Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya!

Istilah ekowisata memang sudah tidak asing lagi di telinga para petualang. Eits, tapi lo sendiri tahu ga nih artinya apa? Kalau belum, sila simak bahasan kali ini ya!

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya!

Istilah ekowisata sepertinya sudah tidak begitu asing di telinga banyak petualang Indonesia. Tapi, apakah lo benar-benar sudah tahu artinya apa?

Sekarang ini, perjalanan atau petualangan sudah berkembang dengan pesat. Sebelumnya, petualangan hanyalah sebuah ‘kunjungan’ ke tempat-tempat terpencil dan tersembunyi. Sebuah kebanggaan rasanya jika berhasil menemukan potongan surga tersebut.

Namun, sekarang ini petualangan dan sebuah perjalanan sudah lebih dari sekedar ‘kunjungan’. Sebuah petualangan bahkan sekarang bisa memberikan manfaat dari untuk tempat yang dikunjungi serta masyarakat sekitar yang tinggal di sana.

Nah, setidaknya – dua paragraf di atas sudah menjelaskan satu benang merah yang akan dibahas kali ini. Dua deskripsi di atas minimal sudah memberikan lo sebuah gambaran kalau ekowisata adalah yang seperti itu.

Supaya lebih jelas dan mengenal lebih dalam apa itu ekowisata, mari sama-sama dibahas dalam ulasan kali ini. Eits, betulkan dulu posisi duduk lo agar tetap nyaman selama membaca artikel ini. Jangan lupa seduh kopi terlebih dahulu, siapkan kudapan dan teman lainnya agar lebih nikmat.

Ekowisata: Bukan Sekedar Wisata Alam

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya!

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya! credit: ecobnb.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya, ekowisata adalah tipe petualangan yang bukan hanya sekedar wisata alam saja. Namun, ekowisata – kurang lebih adalah kegiatan wisata atau sebuah petualangan, yang bertanggung jawab terhadap alam.

Tanggung jawab terhadap alam, meningkatkan kesadaran lingkungan sampai bisa memberdayakan masyarakat yang tinggal di sana, adalah beberapa poin yang termasuk di dalam tujuan atau pengertian dari ekowisata sendiri.

Secara konsep besar, ekowisata setidaknya mempunya tiga komponen atau tiga elemen penting yang mesti dilakukan. Tiga komponen tersebut adalah konservasi alam, memberdayakan masyarakat lokal, dan meningkatkan kesadaran lingkungan hidup.

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya!

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya! credit: thoughtco.com

Tiga konsep besar tersebut tentu masing-masing mempunyai manfaat tersendiri. Sebagai contoh, soal konservasi – hal ini tentu mengedukasi masyarakat sekitar kalau semisal – di tempat mereka tinggal, ada satwa atau tumbuhan pepohonan yang berstatus langka – maka diajarkan ke mereka untuk tidak berburu satwa atau menebang pepohonan tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Nah, dari tiga konsep besar di atas yang sudah disebutkan – lahirlah beberapa prinsip dasar soal ekowisata ini. Jika lo sebagai petualang sudah melakukan 8 poin yang akan dijelaskan di bawah ini, maka resmi lo sudah melakukan tipe petualangan yang berbeda daripada biasanya: ekowisata.

Ekowisata: 8 Prinsip Penting

  1. Mengurangi dampak fisik, sosial, perilaku dan psikologis.
  2. Membangun, mengarahkan kesadaran lingkungan, budaya serta rasa hormat terhadap alam.
  3. Memberikan pengalaman positif bagi tuan masyarakat sekitar.
  4. Adanya perputaran keuangan terkait konservasi dan pelestarian lingkungan hidup.
  5. Adanya keuntungan untuk masyarakat setempat soal industri swasta.
  6. Memberi pengalaman mengesankan untuk tiap pengunjung agar sadar dengan isu lingkungan.
  7. Mengembangkan infrastruktur di sana.
  8. Mengakui keyakinan spiritual, komunitas adat dan adanya pemberdayaan untuk mereka.

Nah, dari delapan poin penting yang sudah disebutkan di atas, jelas kalau ekowisata adalah sebuah tipe petualangan yang cukup berbeda daripada sebelumnya. Jika lo sudah menjalankan delapan poin di atas, tentu itu artinya lo sudah melakukan ekowisata.

