5 Perlengkapan yang Wajib Lo Siapkan Bila Hendak Mudik dengan Motor

Bila hendak mudik menggunakan motor, ada baiknya lo menyiapkan sejumlah perlengkapan penting agar perjalanan berlangsung lancar dan aman. Apa sajakah hal yang perlu disiapkan pengendara motor sebelum berangkat mudik? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Perlengkapan yang Wajib Lo Siapkan Bila Hendak Mudik dengan Motor

Motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak digunakan pemudik untuk bepergian. Ada banyak faktor yang membuat kendaraan ini diminati banyak kala libur lebaran, contohnya seperti menghemat ongkos perjalanan serta tidak mendapat tiket transportasi umum lain. Bila hendak mudik menggunakan motor, ada baiknya lo menyiapkan sejumlah perlengkapan penting agar perjalanan berlangsung lancar dan aman.

Apa sajakah hal yang perlu disiapkan pengendara motor sebelum berangkat mudik? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

1. Jas Hujan

Salah satu hal yang perlu diantisipasi pengendara motor selama mudik adalah perubahan cuaca yang tidak menentu. Hujan bisa saja turun di tengah perjalanan sehingga bakal membuat lo tubuh lo basah kuyup serta kedinginan. Oleh sebab itu, lo sebaiknya tak lupa membawa jas hujan sebelum berangkat.

Dengan menyiapkan jas hujan, pengendara dapat terhindar dari basah serta dapat melakukan perjalanan tanpa gangguan. Di samping itu, lo juga tidak dianjurkan membawa jas hujan jenis ponco. Alasannya karena jas hujan tersebut menyimpan risiko berbahaya jika tersangkut di bagian jeruji motor.

Selain itu, ada alasan lain mengapa jas hujan perlu dibawa setiap pengendara motor. Ketika mengenakan jas hujan, lo dapat melindungi berbagai perangkat elektronik dari air hujan contohnya seperti laptop, ponsel, dan lain-lain. Jadi, jangan lupa siapkan barang ini sebelum berangkat ya bro!

2. Rompi Dada

Sebelum berangkat, ada baiknya pengendara memakai jaket berbahan tebal agar menjaga suhu tubuh tetap hangat di sepanjang perjalanan. Barang tersebut sebenarnya tidak cukup melindungi tubuh, khususnya bagi pengendara yang hendak menempuh perjalanan jauh. Untuk itu, lo baiknya juga mengenakan rompi dada untuk melindungi paru-paru sehingga perjalanan terasa lebih nyaman.

Rompi dada mempunyai bahan cukup tebal serta dilengkapi dengan pelindung. Salah satu fungsi rompi ini adalah melindungi tubuh pengendara dari bahaya benturan selama perjalanan. Dengan memakai rompi dada, lo bakal lebih siap menghadapi situasi tak terduga bila sewaktu-waktu terjadi di tengah perjalanan. Setuju ‘kan bro?

Lo bisa mendapatkan pelindung dada di sejumlah situs e-commerce. Pengendara motor juga bisa membelinya di kaki lima dengan kisaran harga Rp 50.000 hingga ratusan ribu. Selain itu, pengendara baiknya memilih bahan kulit dengan ukuran sesuai postur tubuh. Kenakan barang ini bila hendak mudik dengan motor ya bro!

3. Bekal Perjalanan yang Cukup

Perjalanan mudik diketahui bakal menguras tenaga para pengendara motor. Jika tubuh lelah, lo tentu akan sulit berkonsentrasi saat mengemudi hingga akhirnya menimbulkan risiko berbahaya. Oleh sebab itu, bekal baiknya juga disiapkan pengendara motor yang melakukan perjalanan jauh dengan waktu tempuh lama.

Menjelang hari lebaran, banyak pemudik menyiapkan bekal perjalanan agar dapat menghemat waktu tempuh. Lo disarankan membawa bekal yang bisa menunjang stamina selama berkendara. Contoh jenis makanan yang bisa dibawa pengendara selama mudik adalah sayur-sayuran serta buah-buahan.

Lo juga sebaiknya menjauhi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti nasi. Usai menyantap makanan yang kaya akan karbohidrat, pengendara bakal cepat merasa lelah saat mengemudi. Siapkan bekal yang cukup sebelum memulai perjalanan mudik ya bro!

4. Helm yang Memenuhi Standar

Demi alasan keamanan, setiap pengendara motor tak boleh lupa memakai helm ketika melakukan perjalanan mudik. Pakailah helm yang terbukti memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Dengan begitu, lo dapat meminimalisir risiko buruk yang mungkin terjadi selama perjalanan berlangsung.

Di samping itu, perhatikan juga jenis helm yang dipakai. Pemudik disarankan memakai helm tipe full face karena dapat melindungi seluruh area kepala dari benturan. Helm tipe ini juga bakal menjaga kepala lo dari air hujan. Dengan memakai helm full face, pengendara dapat terhindar dari rasa sakit akibat wajah terkena air ketika hujan deras datang.

Selain demi alasan keamanan, penggunaan helm berstandar SNI juga dimaksudkan agar lo tidak terkena tilang oleh polisi di perjalanan. Dengan begitu, perjalanan lo menuju tempat tujuan dapat berlangsung lancar. Gunakan helm yang mampu menunjang keamanan saat mudik ya bro!

5. Obat-obatan

Lo juga perlu membawa obat-obatan ketika hendak mengunjungi kerabat atau sanak saudara dengan motor. Fungsi dari obat-obatan adalah menjaga kondisi tubuh tetap fit selama berkendara. Sebelum berangkat, pastikan obat-obatan sudah tersedia dalam barang bawaan.

Obat-obatan wajib dibawa pengendara yang hendak menempuh perjalanan jarak jauh. Contoh barang yang perlu dibawa untuk mengantisipasi gejala masuk angin adalah balsem atau minyak kayu putih. Apabila mengidap penyakit tertentu, lo dianjurkan membawa persediaan obat lebih agar siap menghadapi situasi tak terduga.

Lo bisa memasukkan obat-obatan dalam tempat khusus agar lebih mudah dibawa serta dicari saat diperlukan. Jangan lupa untuk tetap memerhatikan petunjuk penggunaan obat agar tidak mengalami hal tidak baik saat mengonsuminya. Oke, bro?

Demikian 5 perlengkapan yang wajib disiapkan pengendara motor bila hendak mudik ke tempat berjarak jauh. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang hendak bepergian dengan motor kala mudik. Jangan lupa berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas ya bro!

Source: suara.com

Feature Image - vagabondesss.com

Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Keren infonya semoga bermanfaat
jangan lupa cek kondisi motor ya bro
info yang bermanfaat
Sama sediain waktu yang cukup, karena waktu adalah uang.. jd uangnya harus cukup jg ya bro..
Nice info, thanks
jangan memaksakan jalan jika tdk fit atau kantuk bahaya sekali
jangan lupa gloves biar lbh mantep jambak gas
jangan pakai sendal kalau bisa sepatu agar lebih nyaman
Usahakan jangan melewati jalur sepi sendirian
Tips yg berguna