MAY 21, 2019

7 Hal Menarik Mountable: Alat Canggih Untuk Menemani Para Pendaki Gunung!

Mountable adalah salah satu alat baru yang direkomendasikan untuk para petualang dan pendaki gunung nih. Alat ini bisa mengecilkan resiko berat saat tersesat di gunung, lho. Penasaran? Sila simak bahasan ini terus ya!


Ada banyak hal yang harus dimengerti oleh banyak petualang. Salah satunya adalah resiko di tiap petualangan dan perjalanannya. Semisal, untuk para petualang yang suka naik dan turun gunung, sebagai pendaki, tentu salah satu resiko terbesarnya adalah tersesat.

Sudah cukup banyak kasus pendaki gunung yang tersesat dan tidak ditemukan saat tim evakuasi bergerak. Sayang sekali jika sampai sebuah perjalanan atau petualangan sampai mesti merenggut nyawa. Namun, apa boleh buat – kadang alam bisa jadi sangat beringas.

Semakin parah jika ketersesatan para pendaki gunung juga diwarnai oleh cidera-cidera yang membuat tubuh pendaki semakin melemah. Jika salah evakuasi resiko yang besar dan menunggu korban adala kematian. Oleh karena itu, tidak main-main juga untuk membantu para pendaki yang tersesat di gunung.

Namun, sekarang ini – dengan kemajuan teknologi yang membawa efek serta dampak positif, lo sudah tidak perlu takut lagi jika tersesat di pedalaman gunung-gunung besar. Seseorang bernama Valda berhasil membuat sebuah alat yang bisa membantu dan sangat berguna untuk para petualang yang kebetulan tersesat dan tidak tahu arah kembali ke trek yang benar.

Alat yang berhasil Valda ciptakan bernama Mountable. Secara singkat, alat ini adalah sebuah sistem pemantauan, komunikasi data, dan informasi di area tanpa sinyal seluler dan tanpa internet, berbasis Internet of Things.

Eits lo sudah semakin penasaran dengan Mountable – tenang, dibahasan kali ini, setidaknya akan mengulas 7 hal menarik terkait dengan alat yang diklaim bisa membantu para petualang dan diklaim bisa menjadi solusi jika ada petualang atau pendaki yang tersesat.

Sang Pencipta Mountable!

7 Hal Menarik Mountable: Alat Canggih Untuk Menemani Para Pendaki Gunung!

7 Hal Menarik Mountable: Alat Canggih Untuk Menemani Para Pendaki Gunung! credit: id.linkedin.com

Hal pertama yang mesti lo ketahui dulu adalah sang pencipta dari alat ini, yaitu Valda. Mempunyai nama lengkap Valda Orchidea Zahwa S.T, mempunyai ide untuk menciptakan alat penyelamat untuk para pendaki gunung karena ia tahu resiko tersesat di gunung bahkan bisa meregang nyawa.

Valda bersama empat sivitas Akademika Universitas Indonesia – membuat, membangun dan mengembangkan alat ini – Mountable – untuk jadi alat yang bisa diandalkan oleh banyak orang yang suka berpergian ke pelosok-pelosok sempit.

Valda dan yang lainnya tentu mempunyai misi dan tujuan tertentu saat mencipta alat ini. Berdasarkan rilis resmi yang diterima oleh Kumparan, Valda menyatakan kalau ia memiliki visi untuk meningkatkan keamanan pada area pendakian gunung serta menjadikan gunung sebagai wisata dan olahraga yang aman bagi semua orang.

Ia menambahkan kalau Indonesia adalah negara yang memiliki sejumlah gunung berapi dengan potensi wisata yang sangat besar baik untuk para petualang lokal ataupun mancanegara.

Apa Itu Mountable?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya – kalau Mountable adalah alat yang bisa menemani pendaki gunung, tanpa takut tersesat. Hal ini dikarenakan oleh beberapa sistem yang ada di alat ini. Sebut saja, tracking tools, pemancar sinyal, website dan aplikasi.

Mountable dapat bekerja di area tanpa sinyal, lho. Hal ini dikarenakan oleh integrasi yang menggunakan pemancar sinyal berbasis Long Range. Pemancar sinyal tersebut adalah teknologi nirkabel yang memiliki cakupan luas, dengan konsumsi daya yang kecil sehingga mempunyai ketahanan baterai sampai 2 bulan.

Sistem Kerja Mountable

7 Hal Menarik Mountable: Alat Canggih Untuk Menemani Para Pendaki Gunung!

7 Hal Menarik Mountable: Alat Canggih Untuk Menemani Para Pendaki Gunung! credit: kumparan.com - Valda's Doc

Long Range atau disingkat LoRa – akan dipasang tiap radius 2 – 3 kilometer, yang dapat ditambahkan lagi jumlahnya sesuai dengan kebutuhan jarak tempuh pendakian gunung tersebut. Jika para pendaki sudah menggunakan alat Mountable ini, mereka bisa mengirimkan pesan darurat dan dipantai lokasinya melalui website.

