JUL 8, 2019

Gunung Sibayak, Kawasan Pendakian di Sumatera Utara yang Menawarkan Banyak Keindahan Alam!

Jangan sampai melewatkan keindahan alam di puncak Gunung Sibayak, Sumatera Utara yaa. Kenapa? Simak saja jawabannya di bawah ini!


Sumatera Utara ternyata merupakan kawasan dimana memiliki beragam keindahan alam yang perlu untuk lo ketahui, mulai dari Air Terjun Sipiso-Piso hingga Danau Toba. Nah, apakah lo familiar dengan Gunung Sibayak? Yaap, gunung indah juga terletak di Sumatera Utara loh. Tentunya akan memberikan sebuah pengalaman menarik yang sulit untuk lo lupakan.

Gunung yang tepat terletak di Kabupaten Karo ini juga sering disebut oleh warga sekitar “Gunung Raja”. Bukan hanya indah, namun gunung ini juga memilki sisi lainnya, karena merupakan gunung berapi dan meletus terakhir pada tahun 1881. Kalau dari Kota Medan, gunung ini berada di sekitar 50 kilometer barat daya.

Apa saja sih alasan yang membuat gunung ini sangat menarik bagi lo para pendaki? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Lo enggak bakalan menyesal deh kalau sudah melihat keindahannya secara langsung. Oo iyaa, gunung ini juga sering menjadi tempat atau spot foto-foto loh. Sehingga keindahan alamnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Fakta dari Gunung Sibayak – Aman

Gunung Sibayak, Kawasan Pendakian di Sumatera Utara yang Menawarkan Banyak Keindahan Alam!

Gunung Sibayak, Kawasan Pendakian di Sumatera Utara yang Menawarkan Banyak Keindahan Alam! Credit: ceritamedan.com

Yaap, itu merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan gunung ini sendiri. Penting loh buat lo para pendaki untuk mengetahui karakteristik dari sebuah lokasi sebelum memulai pendakian. Karena gunung itu memiliki bermacam-macam kondisi medan. Ada yang enteng hingga ekstrem.

Untuk Gunung Sibayak sendiri memiliki kondisi medan yang tak terlalu sulit kok untuk didaki, sehingga cukup aman bagi para pemula. Mulai dari rutenya yang aman, penuh dengan pemandangan alam indah. Arahnya pun jelas, bahkan beberapa jalur sudah ada anak tangganya juga.

Ketika lo berada di Kota Medan, ini merupakan tempat wisata alam yang patut untuk lo kunjungi. Keindahan alamnya menjadi alasan kuat mengapa lo harus memenuhi tekad lo tersebut. Akan sangat disayangkan sekali apabila lo berada di Sumatera Utara namun tidak menginjakkan kaki di sana.

Fakta dari Gunung Sibayak – 3 Jalur Pendakian

Gunung Sibayak, Kawasan Pendakian di Sumatera Utara yang Menawarkan Banyak Keindahan Alam!

Gunung Sibayak, Kawasan Pendakian di Sumatera Utara yang Menawarkan Banyak Keindahan Alam! Credit: .lynur.com

Berada di puncak dari gunung ini, lo tidak perlu memerlukan waktu yang begitu lama, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja. Bukan hanya itu saja, di gunung ini juga terdapat 3 jalur pendakian yang bisa lo pilih. Tingkat kesulitan dari beberapa jalur pendakian tersebut juga berbeda-beda loh.

Mulai dari enteng hingga berat, untuk jalur pertama bisa dibilang merupakan jalur yang mudah. Perjalanan lo akan dimulai dari Desa Semangat Gunung yang jalannya tergolong mulus. Sebagian dari bagian jalur ini pun sudah tertata baik sehingga bisa menggunakan kendaraan, Rintangan lo paling harus melewati hutan dan tidak memakan waktu banyak.

Perjalanan melalui jalur kedua akan melewati Desa Jarang Uda. Keuntungan yang akan lo dapatkan ketika memutuskan untuk mengambil jalur ini ialah memiliki pemandangan alam indah berupa pemandian air panas. Perbedaan dari jalur pertama ialah dari jarak tempuhnya. Karena melalui jalur kedua ini, lo bis menempuh perjalanan selama 2,5 jam untuk bisa sampai di puncak.

Konon katanya jalur ketiga merupakan yang paling susah ketimbang lainnya. Jalur ini dinamakan Jalur 54, lo akan dihadapkan dengan medan sulit serta menantang. Jalannya cukup terjal dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Kurang lebih lo membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk bisa mencapai puncaknya. Walaupun sulit, namun lo bisa mendapatkan banyak pemandangan indah ditambah dengan sumber-sumber air yang melewati sela-sela kaki. Sehingga sangat disarankan bagi lo yang sudah sering melakukan pendakian untuk mengambil jalur ini.

