JUL 1, 2019

5 Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis yang Konon Cukup Mencekam!

Gunung Wilis selain menyimpan keindahannya, ternyata juga memiliki mitos yang cukup mencekam. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!


Indonesia memang menyimpan beberapa pilihan gunung yang menarik, bukan hanya dari keindahan alamnya saja, namun dari cerita ataupun mitos yang ada di dalamnya. Salah satunya gunungnya ialah Wilis. Yaap, gunung yang terletak di kawasan Jawa Timur ini memang menyimpan sebuah cerita atau bisa juga dibilang urban legend bagi kalangan pendaki.

Mungkin buat lo yang tinggal di kawasan Madiun, Ponorogo, Kediri, Nganjuk, Trenggalek dan Tulungagung tak asing lagi dengan gunung satu ini. Perlu untuk lo ketahui pula kalau gunung ini merupakan gunung aktif yang sedang beristirahat. Berarti sewaktu-waktu gunung ini bisa bangun dan menunjukan amarahnya.

Ketinggian yang mencapai 2.169 meter di atas permukaan laut ini ternyata juga pernah dilewati oleh Mbah Dirman atau biasa juga dikenal Jenderal Sudirman ketika melakukan serangan 1 Maret 1949 di Yogyakarta. Tak heran apabila kawasan ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi.

Nah, apa sih yang menjadi mitos bagi kalangan pendaki seputar gunung ini? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa. Percaya atau tidak, kondisi alam di Gunung Wilis ini masih sangat asri dan banyak daerah yang belum terjamah oleh manusia ataupun para pendaki.

Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis – Manusia Tarzan

5 Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis yang Konon Cukup Mencekam!

5 Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis yang Konon Cukup Mencekam! Credit: inst4gram.com

Tarzan? Yaap, manusia hutan yang biasanya lo lihat di film-film Hollywood ini ternyata merupakan bagian dari mitos yang ada di gunung ini. Dan hal ini pun bukan merupakan hisapan jempol belaka loh, sebab di kawasan Gunung Wilis terdapat Tarzan asli yang bernama Samidi.

Beliau menjadi Tarzan selama 72 tahun lamanya, banyak yang percaya pula kalau perilaku tarzannya sudah tumbuh sejak umur 2 tahun, beliau lebih suka bermain di sungai dekat hutan daripada bermain dengan teman-teman sebayanya.

Percaya atau tidak, Samidi juga suka untuk mencari ikan dan memakannya mentah-mentah dan kadang membawa ular ke rumah sehingga membuat orang tuanya kaget. Menurut ibunda dari Samidi, setiap hari ia berkelana di hutan dari pagi hingga sore serta hanya mengenakan daster rombeng bekas. Anehnya lagi, saat pulang Samidi langsung ke kandang ayam untuk beistirahat dan tidur.

Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis – Munyuk Bertapa

5 Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis yang Konon Cukup Mencekam!

5 Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis yang Konon Cukup Mencekam! Credit: c.mi.com

Selain dari Tarzan, ternyata di Gunung Wilis terdapat mitos lainnya yang cukup menggegerkan banyak orang. Yaap, kalalu lo belum tahu apa itu munyuk? Munyuk sendiri merupakan makhluk yang mirip dengan monyet.

Nah, ketika lo berada di kawasan Gunung Wilis lo bisa melihat makhluk ini di mulut gua antara air terjun di puncak sebelah barat. Kulitnya hitam legam dan dikejuru tubuhnya dipenuhi bulu berwarna abu-abu, tidak mengenakan baju hanay kain bawahan hingga lutut dan anehnya lagi tidak bergerak sedikitpun.

Arah badan dari makhluk ini selalu menghadap matahari tenggelam. Hingga hari ini belum ada yang bisa mengetahui siapakah makhluk aneh ini. Konon katanya dia telah bertapa selama ratusan tahun lamanya. Namun hanya orang-orang yang memilikki indera ke-6 yang bisa melihat penampakannya.

Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis – Kuburan PKI

5 Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis yang Konon Cukup Mencekam!

5 Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis yang Konon Cukup Mencekam! Credit: pendakigunung.top/

Bukan merupakan rahasia lagi apabila negara kita memang memiliki cerita kelam, salah satu buktinya ialah dengan adanya kuburan satu ini. Perlu untuk diketahui pula kalau kuburan korban PKI berada di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Madiun.

