguh ketika masuk ke dalam kawasan kuil ini, yaitu selalu menaati peraturan yang ada.

Yaap, sebagai wisatawan yang datang, tentunya merupakan sebuah kewajiban untuk selalu menghormati adab dan peraturan yang memang sudah ada di dalam kuil ini. Hal tersebut pun merupakan bentuk penghormatan lo terhadap Kuil Shri Mariamman.

Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman - Bentuk Arsitektur yang Unik

Ini Merupakan 4 Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman yang Ada di Kota Medan!

Ini Merupakan 4 Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman yang Ada di Kota Medan! Credit: skyscrapercity.com

Daya tarik lainnya yang perlu untuk lo ketahui seputar Kuil Shri Mariamman ini ialah dari bentuk serta arsitekturnya yang sangat unik dank has. Bahkan hal ini pun yang menjadi salah satu daya tariknya, banyak dari para wisatawan yang terpukau atas keindahan dari arsitekturnya.

Bahkan kuil ini pun memiliki menara yang ada di atasnya. Belum lagi dengan warna kuil yang sangat beragam serta mampu menyita banyak perhatian. Mengapa? Karena kuil ini didominasi dengan warna keemasan. Warnanya pun berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

Bilamana dilihat dari besarnya, memang kuil ini tidak begitu besar, namun suasana di dalamnya cukup tenang. Pada gerbang gapura terdapat 2 buah patung gajah yang mengapitnya. Perlu untuk lo ketahui pula kalau gajah merupakan hewan suci dan dikermatkan oleh umat Hindu.

Selain itu, di dalam bangunan utama kuil juga terdapat banyak patung-patung yang biasa digunakan oleh umat Hindu untuk memuja. Patung yang terdapat di dalam bangunan utamanya antara lain patung Dewa Wisnu, Dewa Syiwa, Dewa Brahma dan lain-lainnya.

Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman - Patung-Patung Dewa yang Menghiasi

Ini Merupakan 4 Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman yang Ada di Kota Medan!

Ini Merupakan 4 Daya Tarik dari Kuil Shri Mariamman yang Ada di Kota Medan! Credit: youtube.com

Patung-patung Dewa memang menjadi salah satu daya tariknya ketika lo berkunjung ke kuil ini. Bahkan, sebagian besar di kuil ini pun dipenuhi dengan patung-patung Dewa serta lukisan bunga yang berwarna-warni.

Bukan hanya itu saja, namun juga terdapat banyak ornamen-ornamen yang kental dengan budaya India. Sehingga kuil ini memang merupakan kawasan wisata yang tepat untuk lo kunjungi. Sebab, lo bisa melihat kebudayaan-kebudayaan unik yang belum lo lihat sebelumnya.

Kuil ini juga menjadi bukti kalau Indonesia memang memiliki beragam budaya yang unik serta bukan hanya itu-itu saja. Tak heran pula apabila banyak dari wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang ingin sekali untuk berkunjung ke kuil ini.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Kuil Shri Mariamman di atas? Semoga bisa menjadi salah satu informasi yang berguna serta menjadi panduan lo ketika berkunung ke Kota Medan yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari kuil ini yaa.

Karena akan sangat disayangkan sekali apabila keindahan dari kuil ini bisa perlahan-lahan hilang karena kelestariannya yang tidak dijaga. Bukan hanya para pengelola yang bertanggung jawab, namun dari para wisatawan ataupun pelancong yang datang yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti untuk mengeksplorasi keindahan serta beragam budaya yang ada di Indonesia. Have a nice day!

Source: medanwisata.com

 

 

 

Featured Image: justgola.com/

Please login to comment
21 COMMENTS
Rifa Sanjaya
May 17, 2019 at 2:09 PM

Perkampungan warga keturunan india


SITI ANISAH, SPD
May 17, 2019 at 2:38 PM

Terselip diantara riuhnya kota medan


Rizky AM
May 17, 2019 at 9:19 PM

Ayo ke medan


Johan Eko Prayogo
May 17, 2019 at 9:34 PM

wow sabii


Tyas kubana vitaloka
May 17, 2019 at 10:27 PM

Medan aseek juga oii


Rico Marselino
May 18, 2019 at 1:17 AM

wahh keren juga ternyata Medan!


Fajar Satritama
May 18, 2019 at 1:46 AM

Medaaaan keren


Nadif Ahmad Hasan
May 18, 2019 at 7:24 AM

Medan oh Medan


Kristian Mustafa
May 18, 2019 at 8:09 AM

Serasa seperti di India ketika sudah di dalam kuil.


Amir Mahfudzi
May 18, 2019 at 10:09 AM

Bisa jadi referensi saat ke medan


Johan Eko Prayogo
May 18, 2019 at 10:54 AM

woww asik


Hari Tristiyanto
May 18, 2019 at 12:42 PM

Artukel yg vbagus


Rizky AM
May 18, 2019 at 6:03 PM

Arsitekture nya super


Fajar Aditya
May 18, 2019 at 8:23 PM

Arsitektur nya sangar nih


Alaq Madygar
May 18, 2019 at 10:21 PM

bagus tempatnya buat ngadem cocok nih sambil berswafoto keren


Ardiansyah Z
May 19, 2019 at 8:08 PM

Kampung keleng/madras


Rizky AM
May 19, 2019 at 8:34 PM

Medan istimewah guyss


Agung nugroho
May 21, 2019 at 4:01 PM

Arsitekturnya keren


Zul Asfi Rusman
May 24, 2019 at 7:36 AM

Banyak kuil di medan


Siti Mulyati
May 24, 2019 at 1:02 PM

Ga perlu ke luar negeri kalu di dalam negeri aja masih tersimpan surga surga tersembunyi.


Muhammad arifudin
June 17, 2019 at 3:06 AM

Keren cuyyy