JUN 24, 2019

7 Peralatan yang Patut Dibawa Pelancong saat Traveling ke Derawan

Derawan menjadi salah satu surga destinasi wisata yang ada di Kalimantan Timur. Sebelum traveling ke Derawan, ada baiknya lo menyiapkan sejumlah peralatan tertentu agar mendapat pengalaman liburan yang berkesan. Apa sajakah itu? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!


Di Kalimantan Timur, lo bisa menjumpai kepulauan asri yang menyuguhkan panorama alam memukau bernama Derawan. Wisatawan bakal dimanjakan dengan kehadiran pantai berpasir putih yang memilik air laut berwarna biru toska. Destinasi menarik lainnya yang bisa lo temukan di Derawan adalah danau serta kolam di dalam gua.

Sebelum traveling ke Derawan, ada baiknya lo menyiapkan sejumlah peralatan tertentu agar mendapat pengalaman liburan yang berkesan. Apa sajakah itu? Berikut adalah 7 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

1. Sunblock

Derawan memiliki sejumlah pantai indah dengan karakteristik suhu panas serta sinar matahari. Bila hendak berlibur ke sana, pelancong perlu memasukkan krim tabir surya atau sunblock dalam barang bawaan. Tujuannya agar kulit wajah dan tubuh terhindar dari bahaya sinar UV. Oke, bro?

Sebelum beraktivitas di pantai, lo disarankan mengoleskan krim tabir surya ke wajah serta anggota tubuh yang kemungkinan terpapar sinar matahari secara langsung. Pastikan sunblock yang dipakai mengandung SPF tinggi sehingga kulit lo mendapat perlindungan maksimal. Dengan begitu, kesehatan kulit lo akan selalu terjaga selama liburan.

Selang beberapa jam sekali, pelancong sebaiknya mengambil waktu istirahat untuk mengoles kembali sunblock pada anggota tubuh. Manfaat sunblock tentu tak boleh dipandang sebelah mata oleh para wisatawan. Meski sering dianggap sepele, perlengkapan ini mampu melindungi kulit lo dari paparan sinar matahari langsung secara efektif.

2. Baju Pantai

Perlengkapan satu ini juga tak boleh lupa dibawa wisatawan bila hendak melancong ke Derawan. Sebelum berangkat, pastikan baju pantai lo sudah tersedia di dalam tas atau koper. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan jenis pakaian dengan destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

Pemilihan baju yang pas tentu akan mendukung kenyamanan lo selama bersantai di tempat liburan. Jika berniat menyambangi pantai, lo dianjurkan membawa dress berbahan ringan atau baju renang yang sesuai. Jangan kenakan baju tebal karena akan sulit dikeringkan bila basah.

Oleh sebab itu, wisatawan disarankan memakai baju ramah air dengan bahan yang mudah kering bila terkena basah. Pakaian alternatif lainnya yang bisa lo pakai di pantai adalah kaus dan celana pendek. Jenis pakaian ini cocok dikenakan pelancong yang ingin menikmati keindahan Derawan dari pinggir pantai saja.

3. Kamera

Saat berlibur ke Derawan, lo bisa menemukan banyak spot indah yang cocok diabadikan dalam bentuk foto. Untuk itu, wisatawan baiknya tak lupa membawa kamera untuk mengabadikan keelokan panorama alam di sana. Hasil foto-foto di sini tentu cocok lo unggah ke media sosial Instagram atau facebook.

Derawan menghadirkan objek foto menarik yang kerap membius mata para wisatawan. Ketika berburu foto di sana, wisatawan tidak harus menyiapkan kamera pro. Lo cukup menggunakan smartphone untuk bisa mengabadikan momen indah di sana.

Jika ingin berburu foto di Derawan, wisatawan perlu memastikan baterai ponsel atau kamera sudah terisi penuh. Jangan lupa juga untuk membungkus gadget dengan plastik khusus agar tidak terkena cipratan air. Dengan begitu, lo dapat puas mengambil gambar sepuasnya tanpa khawatir baterai habis atau kamera kebasahan.

