Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri!

Merakit sepeda gunung sendiri adalah hal yang memungkinkan, bro. Untuk menghemat biaya, merakit sendiri biasanya lebih murah. Berikut 5 tipsnya!

Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri!

Traveling pakai sepeda, kenapa tidak bro? Ada kepuasan sendiri lho jika benar berhasil menaklukan trek panjang dengan menggoes sepeda. Kepuasan tersebut tentu yang menjadi candu bagi tiap petualang yang suka bereksplorasi dengan sepeda.

Traveling dengan sepeda tidak melulu identik dengan aksi ekstrem downhill. Lo bisa saja bersepeda santai menaiki dan menuruni bukit hijau di spot-spot petualangan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Eits, lo anak sepeda banget enggak nih bro? Tipe atau jenis sepeda apa yang lo gunakan untuk berpetualang? Bicara soal sepeda untuk traveling, beberapa jenisnya memang direkomendasikan untuk menaklukan jalanan.

Mulai dari fixie, sepeda bmx, sepeda balap – atau bahkan mtb. MTB adalah singkatan dari Mountain Bike bro. Yang cukup nyaman digunakan untuk menerobos trek di alam bebas adalah mtb. Wajar, dari spek sepeda mtb ini memang yang paling cocok untuk menaklukan segala halang rintang yang ada di perjalanan tersebut.

Nah, usut punya usut – sepeda jenis mtb ini mempunyai isu terkait, yaitu harganya yang mahal. Isu ini terbukti karena jika lo membeli sepeda mtb ini langsung jadi – harganya memang cukup menguras uang di dompet. Wajar karena harganya bisa Rp 5 juta-an ke atas.

Nah, bagaimana mensiasatinya? Tenang bro, di bahasan kali ini lo akan diajak untuk mengetahui setidaknya ada lima cara atau lima tips untuk merakit sendiri sepeda mtb. Jika dihitung-hitung, bisa lebih murah lho!

Penasaran bagaimana tips-tips yang akan dijelaskan di sini? Sabar bro, sekarang sila betulkan posisi duduk lo terlebih dahulu, seduh kopi dan siapkan kudapan beserta teman lainnya agar semakin nyaman untuk membaca bahasan ini sampai habis.

Rakit Sepeda Gunung Sendiri: Menentukan Konsep!

Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri!

Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri! credit: vitalmtb.com

Yang jelas – hal pertama yang mesti lo lakukan dalam percobaan merakit sepeda gunung adalah menentukan konsepnya. Konsep mtb banyak sekali lho diluaran sana. Nah, untuk memudahkan menentukan konsepnya, lo mesti tahu juga, kira-kira medan perjalanan yang seperti apa yang akan sering lo lalui.

Jika memang akan sering melalui trek alam bebas, setidaknya mirip dengan downhill – lo bisa menyesuaikan bentukan rangka yang memiliki suspensi belakang. Lalu jika memang akan lebih sering di jalanan aspal saja, lo bisa sesuaikan jenis bannya dengan ban roadster.

Konsep ini sekali lagi tergantung lo akan lebih sering main atau berpetualang di medan yang seperti apa ya bro. Kalau lo akan lebih sering main di jalan, jangan lo bikin seperti main di alam bebas karena nanti speknya akan tidak terpakai bro.

Rakit Sepeda Gunung Sendiri: Pengaturan Budget!

Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri!

Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri! credit: gtbicycles.com

Percaya atau tidak – komponen dari sepeda gunung sangat bervariatif. Mulai dari yang biasa saja sampai yang mahal harganya. Maka tidak heran jika satu unit lengkapnya bisa mencapai jutaan, bahkan puluhan juta rupiah.

Oleh karena itu, merakit sendiri sepeda gunung adalah langkah yang bijak untuk menghemat uang. Pada dasarnya, yang mesti lo siapkan untuk merakit satu sepeda gunung sederhana adalah set bingkai (termasuk handle bar, stem, sadel dan seat post) yang kisaran harganya mencapai Rp 1,5 juta-an.

Lalu, untuk dua roda, biasanya seharga – kurang lebih Rp 1 juta-an, Rp 500 ribu-an untuk suspensi depan dan set driveterrain yang seharga Rp 2 juta-an. Kurang lebih, jika dikumpulkan semua – lo akan habis Rp 5 juta-an saja.

Rakit Sepeda Gunung Sendiri: Tidak Mesti Baru

Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri!

Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri! credit: ambmag.com.au

Harga-harga yang sudah disebutkan di atas biasanya harga part-part atau bagian sepeda gunung yang dijual secara terpisah dalam kondisi baru. Nah, untuk memangkas budget atau biaya perakitannya – lo bisa mencari part atau bagian dalam kondisi second.

Hal ini tentu akan mengurangi total biaya perakitan, lho. Walau tidak akan begitu drastis berkurangnya – setidaknya lo bisa mendapatkan frame atau bingkai sepedanya dengan harga kurang dari Rp 1 juta, dan part atau bagian lainnya yang lebih murah.

Rakit Sepeda Gunung Sendiri: Part Orisinal

Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri!

Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri! credit: freehubmag.com

Walau membeli bagian atau part yang bekas agar mendapatkan harga yang miring, tidak semestinya untuk mendapatkan harga yang jauh lebih miring lagi lo mesti membeli part atau bagian sepeda gunung yang palsu.

Hal ini mesti lo hindari. Jangan karena harganya yang jauh lebih murah – kualitas rakitan sepeda gunung lo yang jadi taruhannya. Ingat bro – jika lo main di alam bebas, lo memang memerlukan part atau bagian sepeda gunung yang kuat.

Rakit Sepeda Gunung Sendiri: Membandingkan Harga

Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri!

Mau Punya Sepeda Gunung Murah? Ini 5 Tips Untuk Rakit Sendiri! credit: pinkbike.com

Selain perbandingan harga part atau bagian sepeda gunung dengan yang asli atau palsu – atau yang baru dan bekas – ada yang mesti lo bandingkan lagi nih. Jika tidak mempunyai peralatan untuk merakit sendiri – lo tentu akan pergi ke bengkel sepeda.

Nah, supaya ongkos atau biaya perakitan bisa digunakan dengan maksimal – pastikan lo juga sudah melakukan mini riset soal ongkos bengkel. Tanyakan lebih dari satu bengkel dan bandingkan harga jasa perakitan sepeda gunung tersebut.

Wah bagaimana nih bro? Sudah tidak sabar ingin berburu part-part sepeda gunung dan merakitnya? Ingat tips-tips di atas ya. Hal ini tentu akan memudahkan lo untuk merakit sepeda gunung sesuai dengan yang lo mau dan tentunya sesuai dengan kekuatan uang di dompet lo!

 

Source – gowespedia.com

Feature image – singletracks.com

Tips Beginner downhill

11 COMMENTS

SHARE
Makasih infonya
Nice info
Kepengen juga miliki sepeda mtb,namun masih minim budget.
coba ah..
Nice infonya
Harga yang fantastis untuk mountain bike
Baru punya RB, pengin deh punya itu
Olahraga, alam, sehat
Nice info
Nice info