JUN 11, 2019

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan!

Daerah Karanganyar pas dikunjungi pelancong yang hobi berwisata kuliner selama liburan. Apa saja makanan enak yang patut dijajal wisatawan di sana? Cek jawabannya di bawah ya bro!


Pada masa liburan, wisatawan bisa melepas dengan pergi ke suatu daerah sembari menjajal kuliner enak. Salah satu daerah asal Indonesia yang memiliki beragam kuliner unik dan lezat adalah Karanganyar, Jawa Tengah. Apa sajakah kuliner enak yang wajib dijajal pelancong di Karanganyar? Di mana sajakah itu? Silakan cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

1. Ayam Tim Mbok Yem

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan!

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan! Photo Credit: instagram.com/rth_kusuma

Apabila lo mencari tempat makan dengan pilihan kuliner lezat di Karanganyar, Ayam Tim Mbok Yem bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sana, wisatawan dapat mencicipi ayam bercita rasa gurih dengan tekstur empuk. Makanan tersebut biasanya dihidangkan bersama sambel hijau lezat yang bakal membuat lo merasa ketagihan.

Perlu lo ketahui, Ayam Tim Mbok Yem merupakan salah satu dari sekian tempat makan legendaris di Karanganyar. Pelancong bisa mendatangi tempat ini untuk membeli oleh-oleh makanan yang nantinya diserahkan ke keluarga atau teman dekat. Lokasi Ayam Tim Mbok Yem terletak di wilayah Karangpandan. Apakah lo pernah mendatangi tempat ini?

2. Sate Kambing Mbah Sadir

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan!

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan! Photo Credit: instagram.com/satekambingmbahsadir

Lo bisa menemukan rumah makan ini di daerah Pendem Mojogedang, Karanganyar. Sesuai dengan namanya, tempat ini hanya menjajakan kuliner sate kambing saja. Meski demikian, Sate Kambing Mbah Sadir tetap ramai dipadati pengunjung lantaran menghadirkan hidangan sate yang begitu lezat dan gurih.

Banyak pihak menganggap kelezatan sate di sini melampaui sate pada umumnya. Mbah Sadir selaku pemilik tempat makan ini diketahui menambahkan bumbu khas Karanganyar ke dalam sate buatannya sehingga rasa yang dihasilkan cenderung lebih gurih dan renyah. Jangan lupa datang ke tempat makan ini ya bro!

3. Euphoria Karanganyar

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan!

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan! Photo Credit: instagram.com/euphoria_karanganyar

Tempat makan kekinian ini direkomendasikan bagi pelancong millenials. Euphoria Karanganyar mengusung konsep “Taste of Happiness” yang cocok dengan gaya anak muda. Tempat makan ini kabarnya merupakan salah satu cabang dari grup kuliner Euphoria. Euphoria Karanganyar bisa lo temukan di Jalan Lawu, Cangakan Timur, Karanganyar.

Salah satu daya tarik Euphoria Karanganyar terletak pada desain tempatnya yang instagrammable. Lo dapat puas menjepret foto di sekitar sini. Selain itu, pengunjung juga bisa menyantap makanan sembari menonton pertunjukkan musik yang dibawakan para musisi di area panggung. Dengan demikian, Euphoria Karanganyar bisa menjadi destinasi kuliner menarik buat lo yang ingin menikmati masa liburan bersama teman atau keluarga.

4.  Rumah Teh Ndoro Donker Kemuning

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan!

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan! Photo Credit: instagram.com/anggreaninoviaiswari

Wisatawan dapat menyambangi tempat makan ini di Jalan Karangpandan-Ngargoyoso, Puntukrejo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Saat berkunjung ke Rumah Ndoro Donker Kemuning, lo bisa memilh beragam teh yang dibuat dengan kualitas bermutu. Hidangan serta pelayanan yang diberikan tempat makan ini juga dikenal berkualitas sehingga pengunjung akan dibuat betah berlama-lama.

Salah satu keunikan Rumah Ndoro Donker Kemuning juga terletak pada lokasinya yang menyuguhkan suasana tenang dan nyaman. Di sini, pengunjung dapat mencicipi teh sembari menikmati pemandangan kebun teh dan gunung yang indah. Mantap sekali, bukan?

Selain teh, Ndoro Donker kabarnya juga menjajakan sejumlah kuliner lezat kepada para pengunjung. Contohnya adalah nasi goreng serta berbagai camilan gurih. Tempat makan ini kabarnya bisa ditemukan wisatawan di tengah-tengah perjalanan menuju Candi Ceto. Jangan lupa sempatkan waktu meminum teh di sini ya bro!

5. Soto Karang

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan!

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan! Photo Credit: instagram.com/solomediabisnis

Di wilayah Karanganyar, wisatawan juga dapat menemukan beberapa warung makan yang menjual kuliner soto karang. Salah satunya berlokasi di sisi utara alun-alun kota. Sekali mencoba soto karang di sana, lo akan dibuat terlena dengan rasanya yang gurih dan lezat. Makanan ini sangat pas dikonsumsi pada malam hari atau saat cuaca tengah dingin.