4. Kacamata Hitam

Di Derawan, wisatawan bisa menjumpai sejumlah destinasi wisata pantai dan laut yang menakjubkan. Hal tersebut dipengaruhi oleh karakteristik Derawan sebagai daerah kepulauan. Lo juga dapat menemukan beberapa objek wisata pulau atau pantai yang menjadi lokasi perkampungan, misalnya seperti Pulau Sangalaki, Pulau Derawan, Pulau Maratua, dan lain-lain.

Ada banyak hal seru yang bisa dijajal wisatawan di pantai, mulai dari snorkeling, berjemur, diving, dan lain-lain. Untuk itu, wisatawan sebaiknya menyiapkan sunglasses atau kacamata hitam sebelum berangkat. Dengan memakai kacamata hitam, lo dapat menikmati masa liburan tanpa takut penglihatan terganggu sinar matahari.

5. Alas Kain atau Karpet

Tidak semua objek wisata di Derawan menyediakan fasilitas penyewaan karpet atau kursi untuk para pengunjung. Untuk itu, lo disarankan membawa kain atau karpet khusus agar bisa duduk dengan nyaman di mana-mana. Barang ini juga patut dibawa pelancong yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk sewa tikar atau karpet selama traveling.

6. Skamul

Contoh perlengkapan wisata yang cocok dipakai pelancong ketika berlibur ke pantai adalah alas kaki bernama skamul. Dengan mengenakan skamul, lo bisa menjalankan aktivitas liburan secara leluasa dan fleksibel. Momen liburan lo pun bakal terasa lebih berwarna.

Jenis skamul yang dipakai juga memengaruhi kenyamanan lo selama liburan Sebelum berangkat ke pantai, bawalah skamul jepit yang ringan serta nyaman dipakai di pasir maupun air. Selain itu, pastikan juga skamul yang dibawa terbuat dari bahan tahan air.

7. Kantung Plastik

Banyak dari lo mungkin menganggap kehadiran kantung plastik tidak begitu berarti selama liburan. Faktanya, benda ini memiliki banyak kegunaan seperti wadah menyimpan pakaian basah, tempat pakaian kotor, dan lain-lain. Jadi, jangan lupa persiapkan kantung pastik sebelum berangkat ya bro!

Demikian 7 peralatan yang perlu disiapkan pelancong sebelum berangkat ke Derawan, Kalimantan Timur. Semoga paparan informasi di atas bermanfaat buat lo yang berencana liburan ke Derawan dalam waktu dekat. Selamat jalan-jalan dan tetap berhati-hati ya bro!

Source: uzone.id

Feature Image - empatwisataunik.com


Please login to comment
10 COMMENTS
dephy
June 24, 2019 at 11:52 PM

Persiapkan perlengkapan liburan kita demi kenyamanan


Rifa Sanjaya
June 25, 2019 at 12:11 AM

Bermanfaat..


Panjul nikilos
June 25, 2019 at 2:54 AM

Keamanan dan kenyamanan preoritas kita


Ikbalagri
June 25, 2019 at 3:48 AM

Derawan, pertamakali kesana bikin jatuh cinta


Hari Tristiyanto
June 25, 2019 at 8:40 AM

Jernih banget dah kayak kaca


Wafiroel N
June 25, 2019 at 9:41 AM

oke, makasih infonya


Ilianov Pratama
June 25, 2019 at 9:54 AM

KEAMANAN DAN KENYAMANAN


Ika Purnama Ayu
June 26, 2019 at 8:59 PM

Informasi yg bermanfaat


Frida Fatah
July 5, 2019 at 8:49 AM

nice info


Zul Asfi Rusman
July 10, 2019 at 7:20 AM

Derawan island