Di Indonesia sendiri – apakah sudah ada spot-spot yang sudah menanamkan hal-hal terkait ekowisata tersebut? Tentu ada bro. Jika sekarang lo sudah mengetahui apa itu ekowisata, saatnya lo berkemas untuk berpetualang ke lima destinasi atau spot petualangan ekowisata yang paling populer di Indonesia.

5 Spot Petualangan Ekowisata di Indonesia Paling Populer

Tangkahan Ekowisata – Sumatera Utara

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya!

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya! credit: thejakartapost.com

Mulai dari Pulau Sumatera – tepatnya di Sumatera Utara, Medan – lo bisa mengunjungi daerah bernama Binjai untuk sampai ke Tangkahan ekowisata. Percaya atau tidak – dahulunya masyarakat di sana adalah para penebang liar.

Kemudian, mereka diberitahu, diajari dan diedukasi soal penebangan liar yang akan merugikan mereka sendiri sehingga mereka akhirnya mau mencari pemasukan keuangan yang lebih sehat daripada mesti menjual kayu hasil penebangan liar yang merusak lingkungan.

Terus, apa istimewanya tempat ini? Di sini, lo bisa berkenalan gajah-gajah yang hidup di alam bebas.

Tidak hanya itu, menikmati keindahan alam di sana pun bisa dilakukan dengan beberapa cara. Untuk mengagumi lebatnya hutan hujan tropis di sana, lo bisa melakukan jungle trekking. Lalu, berkemah dekat air terjun sampai melakukan river tubing.

Desa Wisata Tembi – Yogyakarta

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya!

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya! credit: visitingjogja.com

Ekowisata memang tidak selalu soal alam bebas. Seperti Desa Wisata Tembi di Yogyakarta ini yang wajib untuk lo datangi. Di sana, lo bisa belajar membatik, melukis, membuat tembikar sampai membuat tempe kedelai.

Soal penginapan, lo mesti coba untuk tidur di homestay-homestay yang sudah ada di sana. Pengalaman petualangan lo akan makin berkesan karena benar-benar suasana pedesaan yang masih segar dan asri, bro!

Kawah Ijen – Jawa Timur

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya!

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya! credit: idntimes.com

Sudah tidak lain tidak bukan kalau fenomena blue fire atau biru di Kawah Ijen Jawa Timur benar-benar mendapatkan atensi yang masif dari para petualang. Mereka yang datang ke sana, tidak hanya datang dari dalam negeri saja lho – tetapi juga mancanegara.

Taman Nasional Komodo – NTT

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya!

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya! credit: idntimes.com

Menjadi salah satu spot petualangan eksotis yang ada di Indonesia, Taman Nasional Komodo juga menjadi salah satu ekowisata yang direkomendasikan buat lo. Pasalnya, spot petualangan yang akhirnya menjadi taman nasional ini tidak semata-mata ditetapkan begitu saja.

Banyak proses yang sudah dilakukan untuk jadi salah satu spot ekowisata terbaik di Indonesia, salah satunya adalah pelestarian alam dan konservasi segala habitat yang hidup di sana.

Pulau Rubiah – Aceh

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya!

Mengenal Istilah Ekowisata: Prinsip, Perbedaan Dengan Wisata Lain, dan Spot Kerennya! credit: archipelagos.id

Berada di ujung barat Indonesia – Pulau Rubiah berhasil melestarikan keindahan alam bawah lautnya yang memang berpotensi tinggi untuk menarik banyak petualang agar datang ke sana. Melalui cara-cara konservasi yang benar, Pulau Rubiah sekarang ini sudah jadi incaran banyak petualang untuk di datangi.

Nah bagaimana nih bro? Sudah mengerti istilah ekowisata dengan jelas dan sudah tahu spot-spot di Indonesia yang sudah termasuk sebagai ekowisata, kan? Kalau iya, langsung saja bersiap untuk melakukan petualangan selanjutnya!

 

Feature Image – theculturetrip.com

In Depth Beginner solo traveling solo backpacker

16 COMMENTS

SHARE
Ricko Pratama Putra
Makasih Infonya
Kristian Mustafa
Nice Info
Ikbalagri
Seringkali penasaran dengan taman nasional danau sentarum, bahas dong min
Isrinatul Malikhah
Thank's infonya
anjas zulkifli
adventure kren
Ardhi Prabowo
nikmat mana yang kau dustakan...
dephy
Pengen ke tembi
Hari Tristiyanto
Pas banhet buat tujuan wisata
Yudha Pratama
ADVENTURE KEREN
Jefri Sani
Mantap kali..