6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial

Untuk mengusir penat sekaligus mendapat pengalaman seru, sebagian generasi millennial meluangkan waktu mereka dengan traveling. Salah satu kebiasaan favorit kaum millennial saat traveling adalah berswafoto dan mengunggah hasilnya ke media sosial, Mengapa mereka hobi melakukan hal tersebut? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial

Traveling kini telah menjadi gaya hidup banyak orang, tak terkecuali kalangan millennial. Pelancong muda saat ini mudah ditemukan di berbagai tempat, mulai dari destinasi wisata alam, sejarah, edukasi, dan lain-lain. Salah satu kebiasaan favorit kaum millennial saat traveling adalah berswafoto di tempat wisata.

Setelah itu, mereka biasanya akan mengunggah hasil foto selfie ke media sosial. Uniknya, kebiasaan satu ini diketahui hampir dilakukan setiap pelancong muda dari berbagai negara. Apakah alasan sebenarnya mereka melakukan hal ini? Berikut adalah alasan mengapa wisatawan millennial hobi unggah foto di media sosial. Silakan dicek ya bro!

1. Adanya Keinginan untuk Mendapat Pengakuan dari Orang Sekitar

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial. Photo Credit: newscyclecloud.com

Pendapat ini dipaparkan oleh pakar dan Dosen Komunikasi Program Vokasi Universitas Indonesia Amelita Lusia. Menurutnya, setiap manusia umumnya ingin mendapat recognition atau pengakuan dari lingkungan sekitar. Untuk mewujudkan itu, wisatawan millennial mengunggah foto liburan mereka di berbagai situs jejaring sosial demi mendapat.

“Kalau dari segi komunikasi, setiap manusia ingin diakui. Ingin mendapat recognition, ah dia itu bagaimana, bgini sikapnya. Bob Sadino misalnya, meskipun celana pendekan, orang melihatnya sederhana, tapi sebentar dulu, lihat ia turun dari mobil apa,” tutur Amelita, dikutip dari detik.com, Jumat (1/2/2019).

Dilansir dari cnnindonesia.com, psikolog Efnie Indrianie beropini bahwa manusia sering memprioritaskan urusan eksistensi dan keberadaannya pada usia remaja atau peer group. Menurut kaum millennial, media sosial merupakan salah satu platform terbaik untuk mendapatkan pengakuan. Mereka pun akhirnya sering mengunggah foto liburan ke sana.

“Itu sebenarnya menginginkan wujud dari pengakuan dengan just a little bit narsistic,” ujar Efnie, dikutip dari laman cnnindonesia.com.

2. Berkaitan dengan Keterbukaan dan Kepercayaan Diri

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial. Photo Credit: europeanbestdestinations.com

Mengacu pada hasil beberapa penelitian tentang keterbukaan diri, sebagian besar orang diketahui sering menunjukkan jati diri aslinya di ranah media sosial. Menurut pengamatan Efnie, orang yang aktif menggunakan media sosial umumnya jarang berbicara di kehidupan nyata. Apakah lo setuju?

Wisatawan millennial yang hobi mengunggah foto ke media sosial kemungkinan merasa lebih nyaman mengekspresikan diri mereka di dunia maya. Selain itu, Efnie juga melihat kepercayaan diri yang berlebihan sebagai bentuk dari kompensasi. Sifat tersebut bisa jadi cara seseorang untuk menutupi  kecemasan atau depresi dalam diri mereka.

3. Personal Branding

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial. Photo Credit: yellowstonepark.com

Banyak juga wisatawan muda mengabadikan foto liburan demi mewujudkan personal branding yang dikehendaki. Jadi, mereka menjadikan unggahan foto di media sosial sebagai alat untuk menggambarkan identitas atau posisi mereka di hadapan orang banyak. Dengan begitu, mereka bakal diakui menjadi bagian dari kalangan tertentu.

