6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu!

Salah satu kegiatan yang patut dijajal wisatawan pecinta alam saat liburan adalah berkemah.Sebelum mendirikan tenda di suatu tempat, ada baiknya wisatawan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu agar liburan berjalan lancar dan aman. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 di antaranya. 

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu!

Ketika dilanda stres, lo disarankan berkemah ke tempat wisata alam yang menyuguhkan suasana asri. Sebelum mendirikan tenda di suatu tempat, ada baiknya wisatawan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu agar liburan berjalan lancar dan aman. Apa sajakah hal-hal yang harus dicermati bila hendak mencari lokasi kemah? Silakan cek tulisan di bawah ya bro!

1. Kontur Tanah Datar

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu!

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu! Photo Credit: merdeka.com

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan wisatawan saat memilih lokasi kemah adalah kontur tanah. Pasalnya, hal ini bakal memengaruhi kenyamanan lo selama menginap. Oleh sebab itu, carilah kontur tanah berkontur datar untuk bisa membangun tenda.

Selain itu, lo juga disarankan memilih tanah yang bertekstur kering. Jangan sampai lo mendirikan tenda di atas tanah lembab karena tanah tipe ini biasanya bersifat konduktor terhadap sengatan petir. Oleh sebab itu, pilihlah tanah kering demi alasan keamananan.

Wisatawan juga dianjurkan tidak membangun tenda di tanah berkerikil atau bergelombang karena dipengaruhi akar tanaman. Keadaan tanah yang tidak rata tentu akan menganggu kenyamanan tidur lo di atas tenda. Setuju ‘kan bro?

2. Menjauhi Jalur Pendakian

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu!

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu! Photo Credit: cleverhunters.com

Bila hendak berkemah, lo juga perlu memikirkan perasaan serta kenyamanan wisatawan lain. Pokoknya, jangan sampai kegiatan berkemah lo menganggu ketenangan pengunjung lain. Salah satu contohnya adalah dengan tidak memilih lokasi tenda di jalur pendakian.

Pendirian tenda di jalur pendakian tentu akan mengusik kenyamanan wisatawan lain. Pasalnya, kehadiran tenda lo bakal menghambat perjalanan mereka menuju tempat tujuan. Hal ini ditakutkan dapat memicu pertikaian antara lo dengan pendaki lainnya. Alhasil, momen liburan lo pun jadi terasa kurang menyenangkan.

Untuk itu, janganlah sekali-kali memilih jalur pendakian sebagai lokasi berkemah. Lo bakal kehilangan privasi serta suasana tenang lantaran banyak pendaki lain berlalu-lalang di sekitar sana. Pilihlah lokasi berkemah yang tenang tanpa menganggu kenyamanan pengunjung lain. Oke, bro?

3. Berlokasi Tidak Jauh dari Sumber Air Bersih

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu!

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu! Photo Credit: discoveringfinland.com

Sumber air bersih merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan pelancong saat mencari lokasi berkemah di suatu kawasan wisata. Pasalnya, lo bakal membutuhkan air bersih untuk berbagai macam keperluan. Contohnya seperti mandi, buang air besar, dan buang air kecil.

Oleh sebab itu, carilah lokasi berkemah yang tidak jauh dari sumber air bersih. Salah satu alasan mengapa hal ini perlu dipertimbangkan wisatawan adalah tidak adanya toilet umum di sekitar area berkemah. Selain itu, lo juga baiknya tidak terus-terusan memakai tisu basah karena ditakutkan habis sebelum waktunya tiba

Wisatawan dianjurkan mencari lokasi berkemah di dekat perairan yang mengalir, misalnya seperti air terjun, sungai, atau danau. Dengan begitu, lo bisa memanfaatkan air bersih untuk mengisi persediaan air minum atau cuci baju. Cukup berguna, bukan? Jadi, jangan lupa mempertimbangkan hal ini ketika berkemah ya bro!

4. Menghadirkan Privasi kepada Pengunjung

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu!

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu! Photo Credit: curbed.com

Contoh lokasi favorit pendaki di antaranya adalah lereng gunung atau puncak bayangan. Banyak orang tertarik mendirikan tenda di sana lantaran suasananya cukup ramai. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya tenda yang dihuni wisatawan di sebelah kanan dan kiri lereng.

Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan betah bermalam di lereng gunung adalah adanya perasaan aman saat berkumpul dengan orang lain. Pelancong pun dapat mencari teman mengobrol dengan mudah di sekitar sana. Lo tentu bisa meminta bantuan wisatawan lain bila sewaktu-waktu berhadapan dengan situasi mendesak.

Menjalin hubungan dengan wisatawan lain memang baik asalkan tidak terlalu berlebihan. Jangan sampai privasi lo terganggu akibat menjalin hubungan yang terlalu dekat dengan orang lain. Selain itu, lo bisa saja kehilangan waktu istirahat karena mendapat gangguan dari orang lain. Jadi, tetap utamakan privasi agar kenyamanan lo tidak terganggu.

5. Tidak Mengambil Tempat di Dasar Lembah atau Ngarai

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu!

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu! Photo Credit: curbed.com

Lo juga sebaiknya mengamati kondisi geografis sebelum mendirikan tenda. Untuk itu, janganlah membangun tenda penginapan di area dasar lembah atau ngarai. Pasalnya, lo bakal merasakan udara dingin dan lembab pada waktu malam hari.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memerhatikan kondisi angin. Lo dianjurkan mendirikan tenda di sekitar pepohonan bila keadaan angin di kawasan wisata terlalu kencang. Dengan begitu, tenda lo tidak akan akan mudah roboh oleh angin kencang.

6. Aman dari Jangkauan Hewan Liar

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu!

6 Kiat Mencari Lokasi Kemah yang Pas saat Liburan, Pendaki Wajib Tahu! Photo Credit: hoodriver.org

Agar keamanan terjaga dengan baik, wisatawan perlu melakukan riset yang mendalam bila hendak menentukan lokasi kemah. Lo bisa menanyakan warga setempat mengenai lokasi kemah yang aman dari hewan liar. Dengan begitu, lo dapat meminimalisir berbagai risiko buruk yang mungkin terjadi sewaktu-waktu selama menginap.

Pastikan tenda lo berdiri di wilayah yang jauh dari kawanan monyet, sarang ular, atau jalur hewan buas. Hal ini tentu akan menjauhkan lo dari berbagai kemungkinan buruk ketika bermalam. Untuk berjaga-jaga, lo juga bisa membekali diri dengan peralatan khusus agar siap mengantisipasi serangan hewan liar. Oke, bro?

Demikian 6 kiat mencari lokasi kemah yang pas untuk berlibur. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang hendak menginap atau berkemah di kawasan wisata tertentu. Jangan lupa menerapkan 6 tips atas agar momen liburan lo berlansung seru ya bro!

Source: kumparan

Feature Image - discoveringfinland.com

Beginner Tenda Camping solo traveling

21 COMMENTS

SHARE
Good Info.
Nice tips
Bermanfaat
Membantu sekali infonya
Mantap infonyaa
Sangat bermanfaat
HARUS MELAKUKAN INFO TERSEBUT
Sangat membatu infonya gan
Nice info..
Tempatnya pun harus mudah dijangkau