JUN 12, 2019

4 Alasan Ubud Akan Ditetapkan Jadi Spot Wisata Kuliner Dunia Oleh UNWTO!

Ubud akan jadi spot wisata kuliner dunia nih! Membanggakan, ya! Semoga penetapan ini akan cepat terjadi - dan buat lo yang belum pernah ke Ubud - ayo dong luangkan waktu untuk berpetualang ke sana, bro!


Selain pantai-pantai eksotis yang sudah populer di kalangan para petualang, baik mereka yang berasal dari dalam negeri atau mancanegara, Bali mempunyai deretan spot petualangan eksotis lainnya. Salah satunya Ubud.

Ubud menjadi salah satu spot petualangan di Bali yang mesti lo datangi. Di sana, lo akan mendapatkan pemandangan keindahan alam yang cukup berbeda dari Bali yang selalu identik dengan pantai. Ubud adalah perbukitan hijau, terasering persawahan yang menguning, serta kearifan lokalnya yang ramah.

Oleh karena itu, tidak sedikit para petualang yang mencari waktu untuk sendirian, pergi ke Ubud. Oh iya, Ubud juga terkenal sebagai salah satu daerah di Bali yang terkenal dengan segala karya seni, lho. Seni lukis, patung, tari, bahkan tulisan – dan masih banyak lagi – muncul dari Ubud.

Bahkan sampai ada bercandaan kalau lo adalah seorang penulis atau orang hobi menulis – tidak afdol jika traveling ke Bali tidak mengunjungi Ubud. Banyak penulis dan segala seniman menetap di Bali karena ketenangan yang ada di sana.

Nah, selain hal-hal di atas ada hal lain yang menjadi salah satu alasan utama buat lo harus datang ke Ubud. Belum lama, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata, menginisiasi Ubud untuk jadi destinasi atau spot wisata kuliner dunia.

Membanggakan bukan? Ya Ubud juga terkenal dengan kuliner-kuliner khas yang bercita rasa luar biasa. Melihat hal ini – pemerintah dan Kementerian Pariwisata memutuskan untuk mengajukan Ubud ke UNWTO agar Ubud diresmikan atau ditetapkan jadi spot wisata kuliner dunia.

United Nation World Tourism Organization – UNWTO akan meninjau Ubud atas pengajuan ini. Ubud adalah salah satu spot petualangan yang berpotensi tinggi untuk jadi Destinasi Gastronomi. Duh apa lagi ya destinasi Gastronomi itu?

Destinasi atau Spot Gastronomi adalah sebuah destinasi bertaraf internasional dan global yang ditetapkan oleh Badan Pariwisata Dunia berdasarkan kekayaan dan keanekaragaman budaya yang luar biasa.

Lalu mengapa Ubud yang diajukan untuk jadi spot tersebut? Hal ini tentu terkait keberadaanya di Bali yang sudah menjadi salah satu pusat petualangan dunia. Banyak petualang dari manapun mengunjungi Bali. Nah, karena Ubud ada di sana – populeritasnya akan mudah dicapai karena banyak pengunjung atau petualang yang datang ke sana.

Selain itu, setidaknya ada empat alasan lain yang menguatkan Ubud untuk jadi salah satu destinasi atau spot wisata kuliner dunia. Penasaran apa saja empat alasan tersebut? Sila simak bahasan ini terus ya!

Kekayaan dan Keanekaragaman Budaya yang Luar Biasa

4 Alasan Ubud Akan Ditetapkan Jadi Spot Wisata Kuliner Dunia Oleh UNWTO!

4 Alasan Ubud Akan Ditetapkan Jadi Spot Wisata Kuliner Dunia Oleh UNWTO! credit: somethingoffreedom.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalau Ubud adalah salah satu daerah di Bali yang mempunyai kekayaan dan keanekaragaman budaya yang luar biasa. Ini jadi salah satu alasan mengapa Ubud diajukan sebagai spot wisata kuliner dunia.

UNWTO juga akan melihat Indonesia secara keseluruhan. Hal itu akan meningkatkan potensi kalau Indonesia mempunyai 1.340 suku, 300 etnik, dan berbagai kekayaan lainnya termasuk 88 juta hektar hutan hujan tropis yang berpotensi tinggi mengandung keindahan alam yang luar biasa.

Dengan nantinya penetapan Ubud sebagai salah satu spot wisata kuliner dunia – pemerintah serta Kementerian Pariwisata menyatakan adanya sebuah harapan yang akan mengangkat pariwisata dan ekonomi masyarakat lokal.

Sehingga hal ini tentu akan mampu membuka lapangan pekerjaan baru di industry Food and Beverage. Jelas hal ini adalah hal yang baik untuk Indonesia, Ubud, dan masyarakat sekitar yang tinggal di sana.

