3 Hal yang Perlu Untuk Lo Ketahui Seputar Keindahan di Pantai Base G, Jayapura!

Berada di Jayapura berarti lo bisa menikmati keindahan alam yang ada di Pantai Base G. Penasaran? Lihat saja beberapa informasinya di bawah ini!

3 Hal yang Perlu Untuk Lo Ketahui Seputar Keindahan di Pantai Base G, Jayapura!

Keindahan alam yang ada di Papua memang sudah menjadi sebuah daya tarik pariwisata di Indonesia. Tak heran apabila banyak dari para penikmat alam yang suka untuk datang serta melihat secara langsung keindahan yang ada di sana. Nah, salah satu pantai yang menarik perhatian di pulau ini ialah Pantai Base G. Selain indah ternyata pantai ini juga memiliki cerita untik loh.

Pantai Base G sendiri terletak di sebelah barat Kota Jayapura, Papua. Kurang lebih sekitar 10 km dari Kota Jayapura dan hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit perjalanan dari Jayapura untuk bisa sampai ke lokasi pantai ini. Bentangan pasir putih yang indah beserta dengan kondisi alam khas Papua pun menjadi daya tariknya.

Banyak juga orang yang bertanya-tanya mengapa namanya Base G? Daripada lo semakin penasaran langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini dan semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa. Jangan sampai lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari Pantai Base G ini sendiri yaa bro, karena kalau bukan kita yang memulainya, siapa lagi?

Keunikan dari Pantai Base G – Dibalik Nama yang Unik

3 Hal yang Perlu Untuk Lo Ketahui Seputar Keindahan di Pantai Base G, Jayapura!

3 Hal yang Perlu Untuk Lo Ketahui Seputar Keindahan di Pantai Base G, Jayapura! Credit: /ksmtour.com

Nama dari pantai ini sendiri memang sering mendatangkan pertanyaan. Sebab kalau disadari namanya pun bukan dari Bahasa Indonesia melainkan menggunakan Bahasa Inggris. Nah, untuk itu di dalam poin ini lo akan menemukan jawaban mengapa pantai ini memiliki nama yang terbilang cukup unik ini.

Perlu untuk lo ketahui pula kalau sebenarnya pantai ini pada awalnya memiliki nama Pantai Tanjung Ria, namun memang masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Pantai Base G. Pantai yang terletak di Tanjung Ria ini merupakan saksi sejarah Perang Dunia ke II pada tahun 1944.

Pada waktu itu pantai ini digunakan oleh para pasukan sekutu untuk mendirikan basis militer di sekitar kawasan pantai ini dengan nama Base G Camp. Dari situlah para masyarakat sekitar pun lebih mengenal pantai ini dengan sebutan itu. Pantai ini pun juga memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah dan masih alami serta asri.

Keunikan dari Pantai Base G – Kondisi Pantai

3 Hal yang Perlu Untuk Lo Ketahui Seputar Keindahan di Pantai Base G, Jayapura!

3 Hal yang Perlu Untuk Lo Ketahui Seputar Keindahan di Pantai Base G, Jayapura! Credit: picdeer.com

Daya tarik dari pantai ini terlihat dari apa yang bisa lo pandang pertama kalinya, yaitu sebuah hamparan pasit putih yang indah beserta dengan perairannya yang berwarna biru muda. Ombaknya pun sangat tenang, sehingga bisa menjadi tempat untuk lo bisa menghilangkan rasa penat lo.

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk lo bisa bersantai karena suguhan khas terbitnya matahari pagi pun akan memanjakan mata siapun yang melihatnya. Kembali membicarakan mengenai perairannya, lo juga bisa melihat air berwarna kebiruan yang ikut memantulkan keindahan matahari pagi yang berwarna keemasan.

Mengenai keamanan di pantai ini pun lo sudah tidak perlu khawatir lagi, sebab pihak pengelola sudah memasang pemecah karang sekitar satu kilometer dari pantai untuk mengurangi besarnya ombak, Dan hal tersebut yang juga menjadi alasan mengapa kondisi ombak di pantai ini pun cukup tenang. Belum lagi dengan pepohonan hijau yang tumbuh disekitar pantai, sungguh menjadi sebuah perpaduan keindahan alam yang luar biasa mengagumkan.

