MAY 22, 2019

4 Tradisi Minum Teh di Indonesia yang Patut Untuk Lo Ketahui dan Lestarikan!

Tradisi minum teh di Indonesia ternyata sudah ada sejak lama loh, enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!


Indonesia memang penuh dengan kebudayaan yang unik, hal tersebut disebabkan oleh banyaknya suku yang berdiam di dalam Negara ini. Namun apakah lo sudah tahu kalau Indonesia juga memiliki tradisi minum teh yang sudah ada secara turun menurun? Yaap, tanpa disadari minuman yang berasal dari tanaman yang sering lo lihat di pegunungan ini memang sudah menjadi minuman favorit orang Indonesia loh.

Yaap, tradisi minum teh bukan hanya dari Jepang saja, di sana mereka menyebutnya dengan ‘Sadou’, yang merupakan upacara minum teh yang hanya dilakukan bersama kalangan bangsawan dalam menjamu tamu. Namun hal tersebut pun sudah bisa dinikmati oleh semua kalan di Jepang.

Selain Jepang, Inggris juga merupakan negara yang memiliki tradisi minum teh yang memang mendunia. Tradisi tersebut pun disebut juga dengan ‘Afternoon Tea’. Ciri khasnya, teh disajikan dengan camilan-camilan kecil yang disusun di nampan lapis tinggi atau three tier.

Tidak berbeda dengan kedua negara tersebut, Indonesia juga memilki tradisi yang serpupa loh. Perlu untuk lo ketahui pula, Indonesia merupakan salah satu negara di dunia dengan penghasil teh terbesar dan terbaik di dunia. Bahkan, tradisi ini pun sudah turun menurun terjadi di Indonesia loh.

Tradisi minum teh di Indonesia sendiri awalnya hanya dimiliki oleh kalangan bangsawan, namun kemudian sudah menjadi kebiasaan masyarakat luas. Teh sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1686, yakni ketika warga Belanda, dr. Andreas Cleyer membawa tanaman tersebut ke Indonesia sebagai tanaman hias.

Lalu pada tahun 1782 pemerintah Belanda pun mulai membudidayakan tanaman teh, utamanya di Pulau Jawa dengan mendatangkan biji-biji teh dari Tiongkok. Semenjak itulah kebiasaan minum teh di Negeri ini pun dimulai. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap sebutan tradisi teh yang ada di Indonesia, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Tradisi Minum Teh di Indonesia – Teh Poci di Jawa

4 Tradisi Minum Teh di Indonesia yang Patut Untuk Lo Ketahui dan Lestarikan!

4 Tradisi Minum Teh di Indonesia yang Patut Untuk Lo Ketahui dan Lestarikan! Credit: .inibaru.id/

Tradisi pertama yang patut untuk lo ketahui ialah Teh Poci. Biasanya di kawasan Cirebon, Slawi, Tegal, Brebes, Pemalang dan sekitarnya. Budaya minum tehnya pun menggunakan teh wangi melati yang diseduh di dalam poci bersamaan dengan gula batu sebagi pemanisnya. Setelah itu teh dituang ke gelas-gelas kecil.

Tradisi ini pun memiliki keunikannya tersendiri, yaitu bagi para penikmat teh hanya dibolehkan menambahkan gula batu, tetapi tidak boleh mengaduknya. Hal tersebut pun bukan hanya hisapan jempol belaka dan terdapat makna dibaliknya.

Makna dibalik kebiasaan ini ialah hidup ini memang pahit pada awalnya, tapi jika ingin bersabar makan kita akan mendapatkan manisnya. Sehingga dula dibiarkan mencair dan menyebarkan manisnya dengan sendirinya. Sungguh unik bukan tradisi teh satu ini bro?

Tradisi Minum Teh di Indonesia – Nyaneut di Sunda

4 Tradisi Minum Teh di Indonesia yang Patut Untuk Lo Ketahui dan Lestarikan!

4 Tradisi Minum Teh di Indonesia yang Patut Untuk Lo Ketahui dan Lestarikan! Credit: bisniswisata.co.id

Masyarakat Sunda juga memiliki tradisi teh yang tak kalah uniknya, yaitu Nyanneut yang biasa dilakukan untuk menyambut malam Tahun Baru Islam. Lalu, nama dari tradisi ini pun merupakan sebuah singkatan loh. Singkatan dari Nyai Haneut dan Cai Haneut yang berarti air hangat.

