JUN 27, 2019

Wisata Solo: 4 Spot Ini Patut Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Indah Ini!

Kota yang berada di Jawa Tengah ini memang menyimpan banyak spot wisata nan unik loh. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!


Kota Solo merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang akan membuka mata lo mengenai kebudayaannya yang masih kental beserta keramahan dari masyarakatnya. Tak heran apabila kota ini juga sering menjadi destinasi wisata favorit bagi banyak wisatawan. Bisa dikatakan pula kalau kota ini akan memilki tempat khusus di hati bagi siapapun yang sudah mengunjunginya.

Tahu kan lo kalau kota ini memilki nama resmi Surakarta? Yaap, selain itu ketika lo sudah berencana untuk belibur ke sana, ada banyak sekali spot-spot wisata yang patut untuk lo kunjungi. Kalau lo ingin lepas dari kebiasaan keseharian yang membosankan, kota ini bisa menawarkan hal yang baru, tentunya akan menyegarkan pikiran lo.

Mulai dari wisata alam, budaya, sejarah hingga tempat-tempat modern bisa lo temui di kota ini. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan spot-spot wisata di Kota Solo, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa! Pengalaman yang sulit untuk lo lupakan akan lo dapatkan di kota ini.

Spot Wisata di Kota Solo – Grojogan Sewu Tawangmangu

Wisata Solo: 4 Spot Ini Patut Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Indah Ini!

Wisata Solo: 4 Spot Ini Patut Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Indah Ini! Credit: .jejakpiknik.com

Tentu wisata alam menjadi pilihan yang tepat ketika berada di kota ini, karena lo bisa mendapatkan sebuah air terjun yang indah loh, yaitu Grojogan Sewu Tawangmangu. Belum lagi dengan bentangan hijau di sekelilingnya menjadi pemandangan yang akan menenangkan hati lo.

Destinasi wisata satu ini memiliki air terjun setinggi 80 meter serta berlokasi di sisi barat Gunung Lawu atau sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Solo. Perlu untuk lo ketahui pula, kalau air terjun ini merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah.

Untuk menujue ke Grojogan Sewu Tawamangu lo harus mendaki setidaknya 1.000 anak tangga. Dengan pemandangan kanan-kiri yang indah, perjalanan akan terasa lebih menyenangkan. Sangat disarankan untuk datang pada hari biasa, karena ketika akhir pekan akan dipenuhi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar kota. Oo iyaa, lo akan dikenakan tiket sebesar Rp. 20.000 per orang.

Spot Wisata di Kota Solo – Keraton Surakarta

Wisata Solo: 4 Spot Ini Patut Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Indah Ini!

Wisata Solo: 4 Spot Ini Patut Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Indah Ini! Credit: id.wikipedia.org

Ini merupakan salah satu tempat yang tidak boleh lo lewatkan ketika berkunjung ke kota Solo, bisa dikatakan pula ini merupakan spot ikonik dari kota ini.  Yaap, Keraton Surakart merupakan tempat yang tepat untuk lo mempelajari sejarah seputar Kota Solo.

Sedikit membahas mengenai Keraton Surakarta, bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur lebur akibat peristiwa Geger Pecinan pada tahun 1743 yang lalu.

Hingga hari ini, bangunan ini masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan sekaligus menjadi tempat wisata. Di dalam komplek keraton ini lo bisa melihat Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Mangantil Lor dan Kidul, Kedaton serta Kamangan yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Belum lagi lo bisa melihat barang-barang peninggalan Kasunanan, seperti gamelan, replika pusaka keraton dan benda-benda lainnya yang merupakan pemberian dari raja-raja Eropa. Tentunya buat yang suka dengan sejarah, ini merupakan destinasi yan tepat untuk lo kunjungi.

Spot Wisata di Kota Solo – Pura Mangkunegaran

Wisata Solo: 4 Spot Ini Patut Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Indah Ini!

Wisata Solo: 4 Spot Ini Patut Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Indah Ini! Credit: notobudiyanto.blogspot.com/

Masih seputar tempat wisata sejarah yang ada di Kota Solo, jangan sampai lupa untuk berkunjung ke Pura Mangkunegaran yaa. Istana yang dibangun dengan sangat indah ini merupakan tempat kediaman resmi pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran. Bangunan ini tepat terletak di Jalan Ronngowarsito telah berhasil menjadi pusat budaya dan seni Kota Solo.

Berada di dalam bangunan ini, lo bisa melihat banyak koleksi yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit. Ketika memasuki area pura ini lo bisa melihat halaman luas dan bangunan dengan gaya arsitektur Eropa dengan tulisan Kavalerie-Artillerie. Belum lagi dengan pendopo bergaya Eropa Jawa lengkap dengan seperangkat gamelan akan menyambut kedatangan lo.

