Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya!

Siapa bilang ke Kepulauan Derawan perlu ongkos mahal? Berikut lima cara menarik biar bisa dapat budget murah ke Derawan!

Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya!

Di perairan laut Kalimantan Timur, ada surga tersembunyi sekarang ini kepopulerannya sudah tidak diragukan lagi. Banyak petualang, baik yang datang dari dalam negeri sendiri atau mancanegara – mengincar spot yang satu ini.

Kepulauan Derawan adalah destinasi yang dimaksud. Derawan atau Kepulauan Derawan adalah salah satu destinasi serta spot petualangan yang mesti masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan lo. Mengapa? Karena keindahan alamnya sudah tidak bisa diacuhkan lagi.

Kepulauan Derawan mempunyai keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Keindahan alam tersebut sudah bisa dilihat dari permukaan. Mulai dari deret pantai berpasir putih yang indah – sampai terumbu karang serta koral yang bisa dilihat dari permukaan karena air lautnya yang jernih.

Nah, salah satu yang unik dari Kepulauan Derawan ini adalah konservasi penyu dan Danau Kakaban yang super terkenal itu. Mengapa danau tersebut bisa jadi super terkenal? Perlu lo ketahui bro kalau Danau Kakaban berisi biota laut yang unik.

Di danau yang disinyalir mempunyai air tawar serta air payau dalam satu wadah tersebut dihuni oleh jutaan ubur-ubur yang tidak menyengat sama sekali. Karena biota ini banyak menjadi objek foto bawah laut yang diincar banyak petualang, maka terkenal lah spot petualangan ini.

Tapi sayang Kepulauan Derawan pernah diterpa isu ongkos yang mahal untuk bisa sampai ke sana. Apakah benar-benar mahal dan mesti mengeluarkan kocek sangat dalam untuk bisa sampai ke sana? Percaya atau tidak bro – berikut ada 5 cara menarik supaya petualangan lo ke sana tidak lebih dari Rp 5 juta saja. Eits, tentu cara ini mempunyai periode petualangan – hanya bisa sampai 4 hari tiga malam saja ya bro!

Traveling Murah ke Derawan: Berangkat dari Berau

Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya!

Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya! credit: klixtravel.com

Setidaknya untuk sampai ke Pulau Derawan – ada dua titik keberangkatan yang bisa lo pilih. Nah, mengingat budget petualangan tidak bisa lebih dari Rp 5 juta, maka sila pilih berangkat dari Berau. Mengapa? Karena dari titik ini akses transportasinya lebih banyak dan mudah.

Buat sampai ke Berau – lo mesti mendaratkan diri lo dulu ke Balikpapan. Ongkos terbang – misal dari Jakarta – Balikpapan hanya sekitar Rp 650 ribu sampai Rp 750 ribu saja sekali jalan. Nah, dari Balikpapan, nanti lo mesti ke Berau dengan menggunakan pesawat yang lebih kecil lagi dengan ongkos Rp 600 ribu.

Oh iya, jika lo beruntung atau lebih teliti sedikit dalam membeli tiket – coba cari promo yang terjamin ya. Biasanya ada diskon bro dari kisaran 10%-50%. Wah lumayan jika memang bisa membayar ke sana dengan setengah harga saja!

Traveling Murah ke Derawan: Beli Tiket PP Sekaligus

Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya!

Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya! credit: ksmtour.com

Masih terkait dengan cara pertama, untuk mendapatkan harga yang lebih murah serta memaksimalkan budget untuk tidak lebih dari Rp 5 juta – lo bisa membeli tiket pesawatnya langsung untuk pulang dan pergi bro.

Biasanya, jika membeli tiket pesawat PP dalam satu waktu – ada harga yang lebih murah ditawarkan ke lo. Lumayan lho kalau harga tiket penerbangan dari Berau bisa jadi Rp 530 ribu saja. Oleh karena itu, kalau bisa langsung beli sekalian saja ya!

Traveling Murah ke Derawan: Ajak Banyak Teman!

Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya!

Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya! credit: wisatalengkap.com

Bukan cuma biar lo tidak kesepian saja nih, mengajak banyak teman dalam sebuah perjalanan atau petualangan bisa memaksimalkan budget petualangan lo, lho! Hal ini dikarenakan oleh sistem sharing cost yang bisa lo terapkan dengan teman-teman seperjalanan.

Semisal – jika lo akan menyewa mobil di Berau – lo akan dikenakan biaya Rp 800 ribu untuk 12 jam perjalanan. Mobil ini yang nantinya akan lo gunakan untuk berangkat dari Bandara Kalimara. Sebelum berangkat – lo masih bisa menulusuri Kota Berau dulu, lho!

Kemudian, kalau lo tidak mau menyewa mobil karena benar-benar ingin memaksimalkan budget petualangan, lo bisa menyewa mobil travel yang kurang lebih hanya cukup membayar Rp 75 ribu saja dan bisa langsung sampai Kampung Tanjung Batu.

Dari Tanjung Batu – lo baru bisa menyebrang ke Pulau Derawan. Nah, ini yang cukup besar nih harganya yaitu menyewa speedboat untuk menyebrang. Harga sewa speedboat dibanderol Rp 3 juta untuk tiga hari. Tapi, lo juga bisa kok ikut kapal reguler hanya dengan membayar Rp 100 ribu sekali jalan. Tapi, mesti tahu jadwal kapan kapal reguler ini bisa mengantar dan menjemput lo ya!

Traveling Murah ke Derawan: Penginapan dan Makan Sesuai Budget

Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya!

Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya! credit: ksmtour.com

Kalau lo ingin menyewa vila pribadi atau tidur di hotel mewah – sudah pasti harganya mahal bro. Maka dari itu – direkomendasikan untuk menginap saja di homestay, resort kecil atau cottage sederhana. Biasanya, harganya kisaran Rp 100 ribu – Rp 300 ribu per malam.

Kemudian untuk urusan perut – lo bisa menyesuaikan dengan warung-warung makan yang dijajakan oleh warga sekitar nih. Kurang lebih hanya Rp 20 ribuan untuk sekali makan. Namun, jika lo ingin makan di restoran – ya harganya tidak akan segitu ya bro!

Traveling Murah ke Derawan: Sewa Kapal!

Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya!

Traveling ke Pulau Derawan di Bawah 5 Juta? Berikut 5 Cara Menariknya! credit: tribunnews.com

Salah satu cara untuk menikmati Kepulauan Derawan adalah dengan Island Hopping. Berpindah-pindah dari satu pulau ke pulau lain adalah cara paling ‘cepat’ untuk menikmati segala keindahan alam di sana. Terlebih jika lo ingin snorkelling dan diving di sana dan tidak membawa alat-alat – biasanya operator penyewaan kapal akan ikut menawarkannya.

Tapi cukup mahal nih biaya sewanya. Kurang lebih lo mesti mengeluarkan budget Rp 3 juta untuk 12 jam pemakaian kapal. Oleh karena itu, lo mesti membawa banyak teman agar sharing cost sehingga harga yang mesti lo bayarkan jadi lebih murah bro!

Wah bagaimana nih? Rasanya dengan penjelasan di atas – sudah tidak perlu lagi berlama-lama menabung untuk bisa sampai ke Kepulauan Derawan ya! Siap-siap waktu luang dan segera berangkat berpetualang bro!

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image – pesona.travel

Wilderness Beginner

6 COMMENTS

SHARE
NICE INFO MAS BRO
Nice Info
nice info
makasih infonya
Good info
Pengen kesana