5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki!

Mitos dan misteri yang ada di Gunung Slamet kerap membuat para pendaki salah tingkah sampai menunda pendakian mereka. Se-seram apa sih? Penasaran dengan mitos dan misterinya? Sila simak bahasan kali ini ya!

5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki!

Sempat ditutup pada awal tahun 2019 ini karena alasan perbaikan jalur pendakian dan ekosistem yang ada di sana, Gunung Slamet adalah salah satu gunung terbaik untuk didaki. Banyak pendaki yang mengharuskan gunung ini masuk ke dalam daftar petualangannya.

Bulan Maret lalu, tepanya di minggu pertama, jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan Dukuh Bangbangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga sudah dibuka. Pembukaan jalur pendakian ini tentu jadi kabar baik untuk para pendaki.

Keindahan alam yang ada di Gunung Slamet memang menjadi salah satu daya tariknya. Sayang, kadang para petualang atau pendaki suka gentar karena beberapa faktor yang ada di sana. Salah satu faktornya adalah berbagai cerita legenda dan mitos yang menyeramkan.

Menjadi salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Slamet ternyata menyimpan berbagai cerita legenda dan mitos yang cukup membuat bulu kuduk merinding dan gemetar. Bagaimana tidak, cerita tersebut juga dibumbui oleh pengalaman-pengalaman nyata dari berbagai pendaki yang sudah pernah ke sana.

Tapi, yakin sih – kalau lo adalah seorang petualang sejati dan pendaki yang haus akan tantangan dan segala halang rintang – cerita mitos serta legenda tersebut tidak menjadi suatu hal yang menghalangi untuk mencapai puncak Gunung Slamet.

Bro, bahasan kali ini akan mengulas setidaknya ada lima cerita atau mitos yang cukup menyeramkan bagi para petualang dan pendaki yang ingin mencapai Puncak Gunung Slamet.

Memangnya, ada apa saja sih cerita legenda dan mitos di Gunung Slamet? Kalau lo sudah penasaran, sila betulkan posisi duduk lo, seduh kopi, siapkan kudapan dan teman lainnya untuk menyimak bahasan yang satu ini ya!

Mitos dan Misteri di Gunung Slamet: Asal Nama Puncak Surono

5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki!

5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki! credit: alinea.id

Buat para petualang dan pendaki yang sudah melang-lang buana ke mana-mana, tentu tahu nama puncak dari Gunung Slamet. Ya Puncak Surono adalah puncak tertinggi dari Gunung Slamet. Asal muasal dari nama puncak ini adalah dari seorang pendaki yang bernama Surono.

Menurut warga sekitar, Surono ini berhasil mencapai puncak tertinggi di Gunung Slamet, namun sayang ia mesti meregang nyawa karena jaut ke dalam jurang. Untuk menghormatinya, puncak tersebut akhirnya diberi namanya.

Kadang, jika menyebut namanya saat berada di puncak tersebut, bulu kuduk langsung merinding. Konon katanya, di sana sering terlihat sosok laki-laki seperti pendaki selalu sendirian yang bisa menghilang begitu saja. Konon katanya juga sosok tersebutlah si Surono.

Mitos dan Misteri di Gunung Slamet: Pos Samarantu

5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki!

5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki! credit: backpackerjakarta.com - macan sumatera

Pos Samarantu ini hanya akan lo temukan jika lo mendaki Gunung Slamet dari jalur Bambangan. Jalur ini adalah jalur paling terkenal dikalangan pendaki. Hal tersebut karena jalur pendakian ini tergolong jalur yang cukup singkat untuk sampai di puncak Gunung Slamet.

Namun, jika lo akan melewati jalur pendakian ini, lo akan melewati salah satu spot sakral yang penuh dengan cerita misteri dan mistis. Konon katanya – jalur pendakian tersebut adalah pintu gerbang besar menuju kerajaan gaib.

Hal tersebut mengacu kepada dua buah pohon besar yang sekilas benar-benar memang seperti sebuah pintu masuk untuk ke alam yang tak kasat mata tersebut. Begitu masuk ke sana, lo akan sampai ke Pos Samarantu. Pos pendakian ini adalah salah satu pos angker yang ada di sana.

Samarantu konon katanya juga berasal dari dua suku kata yaitu samar dan hantu. Jika disatukan maka berarti hantu yang samar atau hantu yang tidak terlihat. Hal ini dikuatkan oleh beberapa bukti para pendaki yang mengaku sering diganggu oleh mahluk tidak tak kasat mata seperti dipisahkan dari rombongan pendaki.

