JUN 6, 2019

5 Tips Aman Buat Tarik Uang di ATM Walau Lagi di Luar Negeri!

Berikut tips-tips aman untuk tarik tunai di atm saat lo berada di luar negeri nih! Sila simak bahasan kali ini ya!


Libur lebaran bentar lagi tiba – tentunya buat lo yang akan mudik atau bahkan plesiran ke luar negeri, membawa uang cash tentu jadi salah satu ketentuan yang mesti lo ikuti. Eits, kalau memang ingin plesiran ke luar negeri, jangan lupa disesuaikan sama mata uangnya ya.

Tapi kalau lo mau tahu – ada beberapa traveller yang kalau ke luar negeri membawa uang cash yang banyak, dan ada juga yang tidak suka membawa banyak uang dalam bentuk cash. Mereka mengandalkan tarik tunai di ATM yang ada di luar negeri.

Mengandalkan ATM di luar negeri tentu mengecilkan resiko kecopetan atau hal-hal lainnya yang bisa jadi kurang menyenangkan dalam perjalanan atau petualangan lo. Tapi, ada beberapa hal yang mesti lo ketahui dulu sih ini.

Hal-hal yang mesti lo ketahui dulu adalah beberapa tips atau setidaknya ada lima tips aman untuk melakukan tarik tunai saat berada di luar negeri. Penasaran seperti apa tips-tipsnya dan apa saja yang bisa dilakukan? Sila simak bahasan kali ini ya.

Kartu ATM Bisa Digunakan di ATM Internasional

5 Tips Aman Buat Tarik Uang di ATM Walau Lagi di Luar Negeri!

5 Langkah Mudah Kejar Ketinggalan Jika Akhirnya Lo Ketinggalan Pesawat! credit: sepulsa.com

Satu yang jelas mesti lo perhatikan adalah jenis kartu atm yang lo punya. Pastikan jika kartu atm lo adalah kartu yang bisa juga digunakan di atm jaringan internasional. Lho, memang ada bedanya ya dengan jenis kartu atm yang lain?

Biasanya, untuk mengetahui perbedaan yang signifikan – kartu atm yang bisa digunakan dalam jaringan atm internasional adalah yang mempunyai lambang atau jaringan perusahaan pembayaran internasional seperti Visa, Cirrus, Maestro dan MasterCard.

Nah, kalau sementara ini lo belum mempunyai kartu atm yang tidak ada lambang dari jaringan perusahaan pembayaran internasional – pastikan lo menghubungi bank terkait dan meminta solusi penggantian kartu atau layanan untuk rekening terkait.

Ingat bro – lo bisa melakukan ini sebelum lo berangkat ke luar negeri – jika lo lakukan di sana, sepertinya akan sedikit sulit karena bisa jadi kebijakannya yang berbeda-beda.

Mengetahui Penarikan Minimal dan Maksimal

5 Tips Aman Buat Tarik Uang di ATM Walau Lagi di Luar Negeri!

5 Langkah Mudah Kejar Ketinggalan Jika Akhirnya Lo Ketinggalan Pesawat! credit: javamilk.com

Penarikan uang tunai di luar negeri akan memudahkan lo mengatur keuangan, sih. Tapi, ada yang mesti lo ketahui dulu kalau menarik uang di luar negeri – akan ada biaya transaksi tambahan. Jumlahnya akan tergantung dari bank yang akan lo gunakan.

Uang yang akan lo gunakan juga mesti dalam mata uang yang berlaku di negara tersebut. Itu artinya jumlah yang akan lo tarik akan dihitung dan dikonversi sesuai dengan kurs yang sedang berlaku. Oh iya, selain ada biaya tambahan, ada lagi yang mesti lo ketahui nih.

Agar tidak bolak-balik menarik uang di atm – pastikan lo mengetahui minimal jumlah saat penarikan dan jumlah maksimalnya juga saat akan melakukan penarikan. Jika mengambil dalam jumlah besar – ini akan membantu lo agar tidak bolak-balik kea tm dan terkenal biaya transaksi.

