JUN 12, 2019

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik

Selain berenang, aktivitas seru lain yang bisa lo lakukan di pantai adalah berfoto di sekitar batu karang. Apa saja pantai di Indonesia yang menyuguhkan panorama batu karang indah? Temukan jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!


Indonesia memiliki banyak destinasi wisata pantai indah yang cocok dijadikan tempat untuk melepas penat atau suntuk. Keindahan sejumlah pantai di negeri ini tak jarang ditunjang oleh kehadiran batu karang unik dan eksotis. Apa saja pantai di Indonesia yang menyuguhkan panorama batu karang indah? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

1. Pantai Tanjung Papuma, Jember

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik. Photo Credit: ksmtour.com

Saat berwisata ke Tanjung Papuma, pelancong akan disuguhi pemandangan pantai berpasir putih yang menakjubkan. Lo juga dapat menemukan batu karang eksotis yang berdiri kokoh di sekitar tanjung ini. Untuk bisa sampai ke Tanjung Papuma, wisatawan harus melewati jalur menanjak dan berkelok yang banyak ditumbuhi pepohonan rindang.

Salah satu spot favorit wisatawan untuk menikmati keindahan Tanjung Papuma adalah bukit Sitinggil. Bukit yang memiliki arti nama “tanah tinggi” tersebut bisa dinaiki pengunjung dengan menyebrangi laut dangkal terlebih dahulu. Lo juga bisa menemukan batu-batu malikan yang mampu mengeluarkan bunyi unik ketika diterpa ombak.

Ada banyak pilihan aktivitas seru yang bisa dicoba pengunjung di sini, salah satunya adalah berburu foto. Lo dapat memotret gambar beberapa pulau batu karang eksotis di sekitar Tanjung Papuma, misalnya seperti Pulau Narada dan Pulau Kajang. Seru sekali bukan? Jangan lupa traveling ke sini ya bro!

2. Pantai Bwanna, Sumba

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik. Photo Credit: instagram.com/kapsore

Salah satu destinasi wisata alam yang patut lo datangi selama berlibur di Sumba adalah Pantai Bwanna. Pantai ini menyajikan panorama pesisir cantik yang bakal membuat pelancong terpesona. Lo juga akan dibuat takjub dengan penampakan batu karang eksotis yang ada di sekitar sini.

Banyak orang melukiskan keindahan alam pantai ini seperti surga duniawi. Akses menuju Pantai Bwanna memang tidak begitu mudah. Meski begitu, rasa lelah selama perjalanan nantinya terbayar lunas begitu lo menyaksikan pemandangan pantai ini secara langsung.

Mata lo akan dibius dengan panorama hamparan pasir putih serta tebing tinggi yang begitu menawan. Di area bibir Pantai Bwanna, wisatawan juga bisa menjumpai karang eksotis dengan lubang setengah lingkaran. Karang tersebut seolah-olah nampak seperti gerbang yang siap membawa pelancong ke dunia baru. Menarik sekali bukan? Segera berkunjung ke sini ya bro!

3. Pantai Gigi Hiu

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik. Photo Credit: backpackerjakarta.com

Pantai cantik ini tak boleh dilewatkan wisatawan yang gemar berburu foto selama liburan. Ketika menyambangi Pantai Gigi Hiu, lo dapat melihat pemandangan bebatuan batu karang yang instagrammable. Keindahan batu-batu tersebut cocok diabadikan dalam kamera untuk kemudian diunggah ke media sosial.

Wisatawan bisa menemukan batu-batu karang tinggi nan eksotis ini di sekitar bibir pantai. Hampir setiap batu di sini mempunyai bentuk runcing. Tak heran, asal usul nama pantai ini terilhami dari kehadiran tebing dengan rupa mirip ikan hiu yang muncul dari permukaan. Unik sekali, bukan?

Wara setempat menyebut karang di sini dengan sebutan “Batu Layar” lantaran dapat mengembang seperti perahu layar. Pantai Gigi Hiu bisa menjadi destinasi wisata ideal bagi pelancong yang ingin lepas dari suasana perkotaan. Pemandangan indah pantai ini bakal mengurangi beban yang menumpuk pikiran lo secara perlahan.

4. Pantai Tanjung Layar Sawarna, Banten

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik. Photo Credit: flickr.com

Di Banten, wisatawan bisa mengunjungi Pantai Tanjung Layar yang dikenal memiliki batu karang indah. Saat mendatangi pantai ini, lo bakal melihat dua tebing karang besar yang berbentuk seperti layar. Jika diperhatikan sekilas, bentuk dua karang tersebut memang menyerupai layar kapal yang hendak berlabuh.

Untuk bisa mengunjungi karang layar, wisatawan perlu menunggu laut surut terlebih dahulu. Jika sudah, lo baru bisa pergi ke karang layar dengan menyebrangi kolam-kolam kecil yang tercipta dari sisa genangan air laut. Kolam-kolam tersebut tak jarang diisi ikan kecil berwarna cantik serta bintang laut.

