Stop Penggunaan Sedotan Plastik di Dalam Kehidupan Keseharian Lo!

Sudah saatnya untuk lo sadar mengenai bahaya dari sedotan plastik yang bisa berdampak negatif terhadap lingkungan alam. Untuk itu di dalam artikel ini akan membahas mengenai solusinya. Selamat membaca bro!

Stop Penggunaan Sedotan Plastik di Dalam Kehidupan Keseharian Lo!

Sebagai seorang petualang, tentunya bukan hanya jalan-jalan atau menelusuri tempat yang belum tersentuh saja. Namun, merawat lingkungan serta melestarikannya sudah seharusnya menjadi budaya lo masing-masing. Mulai dari mengetahui barang-barang keseharian yang mampu merusak ekosistem alam sudah menjadi sebuah kesadaran yang patut untuk lo miliki juga. Salah satunya dengan mengetahui bahayanya plastik khususnya sedotan plastik sudah menjadi awal yang cukup baik.

Sedotan plastik memang merupakan alat yang akan lo selalu lo temukan di dalam keseharian lo, ambil contoh saja apabila membeli minuman di warung tentunya disediakan sedotan plastik, bahkan di restoran pun masih bisa lo temukan penampakan dari sedotan plastik ini. Dampak yang diakibatkan oleh sedotan plastik ini pun sudah sangat gawat, sudah banyak dari hewan-hewan di lautan yang menjadi korban.

Hal tersebut dikarenakan plastik itu sendiri bisa menjadi sampah yang tak dapat didaur ulang. Nah, apa saja sih yang menjadi pilihan alternatif yang bisa lo gunakan ketika ingin meminum di restoran atau sebagai pengganti dari sedotan plastik. Daripada lo semakin penasaran, langsung simak saja beberapa informasinya di bawah ini.

Darurat Sampah Plastik

Stop Penggunaan Sedotan Plastik di Dalam Kehidupan Keseharian Lo!

Stop Penggunaan Sedotan Plastik di Dalam Kehidupan Keseharian Lo! Credit: change.org

Sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dibidang F&B pun tidak menggunakan sedotan plastik di dalam kedai-kedai mereka. Karena memang dunia saat ini sedang dalam kondisi darurat sampah plastic. Bayangkan saja, di Amerika Serikat penggunaan sedotan plastik bisa mencapai angka 500 juta setiap harinya.

Sangat disayangkan ternyata Indonesia sendiri merupakan negara kedua penghasil sampah plastik paling banyak di dunia. Menurut data Jambeck 2015, jumlah sampah plastik yang mencemari laut Indonesia bisa mencapai 1,29 juta ton per tahun atau setara dengan berat 215.000 ekor gajah jantan Afrika dewasa. Dan memang sedotan plastk pun menjadi salah satu penyumbang paling besar dalam hal ini.

Sampah dari sedotan plastik sendiri panjangnya pun bisa mencapai 16.784 kilometer atau sama dengan jarak yang ditempuh dari Jakarta ke Mexico City. Dan penggunaan sedotan plastik di Indonesia sendiri bisa mencapai 93.244.847 batang setiap harinya, menurut data dari LSM Divers Clean Action (DCA).

Alternatif Sedotan Plastik Selain Besi

Stop Penggunaan Sedotan Plastik di Dalam Kehidupan Keseharian Lo!

Stop Penggunaan Sedotan Plastik di Dalam Kehidupan Keseharian Lo! Credit: .dhgate.com

Memang penggunaan dari sedotan plastik sendiri sudah sepatutnya diberhentikan, karena merupakan penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia. Tentu saja terdapat beberapa pilihan penggantinya yang bisa lo gunakan kok. Mungkin yang paling terkenal ialah sedotan besi yang saat ini sudah mudah untuk ditemukan atau dibeli.

Namun, selain sedotan besi, masih ada loh alternatif lainnya yang bisa lo gunakan. Seperti sedotan bambu, jerami dan akrilik. Tentunya dari ketiga pilihan alternatif tersebut memiliki bahan yang kuat serta tidak mudah pecah kok bro. Sehingga lo sudah tidak perlu khawatir mengenai kekuatan dari sedotan-sedotan ini.

Sedotan bambu sendiri memang tersebut dari bambu yang merupakan sumber daya alam yang mudah diperbaharui dan punya banyak manfaat alami. Ringan namun kuat, sedotan bambu dapat digunakan kemabli, dapat terurai alami tanpa merusak lingkungan serta tidak mengandung bahan kimia atau pewarna apapun.

