JUL 10, 2019

Ingin Mendaki Gunung Talamau? Jangan Lupa Akan 4 Fakta Menariknya Ini Yaa!

Apakah lo sudah kalau Gunung Talamau memilki beberapa fakta yang menarik? Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!


Gunung memang merupakan salah satu daya tarik wisata alam yang ada di Indonesia. Banyak sekali gunung di negeri ini dengan keunikannya masing-masing. Mulai dari tingginya hingga kondisi alamnya. Nah, apakah lo sudah tahu Gunung Talamau? Yaap, gunung yang terletak di kawasan Sumatera Barat ini memiliki daya tarik unik, tentunya mampu membedakannya dengan pilihan gunung-gunung lainnya.

Warga sekitar sudah terbiasa menyebut gunung ini dengan sebutan Gunung Ophir, percaya atau tidak, ternyata Gunung Talamau juga merupakan gunung tertinggi yang ada di Sumatera Barat. Nah, untuk letak persisnya, gunung ini berada di Kabupaten Pasaman Barat tepat berdampingan dengan Gunung Pasaman.

Dengan ketinggian sekitar 2750 meter di atas permukaan laut ini memang memiliki pemandangan alam nan indah yang membuat para pendaki dari berbagai penjuru ingin sekali untuk mendakinya. Apa saja sih memang yang menjadi gunung ini sangat menarik untuk dikunjungi? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa. Karena memang bilamana lo berada di Sumatera Barat, akan sangat disayangkan sekali apabila lo tidak mendaki gunung ini.

Daya Tarik dari Gunung Talamau – Teradapat 13 Telaga

Ingin Mendaki Gunung Talamau? Jangan Lupa Akan 4 Fakta Menariknya Ini Yaa!

Ingin Mendaki Gunung Talamau? Jangan Lupa Akan 4 Fakta Menariknya Ini Yaa! Credit: /travelingyuk.com

Tentu keindahan alam yang ada di gunung ini bukan menjadi sebuah pertanyaan lagi, mulai hamparan hijau nan luas hingga trek pendakian yang dikelilingi oleh bentangan alam nan indah menjadi sebuah pemandangan di sana.

Namun keindahannya pun tak berhenti sampai di situ saja loh, sebab lo juga bisa menemukan 13 telaga, Yaap, benar-benar ada 13 telaga di dalam kawasan gunung ini. Tak heran apabila banyak dari para petualang yang ingin untuk melihat pilihan telaga tersebut dengan mata kepala mereka sendiri. Bahkan gunung ini juga termasuk gunung dengan jumlah telaga terbanyak di Indonesia.

Telaga yang ada di Gunung Talamau juga memiliki nama, mulai dari Talago Biru, Buluah Parindu, Cindua Mato, Imbang Langik, Lumuik, Mandeh Rubiah, Puti Bungsu, Puti Sangka Bulan, Rajo Dewa,Satwa, Siuntang Sudah, Tapian Puti Mambang Surau dan Tapian Sutan Bagindo.

Bahkan dari telaga-telaga tersebut memiliki cerita atau legendanya masing-masing. Tak heran apabila kawasan gunung ini angker, oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu menjaga sikap serta perilaku lo yaa ketika berada di gunung ini bro.

Daya Tarik dari Gunung Talamau – Air Terjun Puti Lenggo Geni

Ingin Mendaki Gunung Talamau? Jangan Lupa Akan 4 Fakta Menariknya Ini Yaa!

Ingin Mendaki Gunung Talamau? Jangan Lupa Akan 4 Fakta Menariknya Ini Yaa! Credit:wartawisata.id

Ternyata bukan hanya dari telaganya saja yang bisa lo nikmati, karena di kawasan Gunung Talamau lo juga bisa menemukan sebuah air terjun dengan keindahannya serta kondisinya yang masih alami. Air jatuh dari ketinggian dengan volume yang cukup banyak menjadi pemandangan indahnya.

Ketinggian dari air terjun ini mencapai 100 meter, tentunya merupakan air terjun yang cukup tinggi bukan? Sehingga ketika lo sedang mendaki, jangan lupa untuk menghampiri air terjun ini yaa. Hitung-hitung sebagai tempat untuk melepaskan rasa letih.

Belum lagi dengan kondisi alam di sekeliling air terjun ini akan menjadi pemdangan yang juga melepaskan rasa penat dari kehidupan sehari-hari lo loh. Kesegaran mungkin menjadi hal yang akan lo dapatkan ketika berada di kawasan air terjun ini. Sehingga jangan lupa untuk menghampirinya yaa.

Daya Tarik dari Gunung Talamau – Gunung Api Tidak Aktif

Ingin Mendaki Gunung Talamau? Jangan Lupa Akan 4 Fakta Menariknya Ini Yaa!

Ingin Mendaki Gunung Talamau? Jangan Lupa Akan 4 Fakta Menariknya Ini Yaa! Credit: travelingyuk.com

Perlu untuk lo ketahui juga mengenai karakter dari Gunung Talamau ini sebelum lo mendakinya yaa. Mulai dari kondisi alamnya serta jalur apa saja yang bisa mengantarkan lo untuk mencapi puncak dari gunung ini. Karena memang semuanya itu berguna untuk keselamatan diri lo sendiri.

