JUL 8, 2019

5 Tips Nikmati Liburan Seru dan Murah di Lampung, Backpacker Merapat!

Jika ingin traveling ke Lampung dengan anggaran terbatas. Lo perlu menerapkan beberapa cara khusus agar momen liburan lo tetap terasa seru dan berkesan. Apa sajakah itu? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!


Salah satu daerah di Pulau Sumatera yang menawarkan berbagai objek wisata indah dan memukau adalah Lampung. Di sana, lo bisa menemukan beberapa pantai elok yang seringkali membius mata wisatawan. Selain pantai, Lampung memiliki banyak tempat wisata indah lain yang pantang dilewatkan para pelancong.

Jika ingin traveling ke Lampung dengan anggaran terbatas. Lo perlu menerapkan beberapa cara khusus agar momen liburan lo tetap terasa seru dan berkesan. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 tips menikmati liburan seru dan murah ala backpacker. Silakan dibaca ya bro!

1. Gali Informasi Mengenai Tiket Promo

5 Tips Nikmati Liburan Seru dan Murah di Lampung, Backpacker Merapat!

5 Tips Nikmati Liburan Seru dan Murah di Lampung, Backpacker Merapat! Photo Credit: travelandleisure.com

Transportasi tercepat yang bisa mengantarkan lo ke Lampung adalah pesawat terbang. Jika berangkat dari Jakarta, lo disarankan mencari tiket promo pesawat baik itu dalam bentuk potongan harga atau kupon hotel. Dengan demikian, wisatawan dapat menggunakan sisa anggaran liburan untuk keperluan lain.

Menggunakan promo pesawat juga akan memudahkan wisatawan dalam menghadapi keperluan tak terduga. Lo bisa menyisihkan dana liburan untuk hal darurat yang mungkin terjadi di perjalanan. Persiapan liburan lo tentu akan menjadi semakin matang. Setuju ‘kan?

Perjalanan pesawat dari Jakarta ke Lampung biasanya memakan waktu sekitar 40 hingga 55 menit. Penerbangan lo nantinya berakhir di Bandara Internasional Raden Inten II. Sesampainya di sana, lo bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki taksi ke arah pusat kota.

2. Sudah Mengetahui Tempat Mana yang Hendak Dituju sebelum Berangkat

5 Tips Nikmati Liburan Seru dan Murah di Lampung, Backpacker Merapat!

5 Tips Nikmati Liburan Seru dan Murah di Lampung, Backpacker Merapat! Photo Credit: tripgourmets.com

Perlu lo ketahui, Lampung termasuk salah satu daerah yang memiliki wilayah luas di Indonesia. Oleh sebab itu, wisatawan baiknya sudah menyiapkan itinerary lebih dahulu mengenai tempat mana yang ingin dituju sebelum berangkat. Hal ini tentu akan membuat liburan lo menjadi lebih terencana dan penuh persiapan. Oke bro?

Dengan menyiapkan itinerary, pelancong berkesempatan menyambangi destinasi liburan terbaik di Lampung. Lo disarankan memilih lokasi tempat wisata satu arah atau yang berjarak dekat. Cara ini bakal memudahkan lo untuk menjelajahi beberapa objek wisata dalam waktu sehari.

Sebagai contoh, lo memilih Taman Kupu-Kupu Gita Persada sebagai destinasi liburan di Lampung. Dari situ, wisatawan dengan mudah mengunjungi Desa Wsata Kunjur dan Pantai Tanjung Tua. Pasalnya, dua tempat ini diketahui berada satu arah dengan Taman Kupu-Kupu Gita Persada.

3. Memilih Waktu Liburan kala “Low Season”

5 Tips Nikmati Liburan Seru dan Murah di Lampung, Backpacker Merapat!

5 Tips Nikmati Liburan Seru dan Murah di Lampung, Backpacker Merapat! Photo Credit: qyu-qyusiera.blogspot.com

Jika ingin traveling ke Lampung dengan biaya murah, wisatawan sebaiknya tidak memilih waktu kunjungan pada “high season”. Contohnya pada akhir tahun atau pasca lebaran. Pokoknya, jauhi momen ketika banyak orang berlibur atau traveling ya bro!

Lo sebaiknya memilih waktu kunjungan ke Lampung pada low season. Kala itu, wisatawan dapat menikmati masa liburan secara nyaman dan tenang karena suasana tidak akan seramai high season. Lo juga bisa menjajal aneka fasilitas dengan harga miring mulai dari harga tiket pesawat, harga hotel, dan lain-lain.