Tradisi ini pun memiliki tata caranya, sehingga bukan hanya asal minum saja bro. Tata caranya ialah sebelum minum teh, lo harus memutar gelas teh di telapak tangan sebanyak dua kali. Kemudian, aroma teh harus dihirup sebanyak 3 kali dan barulah teh boleh untuk diminum.

Merupakan sebuah tradisi yang unik bukan? Oleh sebab itu, sebagai generasi muda sudah seharusnya lo terus melestarikan budaya yang unik ini. Karena akan sangat disayangkan sekali apabila tradisi ini pun bisa hilang begitu saja.

Tradisi Minum Teh di Indonesia – Patehan, Keraton Yogyakarta

4 Tradisi Minum Teh di Indonesia yang Patut Untuk Lo Ketahui dan Lestarikan!

4 Tradisi Minum Teh di Indonesia yang Patut Untuk Lo Ketahui dan Lestarikan! Credit: /oomph.co.id

Berikutnya mengenai tradisi minum teh yang ada di Indonesia berada di Yogyakarta. Memang Yogyakarta sendiri terkenal dengan beragam kebudayaannya yang unik. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan yang sangat tertarik dengan daerah ini.

Tradisi Patehan sendiri dilakukan oleh Keraton Yogyakarta, namun hal ini hanya boleh dilakukan oleh lingkungan keraton saja. Nama Patehan diambil dari tempat tradisi ini dilakukan, yakni di Bangsal Patehan. Sungguh meruapkan sebuah tradisi yang sangat unik.

Prosesinya pun dilakukan oleh lima perempuan dan lima pria yang berpakaian adat Jawa dalam meracik dan menyajikan teh lengkap dengan makanan ringan yang dikhususkan untuk raja, keluarga dan tamu Keraton.

Tradisi Minum Teh di Indonesia – Nyahi di Betawi

4 Tradisi Minum Teh di Indonesia yang Patut Untuk Lo Ketahui dan Lestarikan!

4 Tradisi Minum Teh di Indonesia yang Patut Untuk Lo Ketahui dan Lestarikan! Credit: travelingyuk.com

Betawi juga memiliki tradisi minum teh yang sudah dilakukan secara turun menurun dan dilakukan pada saat pagi maupun sore hari. Biasanya cenderung ringan alias tidak seberapa kental dengan citarasa yang mengarah ke tawar.

Konon katanya ‘Nyahi’ sendiri berasal dari budaya Arab, dari kata ‘Syahi’ yang memiliki arti teh. Tradisi ini pun biasanya dilakukan bersama keluarga atau teman pada sore hari beberapa jam usai waktu jam makan siang. Untuk pilihan tehnya biasanya menggunakan teh tubruk.

Teh tubruk sendiri merupakan minuman dari daun teh kering yang langsung diseduh tanpa disaring, diletakkan di dalam teko kaleng blibrik atau teko berbahan kuningan. Selain itu, tradisi ini juga dinikmati dengan gula kelapa.

Pemanis tersebut akan digigit terlebih dahulu, dilanjutkan dengan menyeruput teh hangat. Nyahi yang sesungguhnya di sebuah keluarga Betawi tidak menggunakan perlengkapan teh porselen atau keramik. Melainkan menggunakan gelasa bermotif bunga dengan warna yang unik, atau gelas belimbing dengan beralaskan cawan kecil agak cekung.

BIasanya juga ditemani dengan camilan, seperti jalabia, cucur, talam, ape, apem, wajik, pisang atau jagung rebus. Biasanya tradisi ini pun dilakukan sambil duduk dan ngobrol di meja panjang. Ini merupakan salah satu tradisi teh yang cukup unik bukan?

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tradisi minum teh di Indonesia? Tentunya kebudayaan Indonesia bukan hanya terdiri dari tarian namun juga terdapat di dalam rumah atau kehidupan sehari-hari. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan yang ada di Indonesia!

Source: bobo.grid.id

 

 

Featured Image: lifestyle.okezone.com/

 


Please login to comment
6 COMMENTS
fauji alamsyah
May 23, 2019 at 9:36 AM

mantap info nya


Kristian Mustafa
May 23, 2019 at 9:38 AM

Nge teh sudah menjadi teradisi dikeluarga besar saya.


Ahmad nur zabidin
May 23, 2019 at 9:52 AM

Budayah yg perlu dijag


Rifa Sanjaya
May 23, 2019 at 12:20 PM

Ngawedang


Lily Muryanti
May 23, 2019 at 2:44 PM

tetep favorite teh pocy


Agung nugroho
May 27, 2019 at 10:14 PM

Klo udah ngeteh di pagi hari nikmat