5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui!

Indonesia memang memiliki kota-kota yang strategis, tak heran apabila Belanda pun membuat kota-kota tersebut. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui!

Bukan merupakan rahasia lagi apabila membicarakan mengenai penjajahan Belanda terhadap Indonesia. Yaap, negara kita memang pernah menjadi jajahan negeri kincir itu selama 350 tahun. Tentu merupakan waktu yang sangat lama. Banyak hal yang ditinggalkan oleh Belanda, mulai dari kebudayaan, bahasa hingga bangunan-bangunan tua. Nah, apakah lo sudah tahu beberapa kota di Indonesia merupakan bikinan orang Belanda?

Yaap, banyak hal yang telah dilakukan oleh mereka, mulai dari memberikan nama kota di sejumlah daerah karena memang mempunyai asprk strategi bagi perekonomian Belanda atau VOC pada masa itu. Bukan hanya sekedar nama, namun infrastruktur di beberapa kota Indonesia memang merupakan hasil arsitektur Belanda.

Hal tersebut pun bisa dilihat dari gaya bangunan hingga tata ruang pada beberapa kota yang akan dibahas di dalam artikel ini. Daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan kotanya, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menambah pengetahuan lo mengenai kota-kota yang ada di Indonesia yaa. Selamat membaca!

Kota-Kota di Indonesia yang Merupakan Buatan Belanda – Batavia (Jakarta)

5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui!

5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui! Credit: bartelegallery.com

Ibu kota dari Indonesia ini dahulu kala bernama Sunda Kelapa, namun setelah Belanda berhasil menguasai Indonesia, akhirnya mengganti nama kota ini menjadi Batavia. Tak heran apabila hingga hari ini bagi warga Jakarta sudah tidak asing lagi dengan sebutan tersebut.

Untuk kata Batavia itu sendiri berasal dari nama nenek moyang orang Belanda yaitu suku Batafs. Batavia sendiri juga merupakan kota paling strategis untuk menguasai Bumi Indonesia pada saat itu. Mungkin dari letaknya hingga kawasan pelabuhan yang luas.

Belanda pun telah meninggalkan banyak bangunan tua di Jakarta yang masih bisa lo lihat hingga hari ini. Tinggal jalan-jalan saja ke kota tua, maka lo akan melihat bukti-bukti sejarah yang masih berdiri kokoh. Mungkin yang paling mudah untuk lo lihat ialah Museum Fatahillah.

Kota-Kota di Indonesia yang Merupakan Buatan Belanda – Buitenzorg (Bogor)

5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui!

5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui! Credit: id.wikipedia.org

Kota Bogor yang juga dikenal sebgai kota hujan ini ternyata juga bikinan Belanda loh, mulai dari namanya hingga bangunan-bangunan tua di dalamnya. Tahu enggak sih lo, ternyata kota ini dahulu diberi nama Buitenzorg oleh Belanda.

Bukan hanya sebuah nama, namun Buitenzorg sendiri juga memiliki arti, yaitu tanpa kecemasan atau aman tentram. Karena memang kawasan Bogor adhulunya memiliki udara yang segar serta terkenal pula sebagai tempat para orang Belanda wisata.

Tak heran, apabila itu merupakan alasan kuat orang Belanda memberi nama kota ini Buitenzorg pada dahulu kala. Namun orang Belanda memang tidak salah, hingga hari kalau lo berkunjung ke Kota Bogor, maka udara segar serta dingin pun masih bisa lo rasakan.

Kota-Kota di Indonesia yang Merupakan Buatan Orang Belanda – Fort de Kock (Bukittinggi)

5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui!

5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui! Credit: .joseflebovicgallery.com

Beralih ke pulau Sumatera, tepatnya di Bukititnggi. Yaap, kota yang terkenal dengan kuliner beserta menara jamnya ini memang sering menjadi tempat wisata bagi para traveller hingga hari ini. Namun apakah lo sudah tahu kalau kota ini merupakan bikinan orang Belanda dan memiliki nama khusus?

