5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian!

Gunung api bawah laut di Indonesia ternyata juga memilki keindahan yang menawan loh. Enggak percaya simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian!

Indonesia memang merupakan salah satu negara di dunia yang memilki kekayaan alam beserta dengan beragam jenisnya. Nah, apakah lo sudah tahu kalau di negara kepulauan yang sangat besar ini memilki gunung api bawah laut yang menjadi aset penting namun sekaligus potensi bahaya? Yapa, bukan hanya gunung berapi di atas permukaan saja, namun di bawah kaki kita juga terdapat gunung-gunung yang masih aktif loh.

Perlu untuk lo ketahui pula kalau 95% apa yang ada di bawah laut masih belum bisa diekplorasi atau ditelusuri oleh manusia. Sehingga apa yang sudah ditemukan di bawah sana, hanya sebagian kecil saja loh. Walaupun dengan kemajuan teknologi, manusia masih memiiki beberapa batasan yang tidak bisa ditembus. Termasuk gunung api bawah laut loh.

Yaap, gunung api yang tidak terlihat dengan kasat mata ketika lo berada di permukaan ini ternyata juga bisa menjadi potensi menimbulkan bencana alam loh. Nah, gunung api bawah laut apa saja sih yang dimiliki oleh Indonesia saat ini. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini.

Gunung Api Bawah Laut di Indonesia – Banua Wuhu

5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian!

5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian! Credit: hattarua.wordpress.com/

Untuk pilihan pertama seputar gunung api bawah laut di Indonesia ialah Banua Wuhu. Gunung ini tepat terletak di perairan Pulau Sangihe, Sulawesi Utara. Uniknya lagi ini merupakan sastu-satunya gunung berapi aktif yang ada di bawah laut Indonesia.

Puncak dari gunung ini bisa lo lihat hanya dari kedalaman 5 meter dalam air laut. Kalau lo lihat dari elevasi gunung ini, memang memiliki uuran yang besar, bahkan berdasarkan data actual, Banua Wuhu merupakan gunung api dalam laut tertinggi di dunia. Ketinggiannya bisa mencapai 10.000 kaki atau 3000 meter.

Keberadaan dari gunung api ini memang masih kurang terdengar, namun asetnya pun sangat berharga loh di lautan Indonesia. Di puncak gunung ini keluar gelembung-gelembung panas yang suhunya bisa mencapai 37-38 derajat celcius. Gunung ini tercacat terakhir meletus pada tahun 1919.

Pulau yang terdekat dari gunung ini ialah Pulau Mehengetang, di pulau tersebut memang dihuni oleh beberapa penduduk. Namun sayangnya, wisata menuju gunung ini masih sangat jarang. Hal tersebut dikarenakan dari akomodasi yang sulit beserta untuk bisa mencapai ke sana harus menggunakan perahu dan tentunya menyelam dengan teknik diving serta harus ditemani orang yang sudah berpengalaman.

Gunung Api Bawah Laut di Indonesia – Emperor of China

5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian!

5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian! Credit: /en.wikipedia.org

Bukan berarti kalau gunung ini berada di negeri bambu yaa, karena letak dari gunung api bawah laut ini tepat berada di Laut Banda, Perairan Maluku. Nah, gunung api ini termasuk ke dalam salah satu gugusan Empeoro oh China – Nieuwkerk (NEC).

Puncak gunung ini berada jauh ke dasar laut yakni mencapai 2.850 meter di bawah permukaan laut. Nah, gunung ini terakhir meletus pada tahun 1927. Memang kalau dilihat dari ukuran serta efeknya tidak sebesar Banua Wuhu.

Namun, Emperor of China sendiri merupakan gunung api bawah laut yang penting bagi kelautan Indonesia. Dengan kata lain ini merupakan aset penting untuk alam di negeri ini. Kalau lo penasarn mengenai gunung ini, langsung saja datang ke Laut Banda. Namun selalu diingat yaa, ini hanya untuk orang yang memilki pengalaman tinggi di diving dan selalu ditemani oleh orang yang paham terhadap kondisi medan di sana.

Gunung Api Bawah Laut di Indonesia – Nieuwerkerk

5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian!

5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian! Credit: wego.co.id/

Berikutnya mengenai gunung api bawah laut yang ada di Indonesia ialah Nieuwerkerk. Yaap, benar kalau gunung ini memang bagian dari gugusan Emperor of Chine-Nieuwkerk (NEC) dan juga terleteak di laut Banda, Perairan Maluku.

Perlu untuk lo ketahui pula mengenai ketinggian dari gunung ini, karena mencapai 2.285 meter di bawah permukaan laut. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 1927. Memang gunung ini tidak memiliki ukuran yang begitu besar ketimbang lainnya.

Namun, efek dari gunung ini pun juga cukup penting, karena merupakan aset bagi kelautan Indonesia. Sehingga jangan lupa untuk selalu menjaga dari kelestarian dari gunung ini yaa. Ketika lo berniat untuk mengunjungi juga jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan diri lo yaa.

Gunung Api Bawah Laut di Indonesia – Submarine 1922

5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian!

5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian! Credit: ardiyansyah.com

Gunung api bawah laut yang ada di Indonesia pun tidak berhenti sampai di situ saja, karena masih ada Submarine 1922.Gunung yang terletak di kedalaman 5000 meter di bawah permukaan laut ini memiliki pemandangan alam yang indah loh.

Gunung yang terletak di Kepulauan Sangihe ini merupakan salah satu gunung api bawah laut Indonesia yang patut untuk lo ketahui. Serta pertama kali ditemukan ketika terjadi gempa pada tahun 1922. Gunung api ini juga merupakan gunung yang paling susah untuk diriset.

Alasannya dikarenakan oleh kedalaman yang dimilikinya, sehingga memang belum ada fakta-fakta menarik lainnya. Dengan kata lain informasi seputar gunung ini hanya sebatas letaknya saja. Kembali lagi belum ada alat yang bisa turun hingga meriset lebih dalam mengenai gunung ini.

Gunung Api Bawah Laut di Indonesia – Yersey/Hobal

5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian!

5 Gunung Api Bawah Laut Indonesia yang Mampu Menyita Perhatian! Credit: wego.co.id/

Laut Banda memang merupakan kawasan dimana gunung api bawah laut berkumpul, kaerna Gunung Yersey atau biasa disebut Hobal ini juga berada di sana. Gunung yang berada 3800 meter di bawah permukaan laut.

Pernah pula dilakukan riset mengenai gunung ini pada tahun 1929, perlu untuk lo ketahui juga kalau gunung api ini merupakan anakan dari Gunung Iliwerung yang letak berdekatan, yakni berdiri di Pulau Lembata. Aktivitas dari gunung bawah laut ini sangat bergantung pada aktivitas Gunung Iliwerung.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar gunung api bawah laut di Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kelestariannya yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam Indonesia!

Source: infopendaki.com
 

 

 

Featured Image: keepo.me

 

Wilderness Beginner solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
Keren tp sayang jauh
wonderful indonesia
Joss gann
Perlu di Coba nih buat menyelam
Info yang menarik
Info yang bermanfaat
tuhan memberi hadiah alam indonesia yang sangat indah,,dari laut,gunung,hutan,padang sabana semua indonesia punya.
Kaldera toba gimana tuh min
Agak ngeri ya
Ngweriiiii nihh