Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba?

Gunungkidul diketahui menjadi surga destinasi wisata pantai indah. Beberapa pantai di antaranya diketahui menyajikan suasana ekstrem. Apa saja pantai di Gunungkidul yang menyajikan sensasi ekstem kepada wisatawan? Cek jawabannya di bawah ya bro!

Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba?

Sejumlah pantai di kawasan Gunungkidul tidak hanya menawarkan panorama indah dan memesona semata. Beberapa di antaranya diketahui juga disertai dengan atraksi wisata yang siap menguji adrenalin para pengunjung. Lo bakal merasakan sensasi ekstrem saat menjajal fasilitas-fasilitas tersebut.

Apa saja pantai di Gunungkidul yang menyajikan sensasi menegangkan kepada wisatawan? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

1. Pantai Timang

Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba?

Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba? Photo Credit: pantainesia.com

Lo bisa menemukan pantai cantik ini di Jalur Lintas Selatan (JLS) Jawa, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Begitu tiba di sini, pengunjung berkesempatan menjajal dua atraksi wisata yang cukup menantang adrenalin. Dua atraksi wisata tersebut adalah jembatan laut dan gondola.

Dua fasilitas tersebut diketahui menjadi penyambung antara tebing dan pantai karang besar bernama Watu Panjang. Jarak yang terbentang antara tebing dengan pantai tersebut adalah sekitar 300 meter. Di bagian bawah jembatan ini, lo bisa menyaksikan lautan luas dengan karakteristik ombak yang cukup liar.

Saat menaiki gondola, jantung lo akan dibuat berdegup kencang dengan panorama yang ditawarkan dari atas sini. Untuk menaiki gondola, wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 150.000. Sementara itu, biaya yang harus disiapkan pengunjung untuk melewati jembatan adalah Rp 100.000.

2. Pantai Siung

Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba?

Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba? Photo Credit: anekatempatwisata.com

Gunungkidul memiliki sejumlah pantai dengan hamparan pasir luas, salah satunya adalah Pantai Siung. Pantai ini cocok bagi wisatawan yang berniat melepas penat dengan mengamati lautan. Di Pantai Siung, lo juga bisa menemukan jembatan untuk mengambil foto cantik sembari menjajal sensasi ekstrem.  

Jembatan yang ada di Pantai Siung kabarnya terdiri atas beberapa tingkatan. Bagian bawah jembatan ini diketahui menyatukan sejumlah bebatuan karang. Banyak pelancong penggemar fotografi menyambangi jembatan ini untuk mencari sudut pengambilan gambar yang indah.

Bagian atas jembatan ini diketahui dapat membawa pelancong ke pulau karang di seberang. Ketika melintasi jembatan, lo bakal merasakan sensasi ekstrem karena bagian bawahnya berupa lautan. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba wahana panjat tebing untuk menguji adrenalin.

3. Pantai Teras Kaca

Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba?

Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba? Photo Credit: instagram.com/ffauzi68 

Pernahkah lo melihat pantai dengan tambahan spot foto berupa teras kaca? Jika belum, maka lo sebaiknya mendatangi Pantai Nguluran di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang. Pantai ini sendiri pernah ramai diperbincangkan pengguna media sosial lantaran memiliki spot teras kaca di ketinggian.

Teras kaca ini patut dijajal wisatawan yang tertarik mencicipi sensasi ekstrem. Dari atas teras ini, lo dapat menikmati wilayah selatan dan barat berupa lautan serta wilayah timur berupa batu karang.  Mantap sekali bukan?

Ketika berkunjung ke teras kaca, wisatawan bisa mendapatkan foto cantik untuk diunggah ke media sosial. Lo juga bakal merasakan sensasi mendebarkan seperti berdiri di atas laut dengan karakteristik ombak besar dan karang tajam. Mantap sekali ‘kan bro?

4. Pantai Baron

Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba?

Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba? Photo Credit: gotripina.com

Pantai satu ini juga memiliki fasilitas yang siap menguji adrenalin para pengunjung, yakni mercusuar pantai dengan tinggi sekitar 40 meter. Keberanian lo tentu bakal diuji saat mendaki mercusuar ini. Bila tertarik mengunjungi mercusuar ini, wisatawan harus mendaki bukit di sebelah Pantai Baron terlebih dahulu.

Biaya yang butuh dipersiapkan pengunjung untuk menjajal mercusuar pantai ini sebesar Rp 5.000. Untuk bisa sampai ke puncak, lo harus menaiki tangga melingkar yang tinggi. Setelah itu, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan mendaki tangga vertikal. Cukup menantang, bukan?

Begitu tiba di atas mercusuar, mata wisatawan akan dibius dengan pemandangan Pantai Baron yang memesona. Selain itu, lo juga bisa menikmati panorama sejumlah pantai di Gunungkidul serta bukit-bukit yang luas. Dengan demikian, pantai ini tak boleh dilewatkan wisatawan yang tengah berlibur di Gunungkidul.

5. Pulau Kalong

Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba?

Deretan Pantai di Gunungkidul yang Tawarkan Sensasi Ekstrem, Berani Coba? Photo Credit: okezone.com

Pulau Kalong menjanjikan petualangan seru kepada wisatawan, khususnya para pecandu adrenalin. Setibanya di sini, lo bakal merasakan sensasi mendebarkan ketika melewati jembatan menuju pulau karang yang berlokasi di tengah laut. Jembatan tersebut memiliki tampilan berupa papan kayu yang disusun renggang serta dikaitkan dengan tali tambang.

Adrenalin wisatawan bakal benar-benar diuji ketika jembatan bergoyang-goyang. Ombak yang bergulung kencang di bagian bawah jembatan juga menghadirkan nuansa ekstrem yang tak terlupakan. Mantap sekali, ‘kan bro?

Pelancong tak hanya bisa menjajal suasana ekstrem ketika melintasi jembatan. Lo juga berkesempatan mendapatkan pengalaman seru dengan menjelajahi tebing karang Pulau Kalong yang dipenuhi bebatuan lancip. Apabila tertarik menyebrang, wisatawan perlu menyiapkan biaya sebesar Rp 25.000. 

Demikian 5 pantai indah yang juga menyajikan suasana ekstrem kepada pengunjung. Meluangkan waktu liburan di pantai-pantai ini tentu bisa mengusir stres dan penat. Dari kelima pantai di atas, pantai manakah yang paling ingin lo kunjungi pertama kali?

Source: kompas.com

Feature Image - anekatempatwisata.com

Wilderness Beginner pantai gunung kidul solo traveling

19 COMMENTS

SHARE
Resatya Oktafitullah SAV
Teras kaca belum pernah nih
Ahmad nur zabidin
Nice post very good luck
Kristian Mustafa
Pantai Timang sepertinya Asyik.
Ikbalagri
Pernah ke pantai baron nih hehe
imam prasetiyo
PENGEN KE NGULURAN NGRASAIN FOTO DI ATAS TERAS KACA
Hari Tristiyanto
Keindahan yang menantang
Ardhi Prabowo
kapan ya bisa kesini....
Rico Marselino
wuhuu keren nih
HASAN
Layak dikunjungi
Gilang Agis Saputra
PANTAI TERAS KACA MANTAP NIH PEMANDANGANNYA