Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap!

Ingin melihat situs purbakala yang indah serta menyimpan banyak misteri? Maka kunjungilah Gunung Padang, daripada lo penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap!

Situs peninggalan kebudayaan di Indonesia memang merupakan salah satu daya tarik parwisata yang mendunia. Yang paling terkenal ialah Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah, namun apakah hanya itu saja? Tentu saja tidak bro, karena masih ada peninggalan lainnya yang patut untuk lo kunjungi. Untuk itu cobalah untuk datang ke Gunung Padang yang memiliki daya tarik unik dan tak kalah dengan situs peninggalan lainnya.

Situs Gunung Padang sendiri bukan terletak di kawasan Padang, Sumatera Barat loh bro. Melainkan terletak di Jawa Barat. Tepatnya di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Kawasan ini merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum.

Lokasinya dapat lo capai dari persimpangan Kota Kecamatan Warungkondang yang berjarak sekitar 20 kilometer. Nah, uniknya di kawasan Situs Gunung Padang ini terdapat sebuah misteri yang masih meninggalkan tanda tanya besar bagi banyak orang. Untuk itu di dalam artikel ini akan membahas mengenai misteri-misteri di balik keindahan dari situs ini.

Daripada lo semakin penasaran misteri-misteri apa saja yang terdapat di kawasan wisata ini, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa buat lo. Tenang, Situs Gunung Padang ini sendiri akan memberikan sebuah pengalaman unik yang sulit untuk lo lupakan dan tentunya akan sangat berkesan di dalam hidup lo.

Misteri di Balik Indahnya Situs Gunung Padang – Wilayah yang Sangat Luas

Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap!

Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap! Credit: travel.kompas.id

Yaap, hal pertama yang perlu untuk lo ketahui seputar Situs Gunung Padang ialah dari wilayahnya. Karena memang kawasan peninggalan iin pun banyak sekali menyimpan banyak teka-teki hingga saat ini. Mulai dari bentuknya hingga kenehan-kanehan lainnya yang masih janggal.

Kawasan yang terdapat batu-batu berbentuk balok memenuhinya ini juga menunjukkan betapa uniknya kehidupan orang pada zaman dahulu. Kembali membicarakan mengenai luasnya, konon Situs Gunung Padang ini memiliki luas 10 kalinya Candi Borobudur loh.

Bukan hanya itu saja, konon tinggi dari bangunan yang ada di Situs Gunung Padang dahulu bisa mencapai 3 kali tinggi dari Candi Borobudur. Cukup unik bukan? Ooo iyaa, luas dari situs Gunung Padang sendiri sekitar 25 hektar. Tentunya ini merupakan wilayah yang sangat-sangat luas bukan?

Misteri di Balik Indahnya Gunung Padang – Keberadaan Diakui pada Tahun 1914

Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap!

Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap! Credit: .melihatmisteri.com

Setelah sudah mengetahui luas dari situs ini, ternyata ada hal lainnya yang perlu lo ketahui yaitu dari keberadaannya yang sudah diakui sejak tahun 1914. Yaap, betul, situs purbakala ini memang sudah ditemukan sekitar 105 tahun yang lalu.

Bahkan keberadaan dari situ peninggalan ini pun sudah diakui Rappoerten van de Oudheidkundige atau Buletin Dinas Kepurbakalaan pada zaman penjajahan Belanda. Di dalam buletin tersebut menyebutkan mengenai keberadaan situs ini.

Setelah itu, sejarawan asal Belanda juga menyinggung situs bersejarah ini di tahun 1949, Hingga pada akhirnya sekitar tahun 1979 diadakan penelitian dan tindak lanjut di situs peninggalan purbakala ini. Sungguh unik bukan situs ini bro?

Misteri di Balik Indahnya Gunung Padang – Tempat Prabu Siliwangi

Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap!

Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap! Credit: jadiberita.com

Keunikan dari Situs Gunung Padang ini sendiri tidak berhenti sampai di situ saja, karena kawasan ini dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat dari Prabu Siliwangi tinggal. Ia adalah putra Mahaprabu Niskala Wastu Kancana yang lahir pada 1401 Masehi di Kawali Ciamis, yang bertugas untuk mengawali pemerintahan zaman Pakuan Pajajaran Pasundan.