Yaa, pada zaman penjajahan Belanda, Bukittinggi menjadi kota yang cukup strategis dalam hal perdanganan. Hal tersebut dikarenakan kota ini dekat dengan Samudera Hindia, sehingga tak heran apabila kota ini sering menjadi tempat penampungan barang-barang bawaan pedagang.

Dalam kata lain, kota ini dahulunya sering menjadi tempat persinggahan, sebelum barang-barang dari luar Indonesia tersebut disebarkan ke lain tempat. Hal tersebutlah yang menjadi alasan kuat mengapa orang Belanda memberikan nama kota ini Fort de Kock.

Kota-Kota di Indonesia yang Merupakan Buatan Orang Belanda – Emmahaven (Teluk Bayur)

5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui!

5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui! Credit: mradaz.blogspot.com/

Mungkin tak banyak orang yang mengetahui kalau Teluk Bayur juga merupakan kota yang strategis bagi kemajuan perekonomian Belanda pada zaman dahulu. Tak heran apabila Belanda pun memberikan nama kepada kota ini.

Yaap, Teluk Bayur diberi nama Emmahaven, hal tersebut bukanlah tanpa alasan, sebab letak strategis dari kota ini pun membuatnya menjadi lokasi vital untuk mengirimkan berbagai barang baik untuk didagangkan atau tidak ke seluruh penjuru Indonesia.

Kota ini juga memiliki peran penting untuk mengirimkan banyak barang-barang keperluan pemerintahan Belanda ke Batavia pada zaman dahulu. Emmahaven juga merupakan pelabuhan dimana para pedagang berlabuh sebelum menuju ke tempat tujuan berikutnya.

Kota-Kota di Indonesia yang Merupakan Buatan Orang Belanda – Fort Willem I (Ambarawa)

5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui!

5 Kota Buatan Belanda di Indonesia yang Perlu Untuk Lo Ketahui! Credit: mapio.net

Kota berikutnya di Indonesia yang mendapatkan pemberian nama dari Belanda sekaligus mendapatkan bangunan-bangunan khas Belanda ialah Ambarawa. Sebuah kawasan yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Semarang ini juga merupakan kota dengan letak yang strategis untuk kemajuan perekonomian Belanda pada saat itu.

Bahkan di dalam kota ini juga dibuat sebuah benteng besar, mengapa? Karena untuk terus mempertahankan kota ini dari serangan para militant Indonesia. Seperti Pangeran Diponegoro yang pada saat itu ingin sekali merebut kembali kota ini dari tangan penjajah.

Nah, pada dahulunya kota ini pernah diganti namanya menjadi Fort Willem I. Hal tersebut dikarenakan dari keberadaan benteng besar tersebut yang juga memiliki nama yang sama. Bisa dilihat bukan betapa pentingnya peran dari kota ini untuk Bangsa Belanda zaman dahulu bro.

**

Jadi bagaimana dengan informasi seputar kota-kota di Indonesia yang merupakan bikinan Bangsa Belanda? Semoga bisa menjadi kawasan dimana lo bisa mempelajari banyak sejarah dari masa lampau. Karena memang Indonesia sendiri memiliki hubungan kuat dengan negeri Kincir Eropa ini. Yang paling terpenting ialah untuk selalu semangat untuk mengeksplorasi lebih luas spot-spot wisata yang ada di Indonesia yaa!

Source: /travel.tribunnews.com

 

 

Featured Image: tirto.id
Beginner solo traveling

32 COMMENTS

SHARE
Ricko Pratama Putra
Nice Info
dephy
GAJAH MATI MENINGGALKAN GADING, MACAN MATI MENINGGALKAN BELANG, BELANDA MATI MENINGGALKAN BANGUNAN-BANGUNAN INDAH DAN KOKOH JADI BUKTI SEJARAH
Panjul nikilos
Istimewa sekali peninggalan bersejarah dan kota tunya
Resatya Oktafitullah SAV
Mantap artistik
Rifa Sanjaya
Menarik sekali
Hari Tristiyanto
Ambarawa gak terawat dan gk difungsikan dgn baik yaa gedung nya
Wafiroel N
keren ya
arief
warisan budaya yg perlu di jaga nih
Amir Mahfudzi
Ternyata Ambarawa masuk daftar ini
Peni heryawan
Terimakasih infonya