Salah satu momen indah yang bisa disaksikan pengunjung di Pantai Tanjung Layar adalah ketika dua karang layar diterpa ombak. Saat itu, lo bakal dibuat terkesima dengan pemandangan ombak menabrak batu karang setinggi 3 meter. Momen magis ini tentu akan menyegarkan pandangan dan pikiran lo secara bersamaan.

5. Pantai Klayar

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik. Photo Credit: traveladvisor.id

Salah satu keunikan Pantai Klayar terletak pada bebatuan karang di sekitarnya yang mampu mengeluarkan bunyi “siulan” ketika diterpa ombak. Pantai ini menyuguhkan pemandangan alami disertai hamparan karang eksotis. Di samping itu, pantai ini juga mengundang perhatian wisatawan lantaran memiliki pasir putih yang indah.

Destinasi wisata ini memiliki garis pantai tidak terlalu panjang yang jarang dijamah wisatawan. Kontur dan tekstur Pantai Klayar juga cukup beragam. Saat bertandang ke sini, lo bisa menemukan karang mirip bangunan Sphinx asal Mesir. Wisatawan juga dapat melihat dua karang tinggi yang berdiri kokoh di bagian timur pantai ini. Di antara himpitan karang tesebut, ada pulau karang yang terlihat begitu menawan.

Sementara itu, dii sisi barat, lo bisa mengamati hamparan tebing karang dengan tinggi lebih dari 50 meter. Salah satu momen unik yang bisa dilihat wisatawan di Pantai Klayar adalah kemunculan air mancur alami ketika ombak menabrak tebing karang yang berongga. Di sekitar pantai ini, lo juga dapat melihat air terjun kecil dengan ketinggian sekitar 2 meter.

6. Pantai Lumbung, Tulungagung

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik

Mengintip 6 Pantai Indah di Indonesia yang Disertai Batu Karang Unik. Photo Credit: nulis.co.id

Pantai indah yang disertai batu karang unik juga dapat lo temukan di Tulungagung, Jawa Timur. Salah satu contoh pantai dengan hamparan karang mengesankan di daerah ini adalah Pantai Lumbung. Banyak wisatawan tergila-gila dengan keelokan batu karang besar yang ada di pinggir pantai ini.

Asal usul nama pantai ini kabarnya berasal dari kata dalam bahasa Jawa, yakni “watu lumbung”. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata tersebut memiliki makna “batu raksasa.”  Bila hendak berlibur ke sini, wisatawan harus siap melewati jalur dengan kondisi rusak.

Meski begitu, segala kesulitan yang lo ditemui diperjalanan akan terbayar begitu sampai di pantai ini. Mata lo akan tersihir keindahan panorama lautnya serta hamparan pasir pantainya yang begitu memesona. Di sekitar Pantai Lumbung, lo juga dapat menemukan bukit yang bisa dijadikan tempat melepas penat.

Demikian 6 pantai indah di Indonesia yang memiliki batu karang unik. Semoga informasi di atas berguna buat lo yang membutuhkan referensi tempat liburan seru. Dari keenam pantai di atas, manakah yang paling ingin lo kunjungi terlebih dahulu?

Source: situshotel.com

Feature Image - instagram.com/kapsore


Please login to comment
14 COMMENTS
Fajar Satritama
June 12, 2019 at 11:23 AM

Infonya bermanfaat sekali bro


anjas zulkifli
June 12, 2019 at 11:25 AM

nice info broo


Kristian Mustafa
June 12, 2019 at 1:06 PM

Pantai Bwana di sumba sangat menarik.


Ricko Pratama Putra
June 12, 2019 at 8:11 PM

Nice Infonya


Resatya Oktafitullah SAV
June 13, 2019 at 12:10 AM

Keren tuhhh


Ahmad nur zabidin
June 13, 2019 at 6:38 AM

Psntainya kaya purpakala di tv tv bro


dephy
June 13, 2019 at 6:47 AM

SELALU MENARIK UNTUK PERGI KEPANTAI


Amir Mahfudzi
June 13, 2019 at 7:54 AM

Baru pernah ke pantai klayar


Hari Tristiyanto
June 13, 2019 at 8:47 AM

Cm satu kata "Mempesona"


Rico Marselino
June 13, 2019 at 10:05 AM

thanks tjuy


Wafiroel N
June 13, 2019 at 10:24 AM

di daerahku gak ada


Frida Fatah
June 14, 2019 at 11:28 AM

keren keren,


anjas zulkifli
June 15, 2019 at 2:40 PM

nice info..


Ardhi Prabowo
June 15, 2019 at 3:15 PM

PANTAI BWANA DI SUMBA SANGAT MENARIK.