Waktu yang paling tepat untuk datang ke Pura Mangkunegaran ialah pada hari Rabu, karena terdapat gelaran gamelan rutin. Terdapat juga sanggar tari tradisional dan modern yang latihannya dilaksanakan setiap hari pukul 15.00 sore. Perlu untuk diketahui pula, untuk masuk ke dalam pura ini, lo akan dikenakan biaya tiket sekitar Rp 10.000.

Spot Wisata di Kota Solo – Pasar Triwindu Solo

Wisata Solo: 4 Spot Ini Patut Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Indah Ini!

Wisata Solo: 4 Spot Ini Patut Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Indah Ini! Credit: travelingyuk.com

Ingin mendapatkan barang-barang dari masa lampau? Ini merupakan tempat yang patut untuk lo kunjungi. Pasar Triwindu Solo atau biasa juga disebut Pasar Antik Triwindu ini memang menjual barang-barang antik, serta jenisnya pun bermacam-macam.

Pasar ini dibangun pada tahun 1939 sebagai bentuk peringatan 24 tahun pemerintahan Mangkunegara VII. Banyak sekali aneka benda seni yang bisa lo dapatkan ketika berkunjung ke pasar ini, mulai dari patung batu dan kayu, uang kuno, radio lawas, senjata kuno, perabot rumah tangga, wayang, jam dinding, cangkir, mesin ketik, telefon tua serta masih banyak lagi pilihannya.

Daripada lo membawa oleh-oleh untuk orang kesayangan hanya berupa cemilan-cemilan ringan, ini bisa menjadi alternatifnya loh. Jarang-jarang kan lo bisa membawa oleh-oleh berupa barang-barang antik yang harganya masih bersahabat. Perlu untuk lo ketahui pula kalau barang-barang antik di pasar ini terbilang jarang bisa lo dapatkan di lain tempat loh.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tempat-tempat wisata yang ada di Kota Solo? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo yaa. Kota Solo pun menjadi bukti kalau Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman budaya hingga keindahan alam. Teruslah bersemangat dan jangan lupa untuk mengeksplorasi keindahan lainnya yang ada di Negeri ini yaa!

Source: anekatempatwisata.com

 

 

 

Featured Image: ksmtour.com

Please login to comment
23 COMMENTS
Ricko Pratama Putra
June 27, 2019 at 6:06 PM

Nice Info


Kristian Mustafa
June 27, 2019 at 6:17 PM

Selain Objek Wisatanya yg indah,penduduknya juga ramah-ramah


Memet Rusman
June 27, 2019 at 7:29 PM

keren eeeuuiiii


Rico Marselino
June 27, 2019 at 8:50 PM

wahh keren nih


dephy
June 27, 2019 at 9:16 PM

Minggu besok ke solo ah


Gilang Agis Saputra
June 27, 2019 at 10:08 PM

MANTAP INFONYA


Panjul nikilos
June 28, 2019 at 12:04 AM

Wow keren


Wafiroel N
June 28, 2019 at 8:37 AM

pasar yang keren


Wafiroel N
June 28, 2019 at 8:37 AM

pasar yang keren


Setyo Hadi Wichaksono
June 28, 2019 at 8:43 AM

Kota yang indah


Alaq Madygar
June 28, 2019 at 9:43 AM

mantaap nih foto2 di situ


Wanda Prawira
June 28, 2019 at 10:26 AM

apik tenannnnn


arief
June 28, 2019 at 10:50 AM

mantulll


Fajar Satritama
June 28, 2019 at 3:46 PM

Kota yang Menghasilkan seorang pemimpin keren


agung
June 28, 2019 at 4:23 PM

cantik bgt


Rifa Sanjaya
June 28, 2019 at 8:33 PM

Biar SDH pernah tp seru aja kalo pas kembali lg


imam prasetiyo
June 28, 2019 at 9:10 PM

ASIK KAYAKNYA PETUALANGAN KE TEMPAT SEJARAH DAN BISA BELAJA BARANG ANTIK DI KOTA SURAKARTA


Hari Tristiyanto
June 29, 2019 at 8:30 AM

Keren juga


Sandi L
June 29, 2019 at 11:46 AM

Nice infonya


Gilang Agis Saputra
June 29, 2019 at 10:21 PM

Thanks infonya


Ari Hendra Laksono
June 30, 2019 at 4:08 PM

pasar antique


Resatya Oktafitullah SAV
July 1, 2019 at 1:31 AM

Cocok tuhh


Muhammad arifudin
July 12, 2019 at 5:17 PM

Nice banget