Selain bambu, sedotan jerami juga bisa menjadi pilihan lainnya. Sebab terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Belum lagi dengan desainnya yang lebih sleek bila dibandingkan dengan sedotan bambu. BahSekan sudah banyak dari restoran-restoran yang menggunakan sedotan satu ini.

Untuk sedotan akrilik juga bisa menjadi alternatif lo bro, sebab juga memiliki bahan yang lebih kuat dan bisa dipakai ulang dengan warna yang menarik. Namun memang kelemahan dari sedotan akrilik ini tidak memiliki umur yang cukup panjang. Namun sangat ramah lingkungan kok bro!

Alasan Harus Berhenti Memakai Sedotan Plastik

Stop Penggunaan Sedotan Plastik di Dalam Kehidupan Keseharian Lo!

Stop Penggunaan Sedotan Plastik di Dalam Kehidupan Keseharian Lo! Credit: axios.com

Penggunaan sedotan plastik sendiri pasti bisa kok lo hentikan penggunaannya di dala, kehidupan lo, karena memang terdapat beberapa alasan kuat di baliknya yang akan membuat lo lebih sadar akan bahaya dari alat satu ini.

Perlu untuk lo ketahui pula kalau sedotan plastik itu tidak mudah untuk didaur ulang. Karena sedotan plastik dibuat dari tipe lima plastik atau plastik atau polypropylene. Selain itu juga banyak dari agen daur ulang yang tidak memiliki alat untuk mendaur ulang jenis plastik iin.

Selain itu, plastik juga tidak mengalami biodegradasi, atau suatu proses ketika sebuah barang bisa alami hancur dan diolah mikro organisme sehingga menjadi molekul organik baru. Sementara degradasi sendiri merupakan proses memecahkan sesuatu menjadi lebih kecil.

Tentunya sedotan plastik sudah sangat sering sekali menjadi sampah dan membahayakan kehidupan laut. Menurut data TIDES system, sedotan plastik sendiri menduduki peringkat ke 11 sampah yang sering ditemukan di laut. Efeknya pun sangat berbahaya dan sudah terdapat banyak korbannya.

Sedotan Besi yang Sedang Naik Daun

Stop Penggunaan Sedotan Plastik di Dalam Kehidupan Keseharian Lo!

Stop Penggunaan Sedotan Plastik di Dalam Kehidupan Keseharian Lo! Credit: .ehvegan.com

Kesadaran akan sedotan plastik ini pun sudah mudah terlihat di kalangan masyarakat Indoesia, hal tersebut pun dengan munculnya banyak sedotan besi, baik itu di restoran maupun dijual di pinggir jalan. Nah, apa saja sih yang membuat sedotan satu ini aman untuk lingkungan?

Sedotan besi sendiri bebas dari BPA (Bisphenol A), yang merupakan bahan kimia industri yang digunakan untuk memproduksi berbagai jenis plastik, termasuk sedotan. Selain itu, sedotan besi atau stainless steel juga aman untuk digunkan berkali-kali loh, karena tidak bersifat korosif sehingga tidak akan berkarat. Namun jangan lupa untuk selalu membersihan sedotan besi yang lo miliki yaa. Sedotan ini pun cukup mudah untuk dibersihkan.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar sedotan plastik yang sangat berbahaya? Semoga kelak penggunaan dari sedotan plastik akan cepat sirna yaa. Tentunya semua ini untuk kepentingan lingkungan serta kelestarianya. Jagalah lingkungan alam di dunia ini seperti lo merawat diri lo sendiri! Have a nice day!

Featured Image: greensboro-nc.gov
 
In Depth Beginner

13 COMMENTS

SHARE
Hari Tristiyanto
Parah juga ya..... gmn cara musnahinnya tuh sedotan
Kristian Mustafa
Ternyata Indonesia juga gawat darurat sampah.
Jefri Sani
Kumpulkan dan bikin produk handicraft berbahan dasar sedotan plastik bekas, seperti bunga" dr plastik
dephy
Puasa plastik
Amir Mahfudzi
Mari kurangi penggunaan plastik mulai saat ini
Lily Muryanti
setuju, mengurangi populasi sampah membudayakan go green.. tp apa tidak karatan ya klo sedotan besi kaya gitu? serius tanya
Rizky AM
Jagalah kebersihan, kebersihan bagian dari iman
Fikih Adzani
info nice
Masni
Plastik sampah
Agung nugroho
Di daur ulang, buat kerajinan