Kuliner Berperan Besar dalam Pengalaman Petualangan

4 Alasan Ubud Akan Ditetapkan Jadi Spot Wisata Kuliner Dunia Oleh UNWTO!

4 Alasan Ubud Akan Ditetapkan Jadi Spot Wisata Kuliner Dunia Oleh UNWTO! credit: blogunik.com

Percaya atau tidak nih bro – kalau kuliner punya peran yang cukup besar dan penting dalam memberikan pengalaman di sebuah petualangan dan perjalanan. Ingat kalau lo pergi ke suatu tempat dan yang lo ingat adalah makanan khasnya?

Ditambah dengan fakta yang diungkap langsung oleh Menteri Pariwisata bahwa spending pariwisata 30%-40% itu ada di kuliner. Secara keseluruhan, jika ditambah dengan belanja, maka angka tersebut akan mencapai di level 75%.

Angka yang cukup tinggi untuk sebuah spot wisata kuliner – angka ini diharapkan akan bertahan bahkan cenderung naik jika memang nantinya Ubud jadi ditetapkan spot wisata kuliner dunia oleh UNWTO.

Indonesia Belum Ada National Food

4 Alasan Ubud Akan Ditetapkan Jadi Spot Wisata Kuliner Dunia Oleh UNWTO!

4 Alasan Ubud Akan Ditetapkan Jadi Spot Wisata Kuliner Dunia Oleh UNWTO! credit: foodfuntravel.com

Bukan sebagai kekurangan dalam sektor pariwisata Indonesia – namun memang negara yang kaya akan keberagaman ini tidak ada nation food seperti Malaysia dengan nasi lemak, Singapura dengan laksa, atau Thailand dengan tom-yamnya.

Indonesia memiliki banyak ragam makanan serta kuliner dengan berbagai juga cita rasa khas yang luar biasa. Oleh karena itu, rasanya Indonesia pertama Ubud cukup pantas untuk jadi destinasi atau spot wisata kuliner dunia.

Penetapan Lima Makanan Khas Indonesia

4 Alasan Ubud Akan Ditetapkan Jadi Spot Wisata Kuliner Dunia Oleh UNWTO!

4 Alasan Ubud Akan Ditetapkan Jadi Spot Wisata Kuliner Dunia Oleh UNWTO! credit: indonesia.tripcanvas.co

Dengan pengajuan atau inisiasi pemerintah serta Kementerian Pariwisata untuk meminta UNWTO menjadikan serta menetapkan Ubud jadi spot wisata kuliner dunia – mereka juga menetapkan setidaknya ada lima makanan khas Indonesia yang ikut jadi alasannya.

Soto, rendang, nasi goring, sate dan gado-gado adalah lima makanan khas tersebut. Jika nanti Ubud berhasil menjadi destinasi atau spot wisata kuliner khas dunia – hal ini juga akan diterapkan ke kota-kota lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, Solo dan Semarang.

Wah bagaimana nih bro menurut lo untuk Ubud dijadikan spot wisata kuliner dunia? Apakah lo ada usul daerah mana lagi yang bisa dijadikan spot yang sama?

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image – theculturetrip.com


Please login to comment
16 COMMENTS
Kristian Mustafa
June 12, 2019 at 12:55 PM

Nasi Goreng Juaranya.


Hari Tristiyanto
June 12, 2019 at 1:27 PM

Asri beud


Resatya Oktafitullah SAV
June 12, 2019 at 11:41 PM

Kangen ubud ????


Fajar Satritama
June 13, 2019 at 1:18 AM

Pengen ke Ubud lg


Ahmad nur zabidin
June 13, 2019 at 6:43 AM

Ubud luar biasa indah ..


dephy
June 13, 2019 at 6:49 AM

SEMOGA YOGYAKARTA SEGERA MENYUSUL


Amir Mahfudzi
June 13, 2019 at 7:51 AM

Kulinernya, mantapp


Hari Tristiyanto
June 13, 2019 at 8:44 AM

Gak ada semur daging ya


Rico Marselino
June 13, 2019 at 9:54 AM

bali memang surga


Jefri Sani
June 13, 2019 at 10:30 AM

Bali tak perlu diragukan lg


Nadif Ahmad Hasan
June 13, 2019 at 4:41 PM

Pengen ke Ubud


Ricko Pratama Putra
June 13, 2019 at 8:32 PM

Nendang Oiiii..


anjas zulkifli
June 15, 2019 at 2:40 PM

spot wisata yg kren ..bolrh tuh..kuy bro


Ricko Pratama Putra
June 15, 2019 at 11:50 PM

Mantabsss


Ilianov Pratama
June 16, 2019 at 6:12 AM

MANTAP INFONYAA


Jefri Sani
June 16, 2019 at 2:31 PM

Oooooooh..