JUN 8, 2019

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro!

Karawang dapat menjadi destinasi liburan seru lantaran menyimpan banyak tempat wisata indah dan menarik. Apa saja destinasi wisata anti-mainstream yang dapat ditemukan pelancong di Karawang? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!


Salah satu daerah asal Jawa Barat yang menyimpan beragam objek wisata menarik adalah Karawang. Saat menyambangi Karawang, lo berkesempatan melihat destinasi wisata alam dan sejarah yang indah dan menarik. Bukan cuma itu, wisatawan juga dapat menemukan sejumlah tempat liburan anti-mainstream yang berkesan di daerah ini.

Apa saja destinasi wisata anti-mainstream yang dapat dikunjungi pelancong di Karawang? Berikut adalah 8 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

1. Candi Jiwa

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro!

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro! Photo Credit: kompasiana.com

Lo bisa mengunjungi candi ini di kompleks percandian Batujaya, Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat. Candi Jiwa direkomendasikan buat lo yang gemar mendatangi tempat wisata sejarah selama liburan. Sejumlah pihak memprediksi usia candi ini lebih tua dari Candi Borobudur di Magelang. Keren sekali ‘kan bro?

Candi warisan kebudayaan agama Buddha ini juga pas dikunjungi bersama keluarga dan teman. Saat menyambangi komplek percandian Batujaya, wisatawan tak hanya bisa puas melihat Candi Jiwa saja. Lo juga dapat menjelajahi 46 titik candi lainnya yang tersebar di berbagai sudut komplek ini. Jumlah tiitik candi ini diperkirakan akan terus meningkat lantaran pencarian situs baru masih dilakukan di sekitar sana.

2. Danau Cipule

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro!

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro! Photo Credit: purwasuka.id

Di Karawang, wisatawan juga dapat menjumpai danau bekas lahan tambang pasir bernama Danau Cipule. Lokasinya terletak di pinggir Sungai Citarum. Danau dengan cekungan seluas 90 hektar serta kedalaman 90 meter ini tercipta dari proses penambangan yang dilakukan terus menerus.

Salah satu daya tarik Danau Cipule terletak pada kehadiran pulau kecil di bagian tengahnya. Warga setempat menyebutnya dengan sebutan “Pulau Cinta”. Luas pulau tersebut kabarnya mencapai 2 kilometer.

Jika ingin mendapat pengalaman berkesan, wisatawan disarankan menjelajahi Pulau Cinta dengan menaiki transportasi perahu. Lo tidak bisa mengunjungi Pulau Cinta ketika debit air Danau Cipule sedang naik. Kala itu, Pulau Cinta tergenang air sehingga tidak bisa didatangi siapapun. Salah satu kegiatan favorit wisatawan di pulau ini adalah memancing.

3. Green Canyon

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro!

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro! Photo Credit: amazonews.com

Keindahan objek wisata alam ini sudah terkenal di kalangan pelancong maupun masyarakat. Green Canyon menyuguhkan panorama alam memukau serta suasana asri. Tak heran, banyak orang menyambangi tempat ini untuk berfoto lalu mengunggah hasilnya ke media sosial.

Green Canyon merupakan wisata alam berupa ngarai yang diapit bukit bebatuan dan pohon hijau yang rimbun. Lo bisa mendatangi situs alam ini di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Setiap pengunjung diwajibkan membayar tarif retribusi seharga Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

4. Curug Cikoleangkak

Karawang juga menyimpan sejumlah destinasi wisata air indah dan seru, salah satu contohnya adalah Curug Cikoleangkak. Wisatawan dapat menjumpai curug ini di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Jika berangkat dari pusat kota Karawang, tempat ini bisa ditempuh dalam jarak sekitar 42 kilometer.

Setibanya di sini, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah air terjun berketinggian sekitar 30 meter. Suasananya yang begitu asri juga akan membuat pikiran lo terbebas dari stres. Panorama alam alami Curug Cikoleangkak juga dipengaruhi lokasinya yang cukup tersembunyi di Karawang.

Fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan di kawasan curug ini adalah kamar mandi, kolam renang alam, jalan setapak yang mudah dilewati, dan lain-lain. Pokoknya, lo tak boleh melewatkan kesempatan berkunjung ke wisata alam cantik ini. Siap, bro?

5. Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru juga termasuk salah satu destinasi wisata seru yang patut didatangi pelancong di Karawang. Lokasinya berada di teluk semenanjung antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. Lo dapat menjumpai pantai ini di desa Pasir Jawa Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang.