Melalui unggahan foto di media sosial, millennials dapat menunjukkan kepada dunia bahwa merekalah traveller. Mereka bakal berupaya menciptakan kesan tersebut melalui kegiatan yang terekam dalam foto. Dengan begitu, publik bakal mengenal mereka sebagai pelancong.

“Bisa saja kita menduga artis A ada di level biasa-biasa saja, naik business misalnya. Tapi ada juga yang level atas, malah kok biasa saja gaya travelingnya. Bisa saja tujuan mereka untuk bertahan di level tersebut. Mereka ingin dilihat, bahkan personal branding-nya bahwa menyatakan dia mampu untuk berada di sana,” papar Ameita Lusia.

4. Membuat Suasana Hati Jadi Lebih Baik

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial. Photo Credit: stocksy.com

Setiap orang punya cara tersendiri untuk mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Salah satu contohnya seperti menjepret foto selfie ketika rasa jenuh melanda pikiran. Cara satu ini cukup sering dilakukan generasi millennial untuk menghilangkan penat atau suntuk.

Ketika bepergian, banyak generasi muda meluangkan waktu santai dengan berswafoto ketika di suatu tempat wisata. Kegiatan satu ini dianggap mereka ampuh mengembalikan mood atau suasana hati kembali positif. Dengan begitu, millenias bakal merasa lebih bersemangat untuk melanjutkan aktivitas lainnya.

5. Ingin “Show-Off” ke Orang Lain

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial. Photo Credit: clubquartershotels.com

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan wisatawan dari berbagai belahan dunia saat bepergian adalah berswafoto di lokasi atau bangunan ikonik. Hampir semua orang melakukan hal ini, termasuk wisatawan dari kalangan millennial. Terlebih lagi jika tempat wisata yang dikunjungi ada di luar negeri.

Usai puas berswafoto, wisatawan millennial biasanya mengunggah hasilnya ke media sosial. Nah, tujuan pemasangan foto di media sosial tak jarang dipicu oleh keinginanuntuk pamer ke orang lain. Alasan ini sebenarnya mirip dengan keinginan mendapat pengakuan dari lingkungan sekitar.

6. Menyesuaikan Diri dengan Hal Populer

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial

6 Alasan Mengapa Wisatawan Millennial Hobi Unggah Foto Selfie ke Media Sosial. Photo Credit: videoblocks.com

Generasi millennial menginginkan keberadaan mereka diakui oleh masyarakat sekitar. Untuk itu, mereka bakal berupaya keras mengikuti trend atau menyesuaikan diri dengan hal-hal populer. Salah satu caranya adalah dengan berswafoto di tempat wisata yang digandrungi masyarakat.

Hasil foto liburan tersebut nantinya diunggah dengan tujuan mendapat sorotan dari orang-orang sekitar. Foto liburan bergaya trendy tentu diharapkan millennials bisa membuat eksistensi mereka diakui kalangan masyarakat. Dengan demikian, millennials dapat diakui menjadi bagian dari tatanan masyarakat.

Demikian 6 alasan mengapa wisatawan millennial hobi mengunggah hasil foto selfie ke media sosial. Semoga informasi di atas bermanfaat serta menambah wawasan lo seputar traveling. Pokoknya, jangan lupa sempatkan waktu untuk traveling ya bro!

Feature Image - clubquartershotels.com

In Depth Beginner photography solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Wafiroel N
itu normal kan ya
Lily Muryanti
ngeriii klo ketergantungan
Kristian Mustafa
Kebanyakan ingin mendapatkan pengakuan dan juga pamer.
arief
lebih kepada exsistensi/pengakuan saja sebenernya
Yudha Pratama
great view
Hari Tristiyanto
Gak ikut2 an dah...
agung
wajib itu
Ikbalagri
Jarang selfie sukanya bareng bareng atau foto spot nya aja tanpa orangnya hahah
dephy
eksistensi diri
Ricko Pratama Putra
Makasih Infonya