Yaap, Gunung Talamau sendiri memang dahulu merupakan gunung berapi yang aktif namun hari ini gunung ini dinyatakan sebagai gunung berapi yang sudah tidak aktif. Walaupun begitu, lo tetap harus waspada terhadap kondisi dari Gunung Talamau yaa.

Karena memang gunung tertinggi yang ada di kawasan Sumatera Barat ini memiliki kondisi alam yang indah beserta membutuhkan sebuah usaha cukup tinggi agar bisa mencapai puncaknya. Ingat, bukan gunung yang lo taklukan, namun diri lo sendirilah.

Daya Tarik dari Gunung Talamau – Jalur Menuju Puncak

Ingin Mendaki Gunung Talamau? Jangan Lupa Akan 4 Fakta Menariknya Ini Yaa!

Ingin Mendaki Gunung Talamau? Jangan Lupa Akan 4 Fakta Menariknya Ini Yaa! Credit: picdeer.com

Untuk bisa mencapai puncaknya, tentu ada beberapa pilihan jalan yang bisa lo ambil, tergantung bagaimana kondisi fisik serta mental lo. Biasanya sih para pendaki lebih banyak memiliki pendakian ke gunung ini dari Kota Padang dan Rao.

Kalau lo berangkat dari Kota Padang, terdapat angkutan umum menuju Kabupaten Pasaman Barat, untuk lama perjalanan dari kota ini akan memakan waktu sekitar 6 jam. Biayanya juga cukup murah kok, tidak sekitar 50 ribu rupiah.

Berada di kaki Gunung Talamau memang belum ada penginapan, namun lo bisa menyewa kamar di rumah penduduk sekitar. Pendakian lo pun bisa dimulai dari Desa Pinagar, Desa Malampah dan Desa Kinali. Nah, untuk bisa mencapai puncaknya dibutuhkan waktu sekitar 12 jam.

Memang memilki waktu yang cukup lama, sehingga jangan lupa untuk menyiapkan kondisi fisik serta mental yang kuat yaa. Papan petunjuk di kawasan pegunungan ini sudah tertata rapih, juga terdapat bebereapa pos. Sehingga lo sudah tidak perlu khawatir lagi, yang penting ialah untuk selalu konsentrasi selama melakukan pendakian yaa.

Kalau lo memang masih seorang pendaki pemula, jangan malu untuk menyewa pemandu yaa. Alasannya agar lo terhindar dari kesasar atau sesuatu yang tidak diinginkan. Ingat keselamatan merupakan faktor yang paling penting untuk selalu lo ingat.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gunung Talamau di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata alam yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam di Indonesia!

Source: travelingyuk.com
 

 

 

Featured Image: wartawisata.id/

 

 


Please login to comment
23 COMMENTS
Nahrul Hayat
July 10, 2019 at 4:35 PM

Beh .. surga bro


M.Iksan rosad
July 10, 2019 at 5:21 PM

Mantap jiwa emang ini ma


Ikbal Travel
July 10, 2019 at 5:35 PM

Mantappp


Nadif Ahmad Hasan
July 10, 2019 at 7:39 PM

Nice info


Satria Gunawan
July 10, 2019 at 8:20 PM

Talamau super keren


Mustofah
July 10, 2019 at 10:26 PM

Jooss lh


Mustofah
July 10, 2019 at 10:53 PM

Josss,gandos


Fajar Satritama
July 10, 2019 at 11:10 PM

Kereeeen


Hari Tristiyanto
July 11, 2019 at 6:08 AM

Bagus juga....


Muhammad Zidane Al Rafli
July 11, 2019 at 7:39 AM

Nice lumayan lah


Muhammad Zidane Al Rafli
July 11, 2019 at 7:39 AM

Btw ini daerah mn?


anjas zulkifli
July 11, 2019 at 7:46 AM

kren bangedd


Gunplawan Tobing
July 11, 2019 at 9:18 AM

Info bagus nih, thx min ????


Abdul Azis
July 11, 2019 at 9:46 AM

Cakep, boleh juga nih


Monides Sagala
July 11, 2019 at 10:11 AM

Iyaa wajib nih


arief
July 11, 2019 at 11:39 AM

keren tempatnya


Ricko Pratama Putra
July 11, 2019 at 12:24 PM

Nice Info


Wafiroel N
July 11, 2019 at 1:23 PM

seger banget tempatnya


Mustofah
July 11, 2019 at 2:42 PM

Jooss gannn


Yuniarto
July 11, 2019 at 9:19 PM

Air terjunya juga ada...ajibb


Mustofah
July 12, 2019 at 9:47 PM

Mntaplah


Jokerjoo
July 12, 2019 at 10:04 PM

ooooooooooooooooooooooooooo


Ricko Pratama Putra
July 13, 2019 at 6:05 PM

Top Less