Para masyarakat setempat juga percaya kalau kawasan ini merupakan istana yang dibangun hanya dalam waktu satu malam saja. Tentu ini merupakan misteri lainnya yang masih membuat orang bertanya, kok bisa yaa membuat istana dalam tempo waktu tersebut?

Namun sayangnya, hal tersebut pun tidak dapat direalisasikan oleh Prabu Siliwangi yang juga merupakan Raja Sunda pada saat itu. Tak heran apabila lo bisa melihat banyak batu-batu berbentuk balok berserakan di kawasan ini. Anehnya, batu tersebut pun sangat susah untuk dipindahkan loh, bahkan dengan alat-alat berat sekalipun.

Misteri di Balik Indahnya Gunung Padang – Tempat Pemujaan dan Bermusik

Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap!

Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap! Credit: galihsedayu.com

Menurut para peniliti yang sudah melakukan penelitian di kawasan ini, konon dahulu kala Situs Gunung Padang juga pernah dijadikan tempat untuk pemujaan dan bermusik pada Zaman Megalitikum. Tak heran apabila ketika lo berkunjung ke kawasan ini ada aura-aura yang terbilang aneh.

Kawasan Situs Gunung Padang menjadi tempat pemujaan dan tempat bermusik bagi para masyarakat yang bermukin di sana pada tempo waktu 2 ribu tahun SM. Berdasarkan hasil penelitian Rolan Mauludy dan Hokky Situngkir, ada kemungkinan pula terlibatnya musik dalam batu balk yang tersebat di kawasan situs peninggalan purbakala ini pada periode Megalitikum.

Nah, terdapat juga keunikan lainnya loh, dipercaya kalau Situs Gunung Padang ini lebih tua dari Piramida Giza yang ada di Mesir. Hal tersebut pun diperkuat dengan adanya uji data di Laboratorium Batan (Indonesia) dan Beta Analytic Miami yang menunjukkan bahwa material palesoil kedalaman 4 meter pada coring bor 1 berusia 5500 + 130 tahun yang lalu.

Misteri di Balik Indahnya Gunung Padang – Arsitektur yang Memiliki Kemampuan Teknologi Maju

Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap!

Mengenal Situs Purbakala Gunung Padang Beserta 5 Misterinya yang Belum Terungkap! Credit: ahmadpajalibinzah.com

Aneh? Memang, karena kawasan ini pun berdiri pada zaman Megalitikum namun sudah memiliki terobosan teknologi yang cukup maju, bahkan untuk zaman sekarang. Hal tersebut pun terbukti setelah membuka lahan semak pada sisi tenggara teras 5 kebawah.

Ternyata di kawasan Situs Gunung Padang ini terdapat 20 tingkat terasering punden berundak yang menujukkan budaya gotong royong dengan teknoloogi maju pada masa itu. Letaknya di tengah bukit-bukit dan adanya aliran sungai di bawah situs ini menandakan kemajuan teknologi.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Situs Gunung Padang di atas? Tentunya kawasan ini bisa menjadi bukti kalau peradaban manusia yang ada di Indonesia sendiri sudah ada sejak lama. Oleh sebab itu, jangan patahkan semangat lo untuk mengeksplorasi keunikan lainnya yang ada di Negara ini yaa!

Source: phinemo.com
 

 

 

Featured Image: tirto.id
Wilderness Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Nice info bro
Akses menuju kesana memakn berapa lama kak?
Kapan ya di eplorasi... di rapihin kyk candi borobudur
Klo bebatuannya dirapikan mungkin bisa jadi lebih bagus
Info yang bermanfaat min
Makasih min.. Tmbah pengetahuan nih
semoga tempat wisata gunung Padang akan menjadi daya tarik Wisatawan manca negara kedepanya
semoga kedepanya bisa ke urus
Kalo dirapihin pasti mantapsss
PraSejarah