Bila nekat menyambangi Lampung pada high season, wisatawan harus siap meluangkan waktu liburan dengan harga serba mahal. Hal ini berlaku untuk penginapan, tiket pesawat, makanan, dan lain-lain. Jadi, rencanakan liburan ke Lampung pada low season ya bro!

4. Belanja Suvenir atau Oleh-Oleh di Jalan Ikan Kakap

5 Tips Nikmati Liburan Seru dan Murah di Lampung, Backpacker Merapat!

5 Tips Nikmati Liburan Seru dan Murah di Lampung, Backpacker Merapat! Photo Credit: tribunnews.com

Agar pengalaman liburan di Lampung terasa lebih berkesan, lo sebaiknya tak lupa membeli suvenir atau oleh-oleh khas daerah setempat. Kawasan yang patut dikunjungi wisatawan pemburu oleh-oleh di Lampung adalah Jalan Ikan Kakap. Di sana, lo bisa mendapatkan berbagai macam oleh-oleh dengan harga murah dan terjangkau.

Saat mengunjungi kawasan ini, wisatawan dapat melihat aneka kuliner khas Lampung di Toko Yen-Yen. Contoh makanan yang bakal lo jumpai di sana adalah dodol durian, lapis legit, keripik pisang kepok, kopi lampung, dan lain-lain. Selain makanan, tempat ini juga menjajakan suvenir menarik seperti gantungan kunci, kaos, hingga ornamen asli Lampung.

Jika lo mencari oleh-oleh berupa kaus khas Lampung, tempat yang direkomendasikan adalah Toko Walue Kaos. Lokasi tempat ini terletak di Jalan Wolter Monginsidi. Lo bisa menemukan aneka kaos dengan desain trendy khas anak muda di tempat ini. Motif-motifnya yang menawan dijamin bakal membuat lo jatuh hati!

5. Menaiki Transportasi Umum

Di Lampung, wisatawan dapat menjajal berbagai macam transportasi umum. Salah satu kendaraan yang bisa digunakan pelancong untuk sampai ke tempat wisata adalah ojek online. Ongkos perjalanan tentu dapat langsung dilihat di layar aplikasi.

Ada juga ojek biasa dengan kisaran harga mulai Rp 20.000 hingga 60.000. Harga tentu dipatok berdasarkan jarak perjalanan. Jika ingin menghemat pengeluaran, lo disarankan menaiki angkutan umum (angkot). Biaya yang dibutuhkan wisatawan untuk menaiki angkot biasanya sekitar Rp 4.000 untuk satu kali perjalanan. Angkot bakal memudahkan lo untuk menyambangi berbagai tempat di pusat kota.

Selain angkot, kendaraan umum lainnya yang direkomendasikan adalah Trans Bandar Lampung. Transportasi satu ini diketahui menggunakan konsep Bus Rapid Transit (BRT) yang berjalan di jalur khusus. Jika perjalanan yang dilalui terbilang dekat, penumpang biasanya dikenakan biaya sekitar Rp 4.000 hingga Rp 5.000 per orang. Sementara untuk jarak jauh, penumpang umumnya membayar ongkos sebesar Rp 6.000 per orang.

Demikian 5 tips liburan seru dan murah di Lampung yang patut dijajal backpaker. Semoga informasi di atas bisa membantu lo yang ingin berhemat selama liburan di Lampung. Jangan lupa menerapkan kelima tips di atas ya bro. Selamat liburan!

Source: liputan6.com

Feature Image - blog.reddoorz.com


Please login to comment
9 COMMENTS
Ricko Pratama Putra
July 8, 2019 at 8:37 PM

Wahh sering ke Lampung naek Motor


Ikbalagri
July 9, 2019 at 12:10 AM

Nice info


Hari Tristiyanto
July 9, 2019 at 5:23 AM

Nice tips


Gilang Ramadhan
July 14, 2019 at 7:45 PM

Pengen kesana tapi jauh


Nadif Ahmad Hasan
July 15, 2019 at 5:52 AM

Nice info


Gilang Agis Saputra
July 15, 2019 at 9:33 AM

Thanks infonya


Zul Asfi Rusman
July 15, 2019 at 6:28 PM

Visit sumatra


Yuniarto
July 16, 2019 at 10:43 AM

Ayo Merapat


Fatmawati
July 16, 2019 at 9:54 PM

Keren infonya