Dari website ini nanti, semua pemberitahuan dapat dilihat pengelola gunung. Jadi, jika memang ada pendaki yang tersesat dan tidak tahu arah kembali yang benar, para pengelola bisa melihat posisinya di mana dari pemberitahuan yang ada di website tersebut, lalu bisa cepat-cepat melakukan evakuasi.

Kelebihan dan Kekurangan Mountable

7 Hal Menarik Mountable: Alat Canggih Untuk Menemani Para Pendaki Gunung!

7 Hal Menarik Mountable: Alat Canggih Untuk Menemani Para Pendaki Gunung! credit: jalanpendaki.com

Menurut Valda, Mountable ini tetap mempunyai kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan mountable adalah dapat komunikasi data, analisa data dan komunikasi berbasis text di area tanpa sinyal seluler serta jangkauan.

Namun, kekurangannya adalah – alat ini, mountable tidak adapat mengirim data atau komunikasi menggunakan suara. Itu adalah keterbatasannya.

Dibandingkan Dengan Alat Komunikasi Lainnya?

Jika semisal Mountable ini dibandingkan dengan alat komunikasi lainnya seperti HT, biaya operasional dan biaya produksinya tentu lebih murah karena menggunakan teknologi Internet of Things. Mountable juga mudah dibawa dan mempunyai sistem yang sudah cukup lengkap.

Bahkan, fitur tambahannya adalah sistem pendeteksi cuaca, real time system, sampai group tracking yang akan berfungsi jika mengetahui ada anggota yang terpisah dan tersesat. Lo bisa mengetahui posisinya di mana dan mengevakuasinya dengan tepat.

Masuk Tahap Uji Coba di Gunung Sumbing dan Gunung Gede

7 Hal Menarik Mountable: Alat Canggih Untuk Menemani Para Pendaki Gunung!

7 Hal Menarik Mountable: Alat Canggih Untuk Menemani Para Pendaki Gunung! credit: bonvoyagejogja.com

Valda menceritakan jika Mountable sudah masuk tahap uji coba. Uji coba sudah dilakukan di Gunung Sumbing dan akan juga dilakukan di Gunung Gede. Saat di Gunung Sumbing, Valda bercerita kalau ada 9 pendaki gunung tersesat yang mengambil jalur pendakian via Cepit.

Dari tempat mereka tersesat, mereka menggunakan Mountable dan pengelola gunung pun sigap untuk mengevakuasi mereka. Valda menambahkan kalau alat ini belum dijual di pasaran karena masih dalam tahap finalisasi.

Mountable dan Penghargaan Emas

Mountable menjadi salah satu inovasi yang meraih penghargaan medali emas dalam ajang Indonesian International Invention Festival 2019 yang berlangsung belum lama ini – 22-25 April di Malang, Jawa Timur.

Valda menceritakan ia bersedia untuk bekerjasama dengan pengelola gunung untuk menyewakan alat-alatnya. Kemudian, tidak hanya pegunungan saja, tetapi Valda juga siap untuk membuka peluang kerjasama untuk area-area yang terisolir.

Wah bagaimana nih bro? Dari tujuh hal dan fakta menarik soal Mountable – apakah lo menginginkan alat ini juga? Tenang bro – alat ini akan disewakan di pegunungan-pegunungan Indonesia. Jadi, dengan alat ini – lo akan mengecilkan resiko tersesat di sana!

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image – komunita.id


Please login to comment
9 COMMENTS
Fajar Satritama
May 21, 2019 at 12:44 PM

2019 valda wajib ada, di setiap jalur pendakian gunung manapun


Amir Mahfudzi
May 21, 2019 at 2:49 PM

Nice info broo


Dustin Tiffani
May 21, 2019 at 11:23 PM

Harus di letsgoin nih


Agung nugroho
May 24, 2019 at 1:40 PM

Info yg bermanfaat


dephy
May 25, 2019 at 10:37 AM

alat adalah sarana pembantu manusia


Rifa Sanjaya
May 28, 2019 at 9:09 AM

Selama penggunanya mengerti cara dan manfaatnya pasti sangatlah membantu


Ahmad nur zabidin
June 2, 2019 at 8:01 AM

Sangat membantu infonya


Ardiansyah Z
June 12, 2019 at 9:46 PM

okeeeeeee juga


Muhammad arifudin
June 18, 2019 at 12:19 PM

Nice info