5 Fakta Menarik Desa Sembungan: Desa Tertinggi di Pulau Jawa!

Siapa bilang kalau Desa Ranu Pani adalah yang tertinggi. Desa Sembungan di Dataran Tinggi Dieng lah desa paling tinggi di Pulau Jawa. Apa saja daya tariknya? Sila simak bahasan kali ini ya!

5 Fakta Menarik Desa Sembungan: Desa Tertinggi di Pulau Jawa!

Bagaimana mudik lo di tahun ini bro? Sudah tidak rindu lagi dengan desa atau kampung halaman? Bisa dibilang sukses mudik lo tahun ini? Bro – kalau hanya mengunjungi desa atau pulang kampung, rasanya, tidak harus menunggu momen lebaran saja, lho.

Tiap perjalanan dan petualangan lo – jika memang pergi ke daerah-daerah terpencil, pasti lo akan menyambangi berbagai macam bentuk pedesaan. Mulai dari yang normal, sampai yang kurang begitu normal. Eits, yang seperti apa nih yang kurang normal.

Sebenarnya bukan karena kurang normal bro. Desa ini mempunyai predikat yang tidak begitu umum untuk deretan pedesaan lainnya. Perkenalkan bro, Desa Sambungan yang ada di Dataran Tinggi Dieng yang menjadikannya Desa Tertinggi di Pulau Jawa.

Desa Sembungan dengan predikatnya ini menjadi salah satu desa wisata yang paling menarik untuk dikunjungi. Ketinggiannya yang mencapai sekitar 2.260 mdpl membuat desa ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi tiap petualang.

Eits, penasaran apa saja yang ada di Desa Sembungan dan berbagai fakta menarik lainnya terkait predikat Desa Tertinggi tersebut? Sila betulkan posisi duduk lo dulu agar tetap nyaman sembari menyimak bahasan kali ini ya.

Ketinggiannya Mengalahkan Desa Ranu Pani

5 Fakta Menarik Desa Sembungan: Desa Tertinggi di Pulau Jawa!

5 Fakta Menarik Desa Sembungan: Desa Tertinggi di Pulau Jawa! credit: indonesiatrip.id

Dengan fakta bahwa ketinggian dari Desa Sembungan yang ada di dataran tinggi Dieng mencapai 2.260 mdpl – maka secara resmi desa ini mengalahkan Desa Ranu Pani yang sebelumnya menyandang desa tertinggi juga.

Desa Ranu Pani – berada di jalur pendakian Gunung Semeru, Desa Ranu Pani mempunyai ketinggian 2.100 mdpl. Soal keindahan alamnya, Desa Ranu Pani dan Desa Sembungan saling bersaing. Namun, buat lo yang ingin mengunjunginya, dua-duanya bisa lo kunjungi, bro.

Oh iya, buat lo yang sudah penasaran ingin datang ke Desa Sembungan, desa ini terletak atau berlokasi di 7 kilometer dari pusat wisata Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

Begitu lo sudah sampai di desa ini, terdapat sebuah pintu gerbang yang bertuliskan ‘Welcome to Sembungan Village, Desa Tertinggi di Pulau Jawa’. Karena lokasinya yang tinggi – tidak heran jika udaranya sejuk dan cenderung dingin di sana.

Oh iya, perkebunan carica sudah pasti akan menyambut lo saat menginjakan kaki di Desa Sembungan ini.

Deretan Spot Petualangan di Sekitarnya!

5 Fakta Menarik Desa Sembungan: Desa Tertinggi di Pulau Jawa!

5 Fakta Menarik Desa Sembungan: Desa Tertinggi di Pulau Jawa! credit: commons.wikimedia.org

Oh iya, mengunjungi Desa Sembungan tidak hanya mesti bersantai di perbukitan tinggi sembari memandangi pemandangan alam saja, lho. Desa Sembungan sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa, ternyata berdekatan dengan beberapa spot petualangan lho.

Deretan spot petualangan yang bisa lo kunjungi sekalian saat sudah sampai di Desa Sembungan adalah Bukit Sikunir, Air Terjun Sikarim, Gunung Pakuwojo, Gunung Seroja dan Telaga Cebong. Nah, yang cukup terkenal dan populer di sana adalah Bukit Sikunir.

Bukit Sikunir populer dikalangan para petualang yang mengunjungi dataran tinggi Dieng karena momen matahari terbit di sana adalah salah satu yang terbaik. Oleh karena itu, tidak heran banyak orang yang rela bangun pagi-pagi buta dan trekking ke atas bukit tersebut untuk mendapatkan momen golden sunrise di sana.

Dikelilingi Oleh Tujuh Gunung Tinggi Sekaligus!

5 Fakta Menarik Desa Sembungan: Desa Tertinggi di Pulau Jawa!

5 Fakta Menarik Desa Sembungan: Desa Tertinggi di Pulau Jawa! credit: objekwisatadieng.com

Percaya atau tidak – salah satu daya tarik utama di Desa Sembungan adalah kelilingan gunung yang ada di sana. Jika udara tengah bersih – lo bisa melihat kalau desa tersebut dikeliling oleh tujuh gunung tinggi sekaligus.

Tujuh gunung tersebut adalah Gunung Prau, Merbabu, Merapi, Sindoro, Telomoyo, Ungaran dan Lawu. Bisa dibayangkan bagaimana keindahannya jika semua gunung tinggi ini terlihat dengan jelas dari Desa Sembungan?

Dua Telaga, Sebuah Legenda – Desa di Atas Awan!

5 Fakta Menarik Desa Sembungan: Desa Tertinggi di Pulau Jawa!

5 Fakta Menarik Desa Sembungan: Desa Tertinggi di Pulau Jawa! credit: diengsmart.com

Selain pegunungan tinggi yang mengelilingi Desa Sembungan, di sana terdapat berbagai pemandangan alam juga yang bisa lo nikmati lho. Sebut saja seperti Telaga Cebong, Telaga Pakuwujo yang mempunyai pemandangan alam yang indah.

Kemudian, selain pemandangan alam yang indah, Desa Sembungan juga menjadi salah satu desa dengan daya tarik sebuah legenda. Legenda tersebut adalah legenda rambut gimbal di Kawah Sidikang dan Candi Arjuna.

Oh iya, saking tingginya lokasi Desa Sembungan, akhirnya desa ini mendapatkan julukan yaitu Desa di atas awan.

Akses ke Desa Sembungan

Duh buat lo yang sudah makin penasaran dengan deretan keindahan alam yang ada di Desa Sembungan, lo bisa menempuh perjalanan dari Wonosobo, ke Dieng Kulon dan melewati Desa Sikungan.

Atau jalur lainnya adalah melalui Wonosobo dan lo bisa kea rah PLTA Garung dengan melewati Desa Mlandi, lalu ke Air Terjun Sikarim dan barulah bisa sampai ke Desa Sembungan tersebut.

Wah bagaimana nih bro? Benar-benar makin penasaran ya sama keindahan alam yang ada di Desa Sembungan? Segera luangkan waktu untuk datang ke sana ya!

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image – travelingyuk.com

Wilderness Beginner

8 COMMENTS

SHARE
Jadi pengen ke sana
Nice Info..
Boleh nih coba kesana
wah keren nih?
bro 1 hari bisa dapet berapa point?
Semoga bisa ke sana. Amin
Wah sangat indah apalagi desa diketinggian
Diatasnya dieng