Kartu Tambahan Untuk Jaga-Jaga

5 Tips Aman Buat Tarik Uang di ATM Walau Lagi di Luar Negeri!

5 Langkah Mudah Kejar Ketinggalan Jika Akhirnya Lo Ketinggalan Pesawat! credit: financer.com

Jangan bawa satu kartu atm saja bro – untuk jaga-jaga dari hal-hal yang tidak diingikan – pastikan lo membawa dua kartu atm saja ya. Dua kartu atm tersebut bisa lo akali dengan perbedaan bank yang lo gunakan.

Dengan minimal dua kartu atm di bank berbeda – sepertinya sudah akan memudahkan lo untuk mengatur keuangan dan menjaga jangan sampai lo bolak-balik menarik uang tunai dari atm tersebut.

Perhatikan Sekeliling Saat Mau Tarik Tunai

5 Tips Aman Buat Tarik Uang di ATM Walau Lagi di Luar Negeri!

5 Langkah Mudah Kejar Ketinggalan Jika Akhirnya Lo Ketinggalan Pesawat! credit: dream.co.id

Kejahatan bisa ada di mana saja bro – meskipun lo berada di luar negeri. Oleh karena itu, kalau lo ingin menarik uang tunai di atm – pastikan lo sempat memerhatikan kondisi sekeliling. Kalau memang ada yang mencurigakan, lebih baik lo ganti mesin atm yang lain.

Oh iya, saat melakukan penarikan – pastikan tubuh lo menutupi mesin atm saat lo memasukan pin agar tidak terlihat dan tidak ketahuan dengan yang lain. Oh iya, jika ada orang mencurigakan tetiba menawarkan bantuan untuk lo, jangan langsung percaya ya.

Bawa Lebih dari Satu Mata Uang

5 Tips Aman Buat Tarik Uang di ATM Walau Lagi di Luar Negeri!

5 Langkah Mudah Kejar Ketinggalan Jika Akhirnya Lo Ketinggalan Pesawat! credit: uangindonesia.com

Nah, ini juga bisa jadi hal yang bermanfaat buat lo nih – pastikan lo bawa lebih dari satu mata uang ya. Semisalnya lo membawa dollar, lo juga bisa membawa rupiah karena jika membawa mata uang sendiri, lo bisa tinggal menukarkannya di tempat penukaran uang yang resmi.

Mata uang lebih ini juga bisa jadi cadangan uang buat lo – agar lo tidak bolak-balik mengambil uang di atm ya. Uang cadangan ini juga bisa berguna apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelas tips tips mudah saat menarik atm di luar negeri yang aman? Kalau iya, berarti lo bisa pergi-pergi dan traveling ke luar negeri nih!

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image – jalan2kejepang.com


Please login to comment
14 COMMENTS
Fikih Adzani
June 6, 2019 at 11:04 PM

nice info


Ikbalagri
June 7, 2019 at 12:01 AM

Seandainya logo gpn bisa dipakai diluar negeri


Amir Mahfudzi
June 7, 2019 at 9:18 AM

Sangat membantu bro, thanks


Ahmad nur zabidin
June 7, 2019 at 4:20 PM

Wah super membantu


HASAN
June 7, 2019 at 10:18 PM

Semoga bermanfaat


Resatya Oktafitullah SAV
June 7, 2019 at 11:49 PM

Mantap infonyaa


Ricko Pratama Putra
June 7, 2019 at 11:58 PM

Info yg baik


Hari Tristiyanto
June 8, 2019 at 9:19 AM

Kapan ya??


Fajar Satritama
June 8, 2019 at 12:05 PM

Nice info bro


dephy
June 8, 2019 at 9:23 PM

Infonya bermanfaat


Zul Asfi Rusman
June 10, 2019 at 11:25 AM

Sangat bermanfaat


Alaq Madygar
June 13, 2019 at 9:32 AM

info yang bagus


Resatya Oktafitullah SAV
June 16, 2019 at 1:36 AM

Mantap ini infonya


Agung nugroho
June 18, 2019 at 9:07 AM

Info yg sangat bermanfaat