Fakta dari Gunung Sibayak – Berburu Matahari Terbit

Gunung Sibayak, Kawasan Pendakian di Sumatera Utara yang Menawarkan Banyak Keindahan Alam!

Gunung Sibayak, Kawasan Pendakian di Sumatera Utara yang Menawarkan Banyak Keindahan Alam! Credit: .satyawinnie.com

Daya tarik dari gunung ini yang perlu untuk lo ketahui ialah dengan pemandangan matahari terbitnya. Memang ketika melakukan pendakian di gunung ini bisa lo lakukan dalam satu hari, atau pulan pergi. Namun akan sangat disayangkan sekali apabila lo melewatkan momen matahari terbit di sana.

Membangun kemah serta menginap di gunung ini bisa menjadi aktivitas yang patut untuk lo lakukan. Spot yang tepat untuk menancapkan tenda lo ialah di area kawah. Uniknya di area kawah tersebut terdengar suara berisik dan juga mengeluarkan. Namun hal ini bukan berarti gunung ini akan meletus. Ini merupakna kondisi normal.

Selain itu, di kawasan kawah itu sendiri tidak terlalu dingin loh. Nah, berburu matahari terbit lah yang sering menjadi alasan mengapa banyak dari para pendaki membangun tendanya. Indah merupakan kata yang tepat, kalau kondisi kabutnya tidak tebal, lo akan mendapatkan bonus pemandangan lembah di bawah.

Fakta dari Gunung Sibayak – “Takal Kuda”

Gunung Sibayak, Kawasan Pendakian di Sumatera Utara yang Menawarkan Banyak Keindahan Alam!

Gunung Sibayak, Kawasan Pendakian di Sumatera Utara yang Menawarkan Banyak Keindahan Alam! Credit: /blog.traveloka.com

Apa sih Takal Kuda itu? Enggak usah banyak khawatir, ini merupakan nama puncak tertinggi dari Gunung Sibayak. Nama tersebut pun juga memiliki arti loh, yaitu kepala kuda dan nama itu merupakan bahasa setempat. Entah inspirasinya dari mana, mungkin dari bentuk puncaknya yang mirip dengan kepala kuda.

Ketika lo berada di atas puncak ini tentunya pemandangan alam yang luar biasa indah menjadi salah sastu alasannya mengapa lo harus sampai di sana. Apalagi kalau suasananya sedang bagus, pemandangannya pun akan membuat lo benar-benar tidak mau turun.

Puncaknya pun bisa lo tempuh dari kawah sekitar 30 menit, tentu merupakan waktu yang cukup singkat bukan untuk bisa mencapai puncak dari gunung ini. Puncaknya pun bisa didatangi kapan pun, namun memang butuh waktu yang tepat.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gunung Sibayak di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo ketika ingin mendakinya yaa. Jangan mudah menyerah yaa dan taklukan segala rintangan di dalam hidup lo yaa. Semangat selalu dan terus eksplorasi keindahan alam yang ada di Indonesia!

Source: travelingyuk.com/

 

 

Featured Image: /backpackerjakarta.com
 

Please login to comment
16 COMMENTS
Ricko Pratama Putra
July 8, 2019 at 8:36 PM

Keren Brads


dephy
July 8, 2019 at 10:59 PM

INDONESIA MEMANG BAGUS


Panjul nikilos
July 9, 2019 at 12:48 AM

Nice info


Fajar Satritama
July 9, 2019 at 1:04 AM

Nkce info


Hari Tristiyanto
July 9, 2019 at 5:21 AM

Top markotop


anjas zulkifli
July 9, 2019 at 8:40 AM

nice info


Peni heryawan
July 9, 2019 at 11:57 AM

Indahnya alam ciptaannya


Nadif Ahmad Hasan
July 9, 2019 at 1:20 PM

Nice info


Wafiroel N
July 9, 2019 at 1:35 PM

keren bgt view nya


M.Iksan rosad
July 9, 2019 at 1:49 PM

indonesia bagus


Rico Marselino
July 9, 2019 at 9:47 PM

keren tjuyyy


Adi Kusuma Wardani
July 10, 2019 at 10:23 AM

Keren bro


Yuniarto
July 10, 2019 at 7:33 PM

Luar biasa


Monides Sagala
July 11, 2019 at 10:12 AM

Kudu dikunjungi nih


Mustofah
July 11, 2019 at 2:46 PM

Kerennn cuyy


Landora Dwi Lestyadi
July 12, 2019 at 6:45 AM

mantap view nya