JUN 12, 2019

5 Pilihan Kuliner Khas Nias yang Patut untuk Lo Cicipi Ketika Berkunjung ke Sana!

Pulau Nias bukan hanya tempat untuk para pecinta pantai saja, namuna kawasan ini juga memiliki beberapa pilihan kuliner yang tak kalah nikmatnya. Penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Selain dari keindahan alamnya, ternyata Pulau Nias juga memiliki beberapa pilihan kulinernya yang nikmat serta mampu memanjakan lidah lo. Sehingga ketika berkunjung ke pulau ini jangan lupa untuk mencicipinya yaa. Pulau yang dihuni oleh Suku Nias ini konon merupakan salah suku di Indonesia yang masih memiliki budaya megaliik. Sehingga secara tidak langsung lo juga akan merasakan kuliner yang memang sudah ada dari zaman dahulu.

Pulau Nias juga terkenal dengan kebudayaannya yang sangat unik, salah satunya ialah adat lompat batu atau biasa juga disebut dengan Fahombo, budaya ini pun juga sering dipertontonkan kepada wisatawan di puulau ini. Kembali kepada kuliner khas Nias nih bro, memang tidak bisa dipungkiri kalau kuliner di pulau tersebut didominasi daging babi. Namun tidak semuanya kok, sehingga jangan lupa bertanya terlebih dahulu kepada penjualnnya atau orang yang memberikannya yaa.

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan kuliner yang ada di pulau ini, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Tentunya akan sangat disayangkan sekali apabila lo mengunjungi sebuah kawasan namun tidak mencicipi kearifan lokalnya. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

Kuliner Khas Nias – Harinake

5 Pilihan Kuliner Khas Nias yang Patut untuk Lo Cicipi Ketika Berkunjung ke Sana!

5 Pilihan Kuliner Khas Nias yang Patut untuk Lo Cicipi Ketika Berkunjung ke Sana! Credit: id.quora.com

Kuliner pertama yang patut untuk lo cicipi ketika berada di Pulau Nias ialah Harinake, karena ini merupakan kuliner favorit masyarakat lokal. Dan biasanya kuliner ini pun menjadi menu makan siang atau makan malam yang selalu menghiasi meja makan kebanyakan orang yang tinggal di pulau ini.

Rasanya yang nikmat menjadi kunci utama mengapa Harinake menjadi pilihan favorit. Perlu untuk diketahui pula kalau kuliner ini terbuat dari dagi babi cincang yang diiris dengan ukuran kecil-kecil dan tipis-tipis.

Perlu untuk lo ketahui pula, Harinake ini juga merupakan sebuah kuliner yang disajikan untuk menghormati tamu dan mertua. Biasanya juga disajikan satu ekor babi lalu dicincang. Apakah lo tertarik untuk mencobanya?

Kuliner Khas Nias – Gowi Nifufu

5 Pilihan Kuliner Khas Nias yang Patut untuk Lo Cicipi Ketika Berkunjung ke Sana!

5 Pilihan Kuliner Khas Nias yang Patut untuk Lo Cicipi Ketika Berkunjung ke Sana! Credit: phinemo.com

Lo termasuk orang yang suka memakan ubi? Ini bisa menjadi salah satu kuliner yang patut unutk lo cicipi. Tentunya memiliki rasa yang cukup nikmat dan mengenyangkan. Pada masa lampau masyarakat Nias beranggapan kalai makan pagi, siang dan malam tidak lengkap apabila belum makan ubi.

Gowi Nifufu sendiri merupakan ubi yang menjadi hidangan pertama yang dimakan karena pada zaman dahulu beras sangat langka dan mahal di Pulau Nias. Tidak menutup kemungkinan pula kalau lo bisa memakan Gowi Nifufu dengan nasi loh.

Yaap, memakan nasi dengan Gowi Nifufu sendiri juga sering dilakukan baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang. Tentunya akan memberikan sebuah rasa yang unik. Sehingga ketika berkunjung ke Pulau Nias, jangan lupa untuk mencicipinya yaa bro.

Kuliner Khas Nias – Ni’owuru

5 Pilihan Kuliner Khas Nias yang Patut untuk Lo Cicipi Ketika Berkunjung ke Sana!

5 Pilihan Kuliner Khas Nias yang Patut untuk Lo Cicipi Ketika Berkunjung ke Sana! Credit: /merahputih.com

Ingin mencari kuliner unik di Pulau Nias? Ini bisa menjadi salah satu incaran lo bro. Unik? Yaap, karena mulai dari cara pembuatan hingga rasanya pun sulit untuk ditemukan di lain tempat. Dari namanya saja sudah sangat terdengar unik bukan?

Yaap, Ni’owuru merupakan proses mengasinkan daging dan ikan yang memang terbukti bisa membuat daging dan ikan bisa tahan lama. Biasanya kan kalau di luar Pulau Nias hanya ikan saja yang diasinkan, namun di Pulau Nias berbagai daing biasa diasinkan hingga awet.