Tepat berada di lokasi tersebut telah dibangun monument yang disebut Monumen Kresek. Ceritanya, pada saat PKI sudah tertekan oleh Tni, mereka pun bergerak ke timur menuju Gunung Wilis namun langkahnya terhenti oleh sungai di Desa Kresek.

Panik pun menjadi alasan bagi mereka untuk membunuh para tawanan, tak heran apabila kawasan ini sering juga disebut “Kuburan PKI”. Karena memang banyak korban yang dikubur di sana. Ketika lo berkunjung ke Monumen Kresek, banyak patung kekerasan serta nama-nama korban yang terukir di batu marmer.

Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis – Baru Klinting

5 Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis yang Konon Cukup Mencekam!

5 Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis yang Konon Cukup Mencekam! Credit: wikiwand.com

Mitos berikutnya seputar Gunung Wilis tentunya merupakan makhluk aneh yang masih menyimpan banyak pertanyaan hingga hari ini. Baru Klinting merupakan makhluk raksasa yang konon menghuni Telaga Ngebel, sebuah danau alami yang terletak di lereng Gunung WIlis.

Makhluk ini merupakan ikan belut raksasa yang dahulu sering menampakkan diri kepada nelayan setempat. Gelombang yang dihasilkan sangat besar ketika belut ini di permukaan. Konon keharidan dari belut raksasa ini sering membuat kapal dari para nelayan hampir tenggelam.

Sayangnya, makhluk ini sudah sangat jarang sekali muncul hal tersebut dikarenakan terkena gema setelah peledakan dinamit saat membangun PLTA Ngebel. Kalau lo berkesempatan untuk melihat penampakan dari makhluk ini berarta merupakan sebuah keburuntungan buat lo.

Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis – Ki Ageng Ngaliman

5 Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis yang Konon Cukup Mencekam!

5 Mitos Dibalik Keindahan Gunung Wilis yang Konon Cukup Mencekam! Credit: picdeer.com/

Mitos dari gunung ini pun tidak berhenti sampai di situ saja, karena masih ada Ki Ageng Ngaliman yang mempu membuat banyak orang berpikir apakah kehadirannya benar atau hanya cerita belaka. Ki Ageng Ngaliman sendiri merupakan seorang pertapa sakti yang membangun pertapaan Sadepok yang berada di lereng Gunung Wilis tepatnya di atas Air Terjun Singokromo.

Konon katanya, beliau pun sering bersemedi disana bersama para muridnya untuk melatih mental dan disiknya sebelum melawan Belanda. Bahkan namanya pun menjadi nama puncak dari gunung ini, yatu Puncak Ngaliman.

Kuburan dari pertapa sakti ini berada di Desa Ngaliman, Nganjuk dan sering menjadi tempat ziarah saat Bulan Suro tiba. Tentunya ini menjadi bukti kalau Gunung Wilis sendiri memang bukan gunung biasa, serta patut untuk selalu menjaga sikap lo ketika melakukan pendakian di sana.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gunung Wilis di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menghormati kebudayan atau kepercayaan di sebuah gunung yang ingin lo daki. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam yang ada di Indonesia!

Source: misterifaktadanfenomena.com

 

 

Featured Image: mapio.net/

 


Please login to comment
12 COMMENTS
Rifa Sanjaya
July 1, 2019 at 1:01 PM

Hawa mistisnya yg bikin merinding


anjas zulkifli
July 1, 2019 at 2:21 PM

hati2 yah gaes


Jefri Sani
July 1, 2019 at 3:11 PM

mitos turu temurun, tapi memang seram sih


SITI ANISAH, SPD
July 1, 2019 at 3:12 PM

ngeri banget mitosnya


HASAN
July 1, 2019 at 3:14 PM

seru tapi juga seram


Gilang Agis Saputra
July 1, 2019 at 10:12 PM

THANKS INFONYA


dephy
July 1, 2019 at 10:35 PM

samidi manusia tarzan


Ricko Pratama Putra
July 1, 2019 at 11:14 PM

Makasih Infonya


Resatya Oktafitullah SAV
July 2, 2019 at 12:49 AM

Waduh serem juga yaa


Mustofah
July 11, 2019 at 2:55 PM

Kok rada2 mrinding ya


Isrinatul Malikhah
July 15, 2019 at 5:32 AM

Ngeri bro


Muhammad arifudin
July 15, 2019 at 5:53 AM

Ngeri juga ya