Saat bertandang ke Pantai Tanjung Baru, wisatawan dapat menemukan warung makan tradisional yang menjajakan kuliner ikan bakar. Hal menarik lainnya yang bisa dijumpai wisatawan di sini adalah pasar tradisional serta panggung hiburan. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menjajal berbagai fasilitas penginapan, ruang bilas, dan penyewaan perahu.

6. Curug Cigentis

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro!

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro! Photo Credit: travelingyuk.com

Selain Curug Cikoleangkak, destinasi wisata air lainnya yang tak boleh dilewatkan pelancong di Karawang adalah Curug Cigentis. Tempat wisata ini terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru. Jarak antara pusat kota Karawang dengan Desa Mekarbuana adalah sekitar 44 kilometer.

Untuk bisa menikmati keindahan Curug Cigentis, lo harus melintasi jalan sepanjang dua kilometer terlebih dahulu. Rasa letih selama perjalanan nantinya terbayar lunas begitu lo menyaksikan panorama cantik curug ini secara langsung. Oleh sebab itu, jangan tunda waktu berlibur ke Curug Cigentis ya bro!

7. Puncak Sempur

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro!

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro! Photo Credit: Pigilagi

Puncak Sempur menyajikan pemandangan tak kalah indah dengan objek wisata lainnya di Karawang. Tempat wisata hits ini bisa lo temukan di daerah Loji, Kabupaten Karawang. Wisatawan dapat menempuh Puncak Semur dalam kurun waktu sekitar 1 jam bila berangkat dari Karawang dan melalui jalur Badami ke Pasir Loji.  

Usai tiba di pertigaan Pasar Loji, lo bakal menemukan papan petunjuk mengenai lokasi Puncak Semur. Tempat wisata ini kerapkali dimanfaatkan sebagai lokasi acara berkemah dan gathering oleh wisatawan. Lo juga dapat berswafoto sepuasnya di atas puncak. Wisatawan disarankan datang ke sini pada waktu pagi hari lantaran udara masih sejuk dan panorama terlihat lebih cantik.

8. Vihara Shian Jin Ku Poh

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro!

Melihat 8 Destinasi Wisata “Anti-Mainstream” di Karawang, Patut Didatangi Nih Bro! Photo Credit: ramahtraveler.com

Bangunan ibadah masyarakat Buddha ini juga menjadi destinasi favorit wisatawan di Karawang. Vihara Shian Jin Ku Poh kabarnya didirikan sejak abad ke-17 masehi. Ada tiga orang perantau yang membangun vihara ini, yakni Kau, Lau, dan Tsee.

Warna yang mendominasi bangunan Vihara Shian Jin Ku Po adalah merah. Bangunan ini kerapkali didatangi wisatawan beragama Buddha, baik dari dalam maupun luar Karawang. Menjelajahi keindahan vihara ini tenhtu bisa jadi aktivitas seru untuk dilakukan pada musim liburan.

Demikian 8 destinasi wisata anti-manstream yang bisa lo jumpai di Karawang, Jawa Barat. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang tengah mencari tempat liburan seru. Jangan lupa mendatangi semua objek wisata di atas ya bro!

Source: kompas.com

Feature Image - instagram.com/luthfinotabi


Please login to comment
12 COMMENTS
dephy
June 8, 2019 at 9:17 PM

Baru tau ada tempat seperti ini di karawang


Alaq Madygar
June 9, 2019 at 7:14 AM

ternyata krawang banyak destinasi wisata Alam juga


Resatya Oktafitullah SAV
June 9, 2019 at 7:25 AM

Ternyata ada kaya gini disana ya


Ahmad nur zabidin
June 9, 2019 at 9:36 AM

Kayak nya seruuu brohh


Ricko Pratama Putra
June 9, 2019 at 3:56 PM

Nice Info


Jefri Sani
June 9, 2019 at 5:19 PM

Wah banyaknya


Rico Marselino
June 9, 2019 at 6:35 PM

green canyon tuh keren bngt


Gilang Agis Saputra
June 9, 2019 at 9:37 PM

Mantap nih


Dustin Tiffani
June 9, 2019 at 11:09 PM

Khan maen


Fajar Satritama
June 10, 2019 at 12:02 AM

Eumm kirain cuma pabrik pabrik doang. Karawang nih


Wafiroel N
June 10, 2019 at 12:58 PM

menantang sekali tempatnya


Zul Asfi Rusman
June 15, 2019 at 8:23 AM

The experience