Keunikan dari Pantai Base G – Aktivitas yang Bisa Lo Lakukan

3 Hal yang Perlu Untuk Lo Ketahui Seputar Keindahan di Pantai Base G, Jayapura!

3 Hal yang Perlu Untuk Lo Ketahui Seputar Keindahan di Pantai Base G, Jayapura! Credit: commons.wikimedia.org

Tentu dengan keindahan alam yang ada di dalam kawasan pantai ini, lo juga bisa melakukan beberapa aktivitas yang bisa membuat waktu lo berada di pantai ini pun semakin indah. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan yang sering berdatangan. Kawasan pantai ini pun juga sering menjadi tempat liburan bagi para masyarakat lokal.

Mengelilingi pantai dengan perahu, berenang, memancing ataupun menyelam menjadi aktivitas yang bisa lo lakukan ketika berada di Pantai Base G. Pantai ini juga memiliki pondok-pondok dan juga bangku yang dibangun oleh warga setempat.

Selain itu, pohon-pohon yang ada di pantai ini juga bisa menjadi tempat untuk beteduh. Karena memang jumlah pohon di tepian pantai ini pun terbilang cukup banyak. Salah sastu pohon yang menarik perhatian ialah Pohon Keben. Karena memang pohon ini memiliki bentuk yang indah.

**

Cara Menuju ke Pantai Base G

3 Hal yang Perlu Untuk Lo Ketahui Seputar Keindahan di Pantai Base G, Jayapura!

3 Hal yang Perlu Untuk Lo Ketahui Seputar Keindahan di Pantai Base G, Jayapura! Credit: /pelancongnekad.wordpress.com/

Buat lo yang ingin mengunjungi pantai ini, tentunya hal pertama yang patut untuk lo lakukan ialah sampai di Jayapura terlebih dahulu. Jika menggunakan pesawat maka lo akan tiba di bandara Sentani dan dapat melanjutkan perjalanan dengan Bus Damri dengan tariff Rp. 50.000 hingga Kota Jayapura.

Perjalanan lo pun akan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum, terifnya sekitar Rp. 5.000 kemudian untuk sampa di pantainya lo bisa menggunakan jasa ojek dengan tarif sekitar Rp. 10.000. Namun buat lo yang tidak ingin ribet, lo bisa menyewa kendaraan dengan tarif sekitar Rp. 500.000 untuk seharian.

Kembali lagi, pagi hari memang merupakan waktu yang tepat untuk menikmati keindahan alam di Pantai Base G secara maksimal. Karena kondisi pantai yang sepi akan lo dapatkan. Bukan hanya itu saja, setelah pulang dari pantai pun lo bisa menikmati kuliner-kuliner nikmat di dekat pantai loh.

Perlu untuk diketahui juga nih bro, masuk ke dalam kawasan Pantai Base G ini akan dikenakan biaya yang cukup murah. Untuk kendaraan roda dua akan dikenakan tarif sekitar Rp. 5.000 dan untuk kendaraan roda empat sekitar Rp. 10.000. Jangan lupa pula untuk menyiapkan dana lebih untuk membayar parkir kendaraan lo yaa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Pantai Base G di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa, Yang paling terpenting ialah untuk selalu menjaga keberseihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeskplorasi keindahan alam yang ada di Indonesia!

Source: ksmtour.com

 

 

Featured Image: labuancermin.blogspot.com

 

Wilderness Beginner pantai solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Mksh Infonya Brads
Mataps sekaleee
PANTAI YANG MENJADI SAKSI SEJARAH PERANG DUNIA KE II
Indonesia timur!!
thanks info tjuy
Jadi pengen.. Jadi pengen...
Pengen kesana tp kejauhan
pantai yg kren ...
MANTAP INFONYAA
Masih alami sepertinya