Soto Karang memiliki cita rasa unik yang membuatnya diminati banyak orang di Karanganyar. Bahan baku pembuatan soto ini di antaranya adalah kentang goreng, irisan iga sapi berukuran besar, bawang goreng, nasi, potongan daun seledri, dan kecambah. Asal usul nama makanan ini kabarnya terinspirasi dari tampilannya yang mirip dengan karang di laut.

Salah satu keunikan soto ini terletak pada kehadiran potongan iga berukuran besar yang mempunyai tekstur lembut. Selain itu, soto ini memiliki kuah gurih yang bakal membuat lo tertarik mencicipinya berkali-kali. Rasa gurih tersebut tercipta dari hasil perpaduan bawang putih, serai, lengkuas, jahe, dan daun bawang. Jika berniat menjajal soto karang, lo dianjurkan mengaduk makanan ini terlebih dahulu agar rasanya bertambah nikmat. Oke, bro?

6. Molen Pisang Imut

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan!

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan! Photo Credit: intanpari.com

Traveling ke Karanganyar rasanya kurang lengkap bila tidak mencicipi molen imut khas daerah ini sendiri. Molen imut diketahui menjadi salah satu kuliner yang banyak diburu wisatawan di Karanganyar. Makanan ini terbuat dari bahan berupa irisan Pisang Bawe Tanduk matang yang dibalut adonan tepung terigu untuk kemudian digoreng. Rasanya nikmat sekali deh bro!

Biasanya, makanan ini dihidangkan bersama taburan gula manis. Selain enak, hal lain yang membuat molen imut diincar banyak orang adalah harganya yang terjangkau. Dengan demikian, wisatawan tak perlu merogoh kocek lebih dalam hanya untuk bisa mencicipi makanan ini. Lo dapat menemukan molen imut di sekitar daerah pasar dan terminal Tawangmangu.

7. Bale Branti

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan!

Rekomendasi 7 Kuliner Enak di Karanganyar, Wajib Dijajal Pelancong saat Liburan! Photo Credit: instagram.com/balebranti

Kafe dengan desain arsitektur khas Jawa ini juga patut lo kunjungi selama berlibur di Karanganyar. Di Bale Branti, wisatawan bisa menikmati beragam pilihan  teh sekaligus melihat panorama perkebunan yang memukau. Tempat ini menyuguhkan udara sejuk khas pegunungan yang bakal membuat lo menjadi lebih rileks.

Selain teh, lo juga dapat menyantap Ayam Goreng Tim yang dikenal memiliki daging empuk dan rasa gurih. Ada juga beberapa camilan lezat yang bisa dijajal pengunjung di sini, contohnya seperti Pohong Kluwo Areh, tape, dan pisang goreng. Jangan lupa datang ke kafe ini ya bro!

Demikian 7 tempat makan enak yang bisa lo temukan di Karanganyar, Jawa Tengah. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang hobi berwisata kuliner selama liburan. Selamat mencicipi makanan di tempat-tempat di atas ya bro!

Source: industry.co.id

Feature Image - instagram.com/balebranti


Please login to comment
16 COMMENTS
Hari Tristiyanto
June 11, 2019 at 2:28 PM

Aneka Citra rasa indonesia ... keren


Amir Mahfudzi
June 11, 2019 at 3:13 PM

Bisa dicoba semua nih


Ricko Pratama Putra
June 11, 2019 at 6:34 PM

Bikin Ngiler


anjas zulkifli
June 11, 2019 at 6:43 PM

makanannya lezat banged


dephy
June 11, 2019 at 9:39 PM

MINGGU DEPAN HARUS KESANA


Rico Marselino
June 14, 2019 at 10:45 PM

Indonesiaku


Ikbalagri
June 15, 2019 at 12:24 AM

Rumah teh perlu dicoba atau soto karang nya


Resatya Oktafitullah SAV
June 15, 2019 at 2:17 AM

Sotonya seger tuh kayaknya


Gilang Agis Saputra
June 15, 2019 at 3:39 AM

JADI PENGEN NYICIPIN


Kristian Mustafa
June 15, 2019 at 8:14 AM

Keliatannya enak semua makanannya.


Zul Asfi Rusman
June 16, 2019 at 8:03 AM

Indonesia selidiki


Ricko Pratama Putra
June 16, 2019 at 11:10 PM

Keren... mantabs..


Fajar Satritama
June 17, 2019 at 1:23 AM

Jadi pengen kesana bro


Nadif Ahmad Hasan
June 17, 2019 at 11:48 AM

Pengen nyoba


Wafiroel N
June 18, 2019 at 8:58 AM

ngeteh di kebun teh asik nih


Jefri Sani
June 18, 2019 at 9:48 AM

Mantap kali kalo mampir mau coba