Jenis-Jenis Kopi; Berikut 4 Macamnya yang Dibudidayakan di Indonesia!

Duh masa petualang keren macam lo gini tahunya cuma ada dua jenis kopi saja sih. Belum jadi pecinta kopi nih! Simak bahasan kali ini yang mengulas ada 4 jenis kopi yang dibudidayakan secara masif di Indonesia. Soal cita rasa? Jangan diragukan lagi bro!

Jenis-Jenis Kopi; Berikut 4 Macamnya yang Dibudidayakan di Indonesia!

Kenya, Ethitopia dan beberapa negara Afrika lainnya – dianggap sebagai beberapa negara pionir soal biji kopi. Brazil dan beberapa negara Amerika Latin juga begitu. Tapi, soal kualitas, Indonesia sudah bercokol di tiga besar dunia dari dulu!

Dari segi kualitas, biji kopi atau kopi dari Indonesia, memang sudah diakui di dunia menjadi salah satu varian kopi yang paling enak, dan cita rasanya yang khas. Namun, sayangnya – untuk segi kuantitas, produksi kopi di Indonesia masih kalah dari Brazil.

Terkait dengan segi kualitas, dari variannya juga – Indonesia termasuk negara yang paling lengkap jenis kopinya. Lho, bukannya jenis kopi itu cuma dua macam ya? Eits, kalau lo bilang jenis kopi di Indonesia hanya ada dua macam, berarti petualangan lo belum terlalu jauh, nih.

Indonesia setidaknya punya lengkap dari segala varian biji kopi yang ada. Ada empat macam dan jenis kopi yang dibudidayakan di Indonesia. Mungkin beberapa akan terdengar asing di telinga lo. Namun, jenis kopi tersebut ada di Indonesia.

Bukan bro, bukan semacam kopi Aceh Gayo, Mandailing, Toraja, atau Sidikalang – itu adalah asal di mana kopi tersebut berada dan sudah dijadikan merek dagang juga. Jenis kopi yang dimaksud di dalam bahasan ini cuma empat.

Empat jenis kopi yang dimaksud adalah biji kopi berjenis Arabika, Robusta, Liberika, dan Ekscelsa. Kaget ya kalau ternyata jenis kopinya ada empat macam. Nah, supaya tidak terkaget-kaget dan penasaran, sila betulkan posisi duduk lo terlebih dahulu agar tetap nyaman untuk menyimak bahasan kali ini!

Jenis-Jenis Kopi: Arabika

Jenis-Jenis Kopi; Berikut 4 Macamnya yang Dibudidayakan di Indonesia!

Jenis-Jenis Kopi; Berikut 4 Macamnya yang Dibudidayakan di Indonesia! credit: kopiwamena.com

Biji kopi Arabika adalah salah satu jenis kopi yang paling sering didengar dan yang rasanya yang paling populer di kalangan pecinta kopi. Maklum, berdasarkan data yang ada, sekitar 70% jenis kopi yang beredar di dunia adalah kopi arabika.

Sisanya, baru disusul oleh kopi robusta, liberika dan ekscelsa. Bicara soal kopi arabika, kopi ini termasuk jenis kopi yang paling disukai karena cita rasanya – banyak yang setuju rasanya yang paling nikmat. Namun, predikat ini tentu tidak bisa disamaratakan oleh untuk semua pecinta kopi ya. Kurang lebih relatif.

Kopi arabika sendiri pepohonannya berada di ketinggian 1.000 mdpl – 2.100 mdpl, lho. Oleh karena itu, tidak heran jika pohon kopi arabika akan tumbuh semakin optimal jika suhu alamnya berada di kisaran 16-20 derajat celsius.

Untuk mendapatkan panen terbaik – setidaknya kopi arabika membutuhkan bulan kering yaitu sekitar 3 bulan dalam satu tahun. Pohonnya juga baru bisa dipanen maksimal saat berumur 4 tahun. Buah arabika ini jika sudah matang akan berwarna merah, dan mudah sekali rontok.

Nah, jika sudah jatuh ke tanah, dikhawatirkan akan mudah menyerap berbagai bau dan rasa yang ada di tanah tersebut. Maklum, biji kopi adalah tipe tanaman yang suka menyerap apapun di sekitarnya.

Jenis-Jenis Kopi: Robusta

Jenis-Jenis Kopi; Berikut 4 Macamnya yang Dibudidayakan di Indonesia!