Perlu untuk lo ketahui pula kalau Ni’owuru sendiri merupakan istilah untuk asinan daging babi. Tapi banyak juga daging lainnya yang diasinkan seperti ayam, sapi ataupun kerbau. Sehingga, jika lo ingin mencicipi kuliner ini lebih baik bertanya terlebih dahulu dengan penjual tentang daging yang diasinkan.

Kuliner Khas Nias – Lehedalo Nifange

5 Pilihan Kuliner Khas Nias yang Patut untuk Lo Cicipi Ketika Berkunjung ke Sana!

5 Pilihan Kuliner Khas Nias yang Patut untuk Lo Cicipi Ketika Berkunjung ke Sana! Credit: merahputih.com

Bosan dengan kuliner yang berbahan dasar daging dan ingin mencicipi kuliner khas Nias yang terbuat dari sayuran dan sejenisnya? Berarti lo harus mencoba Lehendalo Nifange, yaap kuliner ini pun cukup terkenal di Pulau Nias. Bahkan menjadi pilihan favorit para masyarakat lokal.

Kuliner ini terbilang unik karena terbuat dari talas yang direndang. Yaap, biasanya kan lo sudah merasakan daging yang rendang, namun ini merupakan pilihan lainnya yang tak kalah nikmatnya. Biasanya warga Nias menikmati kuliner ini dengan sagu.

Walaupun terbuat dari talas, namun rasa yang dimiliki oleh Lehedalo Nifange tentunya akan membuat memiliki pemikiran lain seputar talas. Tentu juga akan memberikan sebuah pengalaman baru mengenai dunia kuliner lo bro.

Kuliner Khas Nias – Hambae Nititi

5 Pilihan Kuliner Khas Nias yang Patut untuk Lo Cicipi Ketika Berkunjung ke Sana!

5 Pilihan Kuliner Khas Nias yang Patut untuk Lo Cicipi Ketika Berkunjung ke Sana! Credit:: daftarkulinerunik.web.id

Suka dengan kuliner yang memiliki bahan dasar kepiting? Hambae Nititi merupakan pilihan yang tepat untuk lo cicipi. Sebab rasanya yang nikmat serta gurih menjadi alasan yang kuat mengapa banyak dari warga lokal hingga para wisatawan yang ingin sekali untuk memakannya.

Hambae Nititi merupakan kuliner yang terbuat dari daging kepiting yang dicampur dengan santan kelapa. Jika dilihat sekilas, penampilannya pun sangat mirip dengan abon. Rasanya pun sangatlah gurih. Manikmatinya dengan nasi hangat menjadi jawaban yang tepat.

Nah, hidangan ini biasanya ada pada bulan Mei, Juni dan Juli di Hanako, Kecamatan Siromba. Sehingga lo benar-benar harus merencanakan waktu yang tepat untuk bisa menikmatinya. Tentunya lo akan mendapatkan sebuah pengalaman yang baru mengenai kuliner Nusantara ketika sudah mencicipinya.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kulier khas Nias di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo ketika berkunjung ke pulau nan indah ini yaa. Memang setelah sudah bermain-main di alamnya yang indah, menikmati kuliner khasnya pun menjadi sebuah hal yang patut untuk lo lakukan. Semangat selalu dan selalu lestarikan kebudayaan Indonesia!

Source: /phinemo.com

 

 

Featured Image: wisataku.id

 


Please login to comment
17 COMMENTS
dephy
June 13, 2019 at 6:44 AM

SEPERTINYA KULINER YANG LEZAT


Amir Mahfudzi
June 13, 2019 at 7:25 AM

Mantapp semuanya


Kristian Mustafa
June 13, 2019 at 7:43 AM

Hambae Natiti kayaknya enak.


Hari Tristiyanto
June 13, 2019 at 8:43 AM

Mantap banget jd laper..


Alaq Madygar
June 13, 2019 at 9:36 AM

mantaaaaabs pastinya enak


Rifa Sanjaya
June 13, 2019 at 10:20 AM

Wah enaknya..


HASAN
June 13, 2019 at 10:25 AM

Nias tak hanya pemandangan dan budayanya saja.. kulinernya jg mantap sepertinya


Ricko Pratama Putra
June 13, 2019 at 8:34 PM

Variatif Makanannya


Ardhi Prabowo
June 14, 2019 at 4:07 PM

KULINER YANG SANGAT LEZAT


anjas zulkifli
June 15, 2019 at 2:38 PM

enekk benner bro


Ilianov Pratama
June 16, 2019 at 6:11 AM

ADVENTURE KEREN


Ikbalagri
June 16, 2019 at 11:06 AM

Baru tau semuanya disini


Resatya Oktafitullah SAV
June 17, 2019 at 1:00 AM

Wah mantap tuhh


Zul Asfi Rusman
June 17, 2019 at 7:11 AM

Bikin penasaran


Nadif Ahmad Hasan
June 17, 2019 at 11:47 AM

Kuliner yang lezat


Aprizal muliawan
June 18, 2019 at 1:37 PM

uuu...la...la....


Gilang Agis Saputra
June 18, 2019 at 5:57 PM

MANTAP INFO