Mengenal 7 Gaya Backpacker dari Berbagai Penjuru Dunia, Manakah Tipe Lo?

Seperti apa gaya backpacker yang bakal ditemui wisatawan saat berkelana keliling dunia? Lalu, hal-hal apa saja yang dilakukan para backpacker ini selama traveling? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

Mengenal 7 Gaya Backpacker dari Berbagai Penjuru Dunia, Manakah Tipe Lo?

Setiap backpaker diketahui memiliki gaya dan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari budaya, alasan memulai perjalanan, serta ideologi yan dianut, dan lain-lain. Sebelum traveling, ada baiknya lo mengenal sejumlah gaya backpacker dari berbagai belahan dunia agar mudah beradatapsi dengan mereka selama perjalanan.

Seperti apa gaya backpacker yang bakal ditemui wisatawan saat berkelana keliling dunia? Lalu, hal-hal apa saja yang mereka lakukan selama traveling? Dikutip dari nomadicmatt.com, berikut adalah 7 tipe backpacker yang bakal lo jumpai selama liburan. Silakan dicek bro!

1. Hippie

Mengenal 7 Gaya Backpacker dari Berbagai Penjuru Dunia, Manakah Tipe Lo?

Mengenal 7 Gaya Backpacker dari Berbagai Penjuru Dunia, Manakah Tipe Lo? Photo Credit: beautysolution.website

Tipe pelancong satu ini kerap ditemukan sedang membaca buku klasik mengenai keadilan sosial saat traveling. Wisatawan hippie biasanya memiliki rambut gimbal, kalung bertumpuk yang melingkar di leher, serta aroma tubuh kurang sedap seperti tak mandi dua hari. Unik sekali, bukan?

Selain itu, wisatawan hippie juga dikenal hobi menyantap makanan lokal, memakai transportasi lokal, berbicara mengenai imperialisme udaya sembari menyaksikan film terbaru di laptop. Mereka terkadang meminta uang tambahan kepada orang lain untuk bisa datang ke destinasi berikutnya. Destinasi wisata favorit pelancong hippie umumnya beda dari kebanyakan orang serta berlokasi di India atau negara berkembang lain. Pernahkah lo bertemu tipe pelancong ini?

2. Penyuka Pesta

Atribut khas wisatawan penyuka pesta di antaranya adalah celana pendek, kacamata hitam sporty, kaus bir Lo, serta sandal jepit. Mereka dikenal mempunyai hobi mabuk setiapkali  menyambangi tempat wisata baru di sebuah negara. Wisatawan tipe ini biasanya beraktivitas di malam hari serta menjauhi wilayah “keras” dan terang.

Salah satu sifat wisatawan penyuka pesta adalah sering tertidur di kasur hingga waktu siang hari. Meski begitu, mereka biasanya menjadi orang pertama yang mendatangi bar di setiap malam. Tipe pelancong tipe kerapkali berpindah dari satu pesta ke pesta lain untuk bersenang-senang. Destinasi negara favorit mereka adalah Barcelona, Amsterdam, Praha, dan Thailand.

3. Pengingat

Mengenal 7 Gaya Backpacker dari Berbagai Penjuru Dunia, Manakah Tipe Lo?

Mengenal 7 Gaya Backpacker dari Berbagai Penjuru Dunia, Manakah Tipe Lo? Photo Credit: off-the-path.com

Wisatawan pengingat umumnya mengunjungi destinasi liburan sama yang menghabiskan waktu perjalanan cukup lama. Ketika bertemu orang lain di perjalanan, mereka biasanya bercerita secara detail tentang Pesta Bulan Purnama serta sejarah negara Laos ditemukan. Cerita yang dipaparkan seringkali meninggalkan kesan bahwa merekalah satu-satunya orang yang berlayar di Amazon atau menjelajahi Kosta Rika.

Tipe pelancong ini biasanya tak suka ditanya mengenai alasan dirinya belum pindah dari tempat yang dikunjungi. Bila berhadapan dengan pertanyaan seperti itu, wisatawan pengingat bakal mengajak lawan bicaranya untuk mengganti topik pembahasan. Karakteristik tempat liburan yang dikunjungi pelancong pengingat adalah daerah yang sama seperti waktu sebelumnya, namun dengan kondisi telah hancur.

4. Spiritualist

Tipe wisatawan ini umumnya memiliki kulit putih, berasal dari negara barat dan terkadang masih dalam usia belia. Kegiatan favorit mereka selama liburan adalah menelusuri agama dan adat istiadat di tempat yang didatangi. Wisatawan spritualist juga dikatakan hobi membaca buku tentang Kabbalah, yoga, serta agama Buddha.