Maka dari itu, usahakan lo tidak usah mendirikan tenda dan bermalam di sana. Usahakan lo masih bisa melanjutkan pendakian sampai ke pos berikutnya dan sila berkemah di sana saja.

Mitos dan Misteri di Gunung Slamet: Mahluk Kerdil!

5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki!

5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki! credit: triptrus.com

Jalur pendakian Gunung Slamet juga bisa lewat Guci, lho. Guci yang terletak di Kabupaten Tegal – kerap jadi jalur pendakian alternatif yang sering diambil oleh para petualang dan pendaki. Di jalur pendakian ini juga terdapat mitos dan misterinya.

Cukup berbeda dengan dua mitos sebelumnya, mitos yang ada di jalur pendakian Gunung Slamet via Guci adalah misteri mahluk kerdil. Sejarah dari mahluk kerdil ini konon katanya adalah ada seorang pendaki yang tersesat dan akhirnya bertahan hidup dengan hanya memakan buah-buahan serta dedaunan.

Sehingga, pendaki tersesat itu kehilangan jati dirinya sampai menjadi kerdil. Namun, anehnya mahluk kerdil ini tidak terlihat oleh mata telanjang, lho. Jadi, kadang untuk membuktikan mahluk tersebut itu ada atau tidak – para pendaki biasanya meninggalkan makanan setelah mereka berkemah di jalur tersebut.

Makanan yang ditinggalkan tersebut adalah sebuah pancingan untuk mahluk tersebut. Jika makanan tersebut tetiba menghilang, itu artinya sudah diambil oleh mahluk kerdil itu.

Mitos dan Misteri di Gunung Slamet: Air Terjun Guci

5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki!

5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki! credit: fotowisata.com

Masih dari jalur pendakian Gunung Slamet via Guci, kali ini di lereng gunung tinggi tersebut mitos itulah berasal. Air Terjun Guci jadi salah satu spot yang kerap di datangi para petualang dan pendaki untuk melepas lelah.

Tempatnya yang indah, cukup bertolak belakang dengan mitos dan cerita mistis yang dikandungnya. Di air terjun ini konon katanya ada siluman naga yang bisa mengabulkan permohonan untuk jadi kaya raya dengan berbagai imbalan.

Mitos dan Misteri di Gunung Slamet: Pasar Hantu

5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki!

5 Misteri Gunung Slamet yang Menyeramkan: Bikin Gemetar Para Pendaki! credit: manggaul.com

Tidak hanya Gunung Merapi yang punya pasar hantu – Gunung Slamet juga punya. Tepatnya ada di bawah puncak gunung ini. Lereng-lereng Gunung Slamet adalah bebatuan dan pasir yang jika angin tengah bertiup kencang di sana, akan menimbulkan suara-suara berisik.

Senyap dari suara berisik tersebut – banyak pendaki yang mengaku mendengar suara seperti orang umum tengah berada di pasar, seperti ada transaksi jual beli. Bahkan ada pendaki yang mengaku ditawari untuk beli sesuatu di sana.

Setelah itu, ia sadar dan sudah terpisah dengan rombongan. Cukup berbahaya memang mitos dan misteri yang satu ini. Oleh karena itu, jika lo sudah sampai di tempat ini, pastikan sadar dan selalu bersama dengan rombongan pendaki ya!

Wah bagaimana nih bro? Dari lima misteri dan mitos yang ada di Gunung Slamet, apakah membuat lo ciut dan menunda pendakian lo ke sana? Jangan bro! lo tetap mesti berani untuk datang ke sana. Asal tidak mengganggu dan tidak macam-macam, mereka pun tidak akan macam-macam juga dengan lo!

 

Source – badrulmozila.com

Feature Image – wisataku.id

Wilderness Extreme hiking jungle trekking climbing solo traveling solo backpacker

15 COMMENTS

SHARE
Nadif Ahmad Hasan
Jadi pengen kesana, buat muncak sihh bukan mau ketemu hantu
anjas zulkifli
nice info
Ricko Pratama Putra
Jadi tau saya
Rico Marselino
semoga bisa kesana someday
Gilang Agis Saputra
THANKS INFONYA
Frida Fatah
pos samarantu emang serem. . .
Rifa Sanjaya
Selain menyeramkan.. banyak oknum yg pura" mendaki jg
Hendy Nugroho
Tgl 28 Juni saya dan team ke sana min..
Yohhanes Bowo
puji Tuhan, saya kemarin kesana aman dan selamat tanpa halangan apapun.
Masni
Wow,,,ngeri