Jenis-Jenis Kopi; Berikut 4 Macamnya yang Dibudidayakan di Indonesia! credit: bp-guide.id

Nah, jika lo naik gunung dan baru mendaki di ketinggian kurang lebih 400-800 mdpl – jika lo bertemu dengan kebun kopi, maka dipastikan pepohonan kopi tersebut adalah jenis kopi robusta. Kopi robusta memang lebih maksimal hasilnya jika ditanam di dataran rendah.

Jenis kopi robusta ini, pepohonannya lebih cepat berbunga dibandingkan dengan arabika. Makanya, kalau arabika butuh 4 tahun untuk panen pertama dan maksimal – kopi robusta hanya membutuhkan waktu 2,5 tahun saja untuk panen pertama dan maksimal.

Oh iya, musim panas adalah salah satu musim di mana pepohonan kopi robusta ini mencapai pada titik maksimalnya. Maklum, kopi robusta butuh benar-benar musim panas setidaknya 3-4 bulan untuk menghasilkan buah kopi yang maksimal kualitasnya.

Jenis-Jenis Kopi: Liberika

Jenis-Jenis Kopi; Berikut 4 Macamnya yang Dibudidayakan di Indonesia!

Jenis-Jenis Kopi; Berikut 4 Macamnya yang Dibudidayakan di Indonesia! credit: filosofikopi.com

Cukup berbeda dengan kopi robusta, walau tumbuh di dataran rendah, tapi kopi liberika ini tidak bisa dibarengi dengan kopi robusta. Mesti terpisah jarak yang cukup jauh. Keunggulan kopi liberika adalah tahan dari penyakit pepohonan.

Kopi liberika dianggap kualitasnya di bawah arabika dan robusta karena biji buah kopinya yang tidak merata besar atau kecil – padat atau tidaknya dalam satu tangkai. Padahal – sebenarnya, kalau soal rasanya sepertinya relatif untuk membicarakan mana yang paling enak atau tidak.

Dengan kondisi buah yang seperti itu – tidak heran jika petani kopi jarang yang tertarik untuk membudidayakan secara masif jenis kopi ini karena memang hasil panennya yang tidak sebanyak arabika atau robusta. Tapi, tetap ada di Indonesia.

Jenis-Jenis Kopi: Ekscelsa

Jenis-Jenis Kopi; Berikut 4 Macamnya yang Dibudidayakan di Indonesia!

Jenis-Jenis Kopi; Berikut 4 Macamnya yang Dibudidayakan di Indonesia! credit: sadakoffie.com

Nah, yang satu ini lo baru dengarkan? Kopi ekscelsa adalah salah satu jenis kopi yang paling toleran dengan ketinggian lahan. Lebih rendah dari kopi robusta atau liberika, kopi ekscelsa pepohonannya bisa tumbuh di 0-750 mdpl.

Keunggulan jenis kopi ini adalah tahan terhadap suhu yang tinggi sampai kekeringan. Percaya atau tidak, pohon kopi ekscelsa bisa tumbuh sampai setinggi 20 meter, lho. Warna daunnya yang khas, yaitu hijau keabu-abuan – memudahkan petani dan para petualang serta pecinta kopi untuk membedakannya dengan yang lain.

Nah, sudah cukup jelas kalau jenis kopi di Indonesia yang paling banyak dibudidayakan ternyata ada empat bro! Ingat nih – jangan cuma kopi arabika saja, tapi eksplor cita rasa lainnya di kopi robusta, kopi liberika dan kopi ekscelsa. Siapa tahu, lo akan dikejutkan dengan cita rasanya yang berbeda dari pada biasanya!

 

Source – alamtani.com

Feature Image – wiratech.co.id

Beginner eksplorasi-kopi

8 COMMENTS

SHARE
Ahmad nur zabidin
Yang pecinta kopi harus tau info ini
Muhammad Amir Arifin Sulaeman
Gaada kalahnya emang kopi indonesia sama kopi luar negri
dephy
tanah indonesia sangat subur,,bersyukur dengan tanah yang diberikan gratis oleh Tuhan
Rizky AM
Super banget bro, jangan lupa ngopi hari ini
Agung nugroho
Info yg bagus untuk penikmat kopi
Masni
beragam karakter
Ikbalagri
Nice sesuai yang didapat diperkuliahan
Muhammad arifudin
Biji kopi pilihan