Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana

Kitesurfing memang cukup asing nih buat para pemula - tapi sekali coba, mungkin langsung akan ketagihan. Eits, mau coba bro? Sila simak bahasan kali ini dulu ya!

Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana

Nothing can resist Bali’s vibe, especially the beaches. Setuju bro? Rasanya tidak ada yang bisa menahan suasana pantai di Bali. Tidak heran para petualang yang sudah pernah ke Bali, pasti akan kembali lagi karena berbagai alasan.

Salah satu alasan yang paling kuat adalah keindahan serta vibe-nya pantai Bali yang begitu menempel lekat di hati para petualang. Maka tidak heran jika Pulau Bali selalu ramai oleh para petualang. Baik yang berasal dari dalam negeri sendiri atau mancanegara – semuanya menikmati deretan pantai yang indah.

Nah, bicara soal menikmati sebuah pantai – banyak sekali cara menikmati satu garis pantai bro. Saking banyaknya mungkin tidak akan habis jika lo coba semuanya seharian. Mulai dari menikmati sinar matahari dengan berjemur di pinggirnya, snorkelling dan diving, berselancar dan kitesurfing.

Eits, cukup asing dengar kata kitesurfing? Kitesurfing adalah aksi ekstrem yang mirip dengan berselancar – bedanya, untuk menjaga ride lo panjang – lo akan berpegangan dengan sebuah layang-layang yang diterbangkan dan mendapatkan kekuatan dari angin yang berhembus.

Oleh karena itu, karena tergantung dengan kekuatan angin, setidaknya jika lo ingin mencoba aksi ekstrem ini, lo mesti memerhatikan musim yang mempunyai hembusan angin yang kuat. Hal ini tentu berkaitan dengan keseruan yang akan lo dapatkan, bro!

Variasi Musim Berangin di Bali

Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana

Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana. credit: villa-bali.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya, untuk main kitesurfing – diperlukan hembusan angin kencang agar semaki nseru. Nah, setidaknya di Bali – ada dua periode waktu atau musim yang mempunyai hembusan angin yang kuat.

Pertama adalah Juni ke Agustus – wah kalau sekarang lo mau coba kitesurfing – di bulan ini, hembusan angin di sana tengah sedang kuat-kuatnya nih. Kemudian, di luar bulan Juni dan Agustus – sebenarnya periodenya adalah bulan Mei ke September.

Namun – hembusan angin paling kuat adalah saat Juni dan Agustus. Nah buat lo yang akan mendapat waktu kosong saat periode bulan Juni – September – Pantai Sanur adalah salah satu spot yang direkomendasikan untuk main kitesurfing nih.

Lalu jika ingin yang lebih menantang – lo bisa pergi ke Pantai Canggu di mana kitesurfing di sana akan lebih menantang dan seru karena hembusan anginnya tembus sampai 15-20 knots. Lumayan nih bro untuk pompa adrenalin!

Empat Pantai di Bali yang Direkomendasikan Untuk Kitesurfing!

Pantai Sanur

Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana

Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana. credit: muterjagad.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pantai Sanur adalah salah satu pantai yang direkomendasikan buat lo untuk main kitesurfing. Pasalnya, hembusan angin di sana cukup variatif. Mulai dari yang pelan sampai yang kencang pun ada.

Oleh karena itu, jika lo adalah seorang pemula dalam aksi kitesurfing lebih baik lo memilih Pantai Sanur untuk belajar dan memulai segalanya soal kitesurfing. Oh iya, selain berselancar dengan layang-layang, di sana juga ada beberapa aksi lainnya yang menantang, lho!

Pantai Nusa Dua

Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana

Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana. credit: villa-bali.com

Masih dekat dengan Pantai Sanur – pantai atau kawasan Nusa Dua adalah salah satu kawasan pantai di Bali yang sudah dipenuhi atau dipadati oleh deretan hotel berfasilitas wahid. Oleh karena itu, jika lo bingung untuk main kitesurfing tidak ada alatnya – deretan hotel tersebut siap membantu menyediakannya bro.

Nah, salah satu spot serunya di sana adalah pantai atau lautan yang terletak di antara Pantai Nusa Dua itu sendiri dan Pantai Sanur. Hembusan angin yang cukup kuat serta aman dari batu karang atau koral yang tinggi – lo bisa merasakan sensasi yang cukup berbeda dari kitesurfing.

Pantai Canggu

Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana

Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana. credit: villa-bali.com

Nah, yang satu ini sepertinya cukup menjadi salah satu pilihan petualang atau peselancar pro. Pasalnya, Pantai Canggu – atau Canggu adalah salah satu spot untuk main kitesurfing kelas dunia, lho! Jika datang di musim yang tepat – lo akan melihat banyak peselancar tengah berpacu dengan ombak dengan layang-layang di atasnya.

Tapi perlu lo ingat juga – hal ini tidak terlepas dari bahaya serta tingkat kesulitan yang cukup tinggi di Canggu. Hembusan angin yang bisa mencapai 20 knots bahkan lebih – kemudian beberapa karang yang muncul dari permukaan – lo mesti berhati-hati di sini.

Oleh karena itu, jangan pernah berselancar atau kitesurfing sendirian di Canggu. Minimal tetap ada orang yang bisa mengawasi lo dan menolong lo dengan cepat jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Pantai Balangan

Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana

Panduan Kitesurfing di Bali dan 4 Spot Serunya Untuk Main di Sana. credit: guide.baligolive.com

Mungkin tidak banyak yang mengetahui soal Pantai Balangan ini. Maklum tempatnya tersembunyi di balik tebing batu karang yang cukup tinggi sehingga para petualang suka terlewat untuk mengunjungi pantai yang satu ini.

Pantai yang masih sepi oleh keberadaan para petualang ini adalah salah satu pantai yang mempunyai ombak besar-besar. Ketinggian ombaknya bisa mencapai lima meter. Eits, bukan malah menakutkan karena berbahaya – justru ombak yang seperti itulah yang dicari para peselancar.

Sama dengan peselancar dengan layang-layang atau kitesurfer – tentu spot ini adalah salah satu tantangan untuk mereka taklukan. Hembusan angin di sini mirip dengan yang ada di Canggu. Oleh karena itu, cukup direkomendasikan buat lo yang mau main kitesurfing.

Wah bagaimana nih bro? Semakin penasaran dengan kitesurfing? Sudah tenang saja – jika belum ada alatnya, di sana banyak sudah siap untuk meminjamkannya untuk lo. Eh sewa ya bro – jadi nanti bayar sesuai tarif!

 

Source – villa-bali.com

Feature Image – kitesurfwallpaper.com

Extreme Action Extreme pantai bali kitesurfing

23 COMMENTS

SHARE
THANKS INFONYA
thx infonya
Pingin nyobain
Menarik untuk dicoba
Patut kucoba kalo ke bali
Enak nih kalo bisa jajalin
Bali juara
Poto poto nya top markotop....
ciamikkkkk
two thumbs up