Alasan utama pelancong tipe ini melakukan perjalanan wisata adalah untuk menemukan serta mengenali jati diri mereka sendiri. Mereka nampak berupaya mencari kedamaian batin serta mengenal sejumlah tantra di sejumlah destinasi wisata utama di India. Wisatawan tipe spiritualist biasanya sudah menjajal ayahuasca di Amerika Selatan dan melakukan yoga di Bali.

Contoh peralatan yang dibawa wisatawan spiritualist saat traveling adalah laptop. Melalui perangkat tersebut, mereka bisa menulis cerita pengalaman liburan untuk kemudian diunggah ke blog pribadi. Tipe pelancong ini umumnya terlihat di India, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan. Mereka sering menjumpai suku-suku pegunungan di Asia serta dukun di berbagai belahan dunia.

5. The Digital Nomad

Mengenal 7 Gaya Backpacker dari Berbagai Penjuru Dunia, Manakah Tipe Lo?

Mengenal 7 Gaya Backpacker dari Berbagai Penjuru Dunia, Manakah Tipe Lo? Photo Credit: legalnomads.com

Gaya nomadosaurus digital disebut-sebut sebagai bentuk evolusi dari pelancong flashpackousaurus. Wisatawan dengan gaya seperti ini selalu aktif memberitahu situasi perjalanan mereka kepada orang-orang sekitar. Lo bisa menemukan mereka traveling secara berkelompok dengan pelancong lain di daerah seperti Chiang Mai, Medellin, dan Bali.

Tipe pelancong ini biasanya membawa perangkat elektronik seperti kamera, iPad, laptop, kamera video, dan lain-lain. Mereka biasanya bangga untuk menunjukkan gaya hidup bebas yang dijalani. Pertanyaan yang sering diajukan wisatawan tipe ini selama liburan biasanya berkaitan dengan konektivitas Wi-Fi. Hal tersebut sesuai dengan gaya traveling mereka yang tidak bisa dipisahkan dari internet serta biaya hidup murah.

6. The Better Traveler

Tipe pelancong satu ini biasanya bakal mengajak lo berdiskusi tentang ketidaktulusan dan sifat munafik yang dimiliki pelancong lain. Bila diperhatikan secara saksama, mereka sebenarnya hanyalah turis yang tengah menjelajahi budaya setempat. Topik obrolan yang dibahas wisatawan tipe ini umumnya seputar transportasi lokal serta pengalaman pribadi mereka saat menginap di suatu desa seharian penuh.

Mereka juga sering berbicara mengenai globalisasi, kepunahan budaya lokal tertentu, serta bagaimana traveling menjadi komponen penting dalam hidup. Lo bisa menemukan tipe pelancong ini di banyak tempat penginapan di berbagai penjuru dunia. Pernahkah lo berjumpa dengan mereka saat melakukan traveling?

7. The Gap Yearer

Mengenal 7 Gaya Backpacker dari Berbagai Penjuru Dunia, Manakah Tipe Lo?

Mengenal 7 Gaya Backpacker dari Berbagai Penjuru Dunia, Manakah Tipe Lo? Photo Credit: mantripping.com

Wisatawan dengan gaya backpacking seperti ini umumnya berasal dari kalangan mahasiswa berkewanegaraan Australia atau Inggris. Mereka dikenal sering bepergian ke banyak tempat setahun sebelum atau sesudah lulus dari universitas. Tipe pelancong ini sering ditemukan di Selandia Baru, Australia, serta kawasan Asia Tenggara.

Rutinitas kegiatan mereka selama traveling adalah menyaksikan beragam jenis aktraksi utama, berpesta, tidur di asrama, dan beradaptasi dengan jalur sulit. Tipe wisatawan ini memulai perjalanan liburan untuk bersenang-senang serta mendapat pengalaman seru sebelum fokus meniti karier. Apakah lo termasuk tipe ini?

Demikian 7 gaya backpacker dari berbagai belahan dunia. Semoga informasi ini menambah wawasan lo seputar karakteristik pelancong dunia. Di antara tujuh gaya di atas, manakah yang paling menggambarkan sifat lo selama liburan?

Source: tribunnews.com

Feature Image - rei.com

Beginner solo backpacker

16 COMMENTS

SHARE
Informasinya menambah pemgetahuan
Gokil gokil wkwk
Baru tau ada gaya dlm backpacker
Menambah Pengetahuan..
Macam" pula nama dan gaya travelnya
Waihhhhhhh
Nice info
The Gap Yearer adalah Gua
kira kira termasuk yang mana ya??
aku yg mna ya